Cari Sesuatu dan Klik Enter...

Kumpulan Amalan dan Doa Pembuka Pintu Rezeki sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

cloteh.com - Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh, sahabat semua. Mungkin diantara sahabat masih ada yang belum memiliki pekerjaan. Atau mungkin justru baru saja resign dari pekerjaannya. Atau sebab lain yang mungkin membuat Anda merasa kekurangan rezeki. Dalam artikel ini saya ingin mencoba membagikan beberapa amalan dan doa yang insyaAllah mampu membukakan pintu rezeki buat Anda. Semoga bisa bermanfaat buat anda semua.

Pada dasarnya nasib seseorang iti sudah ditentukan sejak zaman azali. Kita ketahui bahwa zaman ini ialah zaman atau masa dimana kita belum dilahirkan. Namun, sudah diciptakan oleh Allah dalam bentuk janin. Dan pada masa ini, Allah SWT meniupkan ruh, sembari menentukan nasib kita. Beberapa nasib kita yakni Kelahiran, Kematian, Jodoh, dan juga Rezeki ditentukan pada zaman ini.

Namun, walaupun demikian kita sebagai hamba-Nya yang muslim tetap diharuskan berdoa kepada-Nya dan juga berusaha untuk mencapai sebuah keinginan. Termasuk dalam rezeki. Meski sudah ditentukan takarannya, kita tetap harus berusaha untuk mendapatkannya. Tetapi, tetap harus diiringi dengan doa kepada Allah SWT. Agar rezeki kita dimudahkan dan diberikan rezeki yang Halal, Berkah, dan Nikmat.
Doa Dilapangkan Rezeki
Oleh : cloteh.com

Kumpulan Amalan dan Doa untuk Memudahkan Pembuka Pintu Rezeki

Memang rezeki setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang rezekinya sangat mudah dan ada orang yang sangat susah untuk mendapatkan rezeki. Namun sebenarnya, ini sudah diberitakan oleh Allah SWT dalam firmannya:

"Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (Q.S. Al-Isro' : 10)

Dalam firman Allah tersebut, dikabarkan bahwa Allah Swt melapangkang rezeki kepada seorang hamba yang dikehendaki-Nya. Allah juga mampu menyempitkan rezeki seorang hamba yang Ia kehendaki. Dalam ayat ini kita dapat ketahui bahwasanya rezeki masih bisa diubah selama Allah mengizinkan dan menghendaki.

Maka dari itu, usaha-usaha kita sebagai Hamba untuk melapangkan rezeki ialah dengan mengerjakan amalan-amalan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

1. Taubat dan Memperbanyak Istighfar Mampu Membuka Pintu Rezeki

Taubat artinya kita berhenti untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah, yang mana sebelumnya kita pernah kerjakan. Dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan itu.

Salah satu wujud dari taubat ialah dengan memperbanyak Istighfar. Dimana di dalam istighfar ini mengandung ungkapan permohonan Ampun dan Maaf kepada Allah atas segala kesalahan dan doa yang kita lakukan. Taubat dan Istighfar mampu membuka pintu rezeki, sesuai yang difirmankan Allah dalam Al-Qur'an pada surah Nuh, ayat 10 
“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai’.” (QS. Nuh: ayat 10-12)

Hal ini ditegaskan lagi dalam hadist nabi yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra. Berikut ini
dari Abdullah bin Abbas, beliau berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memperbanyak istigfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya, kelapangan dan untuk setiap kesempitannya, jalan keluar dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Al-Musnad, no. 2234, 4/55-56)

Terhalangnya Rezeki Karena Dosa-Dosa

Rosulullah pernah mengabarkan suatu kabar yang mengenai terhalangnya Rezeki. Seperti pada sabda Rosul berikut ini:
Diriwayatkan dari Tsauban, bahwasanya Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya seseorang itu benar-benar akan terhalang dari rezekinya karena dosa yang ia kerjakan.” (Al-Mustadrak, I/493)

2. Takwa

Takwa sendiri berarti taat kepada Allah. Yakni menjauhi segala larangan-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya. Takwa kepada Allah akan membuat diri kita semakin dicintai oleh Allah. Dimana ini akan membuat kita semakin dimudahkan segala urusan dan dilapangkan rezeki kita.

3.Tawakal

Tawakal berarti kita berpastah diri kepada Allah. Namun tidak berarti pasrah tanpa melakukan apapun. Tawakal lebih kepada menyerahkan segala hasil kepada Allah setelah kita berusaha dengan maksimal.

4. Bersyukur

Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah mampu membukakan pintu Rezeki kita. Sebab salah satu pintu rezeki ialah syukur. Dimana jika kita bersyukur, maka nikmat dan rezeki kita akan semakin dilipatgandakan oleh Allah.

Lantas, apa itu syukur?
Syukur ialah menunjukkan rasa terima kasih atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Baik melalui lisan, batin, ataupun perbuatan.

5. Ibadah dan Sodakoh

Ibadah kepada Allah sudah pasti akan meningkatkan derajat kita dan menambah kecintaan Allah kepada kita. Yang mana secara tidak langsung akan membukakan pintu rezeki dan melapangkannya untuk kita.

Sodakoh di jalan Allah ternyata mampu membukakan pintu rezeki. Hal ini sesuai dengan janji Allah dalam Al-Quranul Kariim :
“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya, dan Dia-lah Pemberi rezeki yang terbaik.”(QS. Saba’: 39)
Kumpulan Doa-Doa Pelancar Rezeki
oleh : cloteh.com

Kumpulan Doa Pembuka Pintu Rezeki

  • Doa Meminta Rezeki Yang Baik
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا
“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa”
Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322)
  • Doa agar Dimudahkan Segala Urusan dan Masalah

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”
Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225)
  • Doa Mutlak
Yakni doa yang tidak pernah diajarkan pengucapannya, baik oleh Allah maupun Rosulullah Saw. Dimana untuk pengucapannya ialah sesuai dengan yang kita mampu dan sesuai hajat yang kita inginkan.

Semisal : "Yaa Allah, Ampunilah dosa-dosa hamba. Mudahkanlah urusan hamba. Dan Lancarkanlah usaha hamba..." atau yang sejenisnya.

Doa mutlak seperti ini juga dianjurkan oleh Rosulullah Saw dalam sabdanya :
 “Hendaklah seseorang diantara kalian memilih doa yang ia kagumi, lalu ia berdoa kepada Allah ‘Azza wa Jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai. Lafaz tersebut adalah milik an-Nasai)

  • Doa dari Para Malaikat 
Doa ini ialah doa yang rahasia. Dimana segala doa kita di-AAMIIN-kan oleh para malaikat. Untuk caranya, Rosulullah telah mengajarkannya dan tercatat dalam Hadist Shahih Muslim.

Caranya ialah dengan mendoakan saudara kita tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. Dimana ketika kita mendokan saudara kita tanpa diketahui oleh yang kita doakan, maka malaikat akan meng-aamiin-kan doa kita, dan mendoakan kita agar mendapatkan sesuai dengan apa yang kita doakan kepada saudara kita.

Dalam hadistnya :
“Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (Shahih. HR. Muslim)

Itulah beberapa amalan dan doa untuk membuka pintu rezeki. Namun itu masih sebagian. Untuk artikel lanjutannya bisa dilihat di artikel selanjutnya. Semoga Allah berikan kita rezeki yang halal dan barokah, yang bisa menjadikan keluarga kita menjadi sakinah, mawadah, wa rahmah. Juga bisa berguna untuk anak cucu kita agar menjadi yang sholih dan sholihah...
.
Aamiin...

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()