Operain, si Blogspot Produsen Hoax - cloteh.com

Operain, si Blogspot Produsen Hoax

cloteh.com - Operain, Situs Sampah Produsen Hoax | Akhir-akhir ini banyak sekali media informasi dan berita yang lahir. Namun sayangnya, kurangnya pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat terhadap sumber-sumber berita menjadikan banyak media palsu terus berkembang. Ditambah lagi suasana Indonesia yang semakin panas sebab efek fanatisme politik, semakin menambah subur perkembangan media HOAX.

Salah satunya ialah blog 'sampah' bertajuk "OperaInd News". Situs dengan alamat operain.blogspot.com ini sering dijadikan referensi dari banyak postingan warganet. Namun, sayangnya kredibelitas dari situs blog ini sangat rendah bahkan tidak ada sama sekali.
Operain produsen situs palsu
operain produsen hoax - oleh cloteh.com

Situs blog Operain merupakan satu dari beberapa situs 'produsen' hoax terbesar di Indonesia setelah SARACEN. Blog 'ampas' ini merupakan blog yang cukup aktif dalam mempublikasikan artikelnya. Sayangnya, seluruh artikel yang diproduksi ialah artikel tanpa data dan jauh dari kata fakta.

# OperaIn, Modal Blog Gratisan menjadi Produsen Hoax Terbesar


Blog penebar berita palsu yang beralamat di operain.blogspot.com ini memang menggunakan platform blog gratisan milik Google. Ya, blogger. Hal ini sangat nampak pada domainnya yang menggunakan blogspot.com

Sekedar informasi, Blogger ialah layanan pembuat blog gratis yang disediakan oleh Google. Sehingga semua orang bisa membuat blog dengan mudah.

Sayangnyan Blog penebar informasi palsu ini belum diketahui oleh kominfo, dan belum diblokir. Walaupun banyak sahabat blogger lainnya yang sudah mencoba melaporkan situs ini pada layanan AduanKonten, Lapor.go.id, dan banyak lagi.
Produsen hoax
Homepage operain - oleh cloteh.com

# Operain, dan Buzzer Media Anti Hoax

Operain, seringkali masuk dalam daftar situs yang memproduksi berita palsu. Banyak media anti hoax yang juga sering mengulas situs palsu ini. Diantaranya, TurnBackHoax.id, StopHoax.id, Masyarakat Anti Hoax, hingga Forum Masyarakat Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax.

Selain diulas oleh media anti hoax tersebut, Operain juga tidak sedikit dicatut oleh beberapa situs berita dengan kredibilitas tinggi, setidaknya okezone, tribun, dan DoD juga pernah menyatut nama situs ini dan semuanya senada mengatakan bahwa situs ini adalah Palsu.

Selain situs operain, situs Kabarsworo.blogspot.com, tribuninf0.blogspot.com, dan facebook Info TvOne juga disebut-sebut menjadi 'cabang' dari operain.

Jadi, mulailah menjadi pintar dan bijak menggunakan sosial media. Jangan asal sebar informasi dari situs yang tidak kredibel. Selalu terapkan Saring Sebelum Sharing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel