Ads 720 x 90

5 Ide Usaha Menjanjikan Selama Ramadhan 2019

cloteh.com - Ramadhan tiba, Ramadhan tiba. Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Yaa Ramadhan. Syukur Alhamdulillah, sebentar lagi bulan suci yang kita nanti-nantikan akan segera tiba. Ya, bulan ramadhan yang mulya. Dimana di dalamnya terdapat banyak keutamaan yang tidak ditemui di bulan lainnya. Bahkan sering kita lihat, bukan ini disebut sebagai Ramadhan Kareem (Ramadhan Pemurah). Dimana kita sebagai umat-Nya akan diberikan banyak sekali nikmat. Bukan hanya nikmat ukhrawi (yakni pahala, dan lainnya), tapi juga nikmat duniawi (yakni rezeki, dan sejenisnya).

Namun, nikmat itu tidak akan kita dapati jika kita juga tidak berupaya. Nikmat Rizki (rezeki) misalnya. Jika kita tidak berusaha untuk mencarinya maka darimana rezeki itu didatangkan oleh-Nya. Walaupun sedang dalam situasi dan kondisi berpuasa Ramadhan, berusaha harus tetap dilakukan. Terlebih terkait rezeki. Tapi, kira-kira usaha apa yang cocok untuk di bulan Puasa Ramadhan sepeti ini? Berikut ini saya bagikan mengenai Bisnis dan Usaha yang menjanjikan untuk selama bulan Ramadhan.
Usaha Kecil-Kecilan Selama Ramadhan
Bisnis Bulan Ramadhan

IDE BISNIS KREATIF MENGUNTUNGKAN SELAMA BULAN PUASA RAMADHAN


Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan. Hanya saja kemauan dan kemampuan untuk mewujudkan peluang usaha tersebut yang kerap kali tidak mendukung. Terlebih situasi yang tidak memungkinkan. Namun, bukan berarti peluang usaha itu tidak ada atau tidak dapat dijalani. Untuk itulah saya mencoba menuliskannya disini.

Perlu diketahui, bahwa ide usaha yang akan diulas di bawah ini memerlukan modal. Sebab tidak ada usaha yang tanpa modal. Hanya saja, banyak sedikitnya modal itu yang mungkin membedakannya. Maka dari itu, pada ulasan ini juga akan ditampilkan perkiraan dana modal yang mungkin diperlukan. Ingat hanya perkiraan modal.

BISNIS BULAN PUASA YANG LARIS MANIS

1. Jualan Takjil

Takjil atau makanan ringan untuk berbuka selalu menjadi bisnis incaran setiap orang menjelang bulan ramadhan. Target dari bisnis ini ialah para karyawan, atau ibu rumah tangga yang kebetulan sedang atau memang males memasak di rumah. Ya mungkin karena seharian puasa jadi lemas dan tidak kuat masak kali ya.. hehehe... Sehingga takjil menjadi usaha musiman makanan yang paling laris selama ramadhan.

Lalu untuk modalnya berapa? Modal yang mungkin perlu dikeluarkan untuk Bisnis Jualan Takjil ini relatif. Tergantung dari bagaimana dan apa saja yang dijual. Untuk teknik penjualannya saya berikan 3 teknik yang bisa digunakan untuk memperkirakan biaya.

》 Produksi.
Maksudnya ialah, penjual memproduksi sendiri makanan takjil yang dijual. Dan untuk banyaknya jenis yang dijual bergantung pada kecukupan modal. Biasanya untuk 1 jenis masakan atau jajanan takjil dibutuhkan dana sekitar 25.000 hingga 50.000 rupiah

》Teknik Re-Sell
Dimana jajanan atau makanan yang dijual merupakan produksi orang lain. Biasnya si pembuat akan menitipkan mankanan buatannya untuk dijual oleh si penjual. Dana yang dibutuhkan bisa mencapai NOL Rupiah. Sebab kita hanya menjualkan, tidak membeli makanannya.

》 Campuran
Teknik ini merupakan teknik campuran dari dua teknik sebelumnya. Dimana kita selain memproduksi sendiri makanan takjil, juga menerima titipan dari pembuat takjil lainnya. Keuntungannya ialah makanan yang dijual bisa lebih banyak dan bervariasi. Untuk modal tergantung pada makanan yang diproduksi sendiri

2. ​Bisnis Makanan Katering

Ya, ternyata bisnis makanan katering (cattering) ini juga sangat menjanjikan selama bulan ramadhan. Untuk waktu penjualannya biasanya pada sore hari menjelang berbuka puasa, dan dini hari menjelang makan sahur.

Bahkan saya perkirakan akan sangat prospek saat menjelang setengah bulan terakhir. Sebab pada waktu ini banyak kelompok-kelompok yang mengadakan buka bersama, dan ini bisa menjadi target pasar kita.

Untuk kebutuhan dana, tergantung dari banyaknya pesanan dan variasi makanan dalam katering. Namun masalah dana ini akan sedikit terbantu dengan uang yang diberikan si pembeli sebagai uang muka atau DP dari pesanan kateringnya.

3. ​Bisnis Busana Muslim

Nah, bisnis ketiga ini juga bisnis yang cukup menjanjikan dan prospek. Apalagi menjelang hari raya tiba. Banyak warga muslim berbondong bondong untuk membeli pakaian baru sebagai pakaian hari raya. Bahkan ada yang sudah mulai membelinya sejak bulan rajab ataupun bukan syaban.

Hanya saja, untuk modal perlu sedikit perencaan yang matang. Sebab untuk membeli beberapa model baju tidak sedikit menguras saku kalian. Butuh setidaknya 4 juta rupiah untuk 20 model pakaian.

4. ​Jualan Daun Janur

Untuk bisnis atau usaha ini sebenarnya cocok untuk dilakukan pasca lebaran. Namun tidak ada salahnya jika kamu mulai mempersiapkannya sejak ramadhan. Untuk daun janur atau daun kelapa yang masih muda ini dimanfaatkan untuk membuat ketupat. Yang biasanya akan dilakukan pada hari ke-7 pasca Idul Fitri. Selain itu daun yang diburu biasanya daun yang masih fresh agar mudah dibentuk.

Jadi apakah bisnis ini tidak cocok untuk ramadhan? Eits.. tunggu dulu. Selama ramadhan kamu bisa mulai mencari beberapa orang yang memiliki kebun kelapa atau pohon kelapa yang ada janurnya. Dan mulai melakukan negosiasi untuk membelinya. Atau juga kamu bisa meminta beberapa orang yang memang biasa mencari daun kelapa muda ini. Sehingga pada saat hari raya tiba kamu tidak perlu bingung mencark daun janurnya.

Untuk modal tidak terlalu banyak. Mungkin hanya butuh 50ribuan saja per ikatnya ditambah biaya jasa untuk pencari janurnya.

5. ​Jualan Kue Lebaran

Sudah menjadi tradisi kita bahwa setiap lebaran kita slalu menjamu tamu dengan berbagai jajanan dan makanan ringan lainnya. Memanfaatkan kondisi ini, maka berjualan kue-kue khas lebaran akan sangat bagus dan menguntungkan. Terlebih jika sudah terbukti mampu membuatnya dengan cita rasa yang enak. Namun untuk yang akan mencoba bisnis ini silahkan mencoba eksperiment dengan adonan kue mulai dari bulan ramadhan ini ya.
Usahakan kuenya yang mampu bertahan hingga beberapa hari atau minggu ke depan. Sebab biasanya kue ketika disuguhkan tidak langsung habis begitu saja. Untuk model lumayan rendah. Berkisar antar 100.000 - 200.000 per adonannya.

Sementara itu dulu, 5 Usaha Yang Menjanjikan Keuntungan di bulan ramadhan ini. Untuk usaha lainnya akan diunggah pada artikel selanjutnya. Kira-kira sudah ada rencana untuk memulai usaha di bulan ramadhan ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter