Ads 720 x 90

5 Aplikasi Pembuat Intro Youtube Terbaik 2019 Paling Recommended

2 comments
cloteh.com Youtube kini menjadi platform berbagi video terbaik di dunia. Melalui youtube, pengguna dapat dengan mudah mengunggah, menonton, dan mengomentari berbagai video yang ada. Bagi kalian yang memiliki kanal atau channel di Youtube, dan ingin membuat sebuah video yang bagus, maka membuat intro atau pendahuluan di video menjadi opsi yang mungkin wajib. Intro video yang bagus akan menjadi nilai tambah untuk video kita. Bahkan intro juga seringkali menjadi identitas dari suatu channel. Berikut ini saya berikan Aplikasi untuk Membuat Intro Video Youtube Keren melalui Android.

Membuat intro youtube sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan menggunakan handphone android sekalipun. Hanya saja, untuk membuatnya terkadang sangat males. Selain karena kehabisan ide untuk layout atau design intro yang akan dibuat, tetapi juga karena kurangnya kemampuan editing dalam menciptakan sebuah intro yang keren. Atau mungkin sudah bisa membuat intro, namun tidak sesuai dengan harapan. Tapi tenang, saat ini banyak alat, software, atau aplikasi yang akan membantu kalian dalam membuat intro youtube yang keren.
Membuat Intro Youtube Mudah Via android
Membuat Youtube Intro


# Mengapa Harus Ada Intro di Video Youtube?

Jawaban singkatnya ialah sebagai pembeda video kita dengan video orang lain. Hal ini juga akan memperkecil resiko pelanggaran hak cipta atau plagiat, karena video kita memiliki awalan yang berbeda dengan video yang lain.

Selain itu, intro youtube juga berguna sebagai identitas dari channel kita. Coba lihatlah intro dari berbagai youtuber terkenal. Seperti intro youtuber gaming Miawug dengan intro logo kucingnya, Erpan1140 dengan kata 'Erere', atau Ewing HD dengan ucapan 'menemani malam jumat lo'. Walaupun belum melihat videonya, ketika mendengar suaranya maka kita akan dengan mudah mengenali channel video tersebut. Nah, itulah maksud dari Intro Video sebagai Indentitas Channel.

# Bagaimana Cara Membuat Intro Video Youtube yang Keren?

Yang pertama ialah harus menggambarkan channel kita. Hal ini sesuai dengan tujuan intro itu sendiri yakni sebagai identitas.

Buatlah intro yang menggambarkan tentang channel. Biasanya untuk channel game, intro cenderung modern dan ramai atau happy. Untuk channel sosial dan prank biasanya cenderung kalem dan biasanya terdapat cuplikan video yang pernah di upload.

Kedua, gunakan backsound yang bebas hak cipta (No copyright sound). Hal ini untuk menghindari klaim hak cipta dari yang bersangkutan yang akan berakibat pada video yang diunpublish atau bahkan dihapus pihak youtube. Selain itu, penggunaan suara bebas hak cipta juga harus yang unik, artinya belum digunakan untuk intro di channel lain. Sehingga nantinya musik ini bisa jadi ciri khas dari intro channel kamu.

Untuk mendapatkan backsound yang bebas hak cipta, kamu bisa dapatkan di channel youtube No Copyright Sound (NCS) atau bisa download langsung di bensound.com

# Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Intro Youtube

Untuk alatnya sendiri sangat relatif, tergantung dari seperti apa intro video youtube yang akan dibuat. Mulai dari yang sederhana seperti klip foto disertai musik hingga huruf dan objek berbentuk 3 dimensi (3D) yang dibuat menggunakan blender. Selain itu, pemilihan alat juga harus disesuaikan dengan kemampuan dalam menggunakan alat tersebut agar tidak kesulitan dalam memilih fitur saat mengeditnya.

Selain faktor di atas, ada satu faktor lagi yang harus diperhatikan dalam memilih alat. Yakni, perangkat yang digunakan. Apakah menggunakan desktop berbasis Windows, Macintos, atau mungkin hanya bermodal android saja. Untuk pengguna desktop baik windows maupun yang lain, ada banyak aplikasi editing yang bisa dimanfaatkan untuk membuat intro dari video youtube. Misalnya, Adobe Premier, After Effect, atau bahkan Blender 3D.
Cara Membuat Intro Video Dengan Android
Namun bagi yang tidak memiliki komputer atau laptop untuk menjalankan program di atas, kamu tetap bisa membuat intro yang keren hanya menggunakan android saja. Untuk itu, di sini saya akan berikan Rekomendasi aplikasi untuk membuat intro youtube.

# Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Intro Youtube [RECOMENDED]


》 Legend

Aplikasi ini adalah aplikasi pembuat video berbasis teks. Maksudnya video yang dihasilkan oleh aplikasi ini ialah berupa text yang diberikan animasi dan efek tertentu sehingga akan lebih menarik. Aplikasi ini cocok digunakan sebagai intro pada video di channel bertema pendidikan, dan sosial.
Aplikasi Pembuat Intro youtube
Untuk penggunaannya juga terbilang mudah. Kamu hanya diminta memasukkan beberapa kata, seperti "Wellcome to My Channel" atau sesuai keinginanmu. Lalu kamu akan diminta memilih efek yang akan digunakan. Kamu juga bisa memilih atau mengganti warna yang ingin digunakan. Dan tinggal mengekspornya menjadi video dan menyimpan di memori ponselmu.

》 Video Show

Ini merupakan aplikasi editing video dengan beberapa fitur unggulan, seperti memotong video (cutting), menambah suara (dubbing), dan juga klip foto. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat intro video yang cantik. Aplikasi ini cocok untuk membuat intro berupa klip foto yang ditumpuk dengan teks dan diberikan backsound.
Aplikasi Buat intro video Youtube

Aplikasi ini sangat cocok untuk intro video bertema sosial, prank, atau mungkin pendidikan. Untuk membuatnya kamu hanya perlu menyiapkan foto-foto atau gambar yang akan dijadikan klip video, dan juga backsound (disarankan format .mp3). Lalu kamu tambahkan foto-foto tersebut ke dalam aplikasi VideoShow pilih beberapa efeknya, dan tambahkan suara latar (backsound). Terakhir tinggal save ke dalam memori handphone.

》 Panzoid

Untuk panzoid sendiri sebenarnya bukan aplikasi android ataupun desktop. Melainkan sebuah alat pencipta intro berbasis web atau flash player. Dimana video yang dihasilkan berupa video teks tiga dimensi atau 3D text dengan efek suara yang sudah disiapkan, sehingga hasil antara efek video 3D dan suara akan sesuai.
Membuat Intro 3D di android

Untuk membuatnya kamu hanya perlu memilih template video yang dibagikan gratis oleh pengguna lain. Dan tinggal mengganti teksnya saja. Selain menggunakan template, kamu juga bisa menciptkan video 3D kreasi kamu sendiri. Setelah selesai, maka tinggal dirender dan akan muncul tombol download video.

》 VivaVideo

Aplikasi ini serupa dengan aplikasi VideoShow yang merupakan aplikasi editing video. Dengan fitur yang hampir sama, VivaVideo juga mampu membuat sebuah intro youtube yang keren dan cantik. Apalagi ditambah dengan style atau gaya dari teks yang digunakan.
Aplikasi Edit Video Youtube
Untuk cara penggunaannya sama seperti VideoShow. Yakni tinggal import foto, tambahkan efek, tambahkan teks, tambahkan backsound, dan simpan.

》 KineMaster

Aplikasi editing ini merupakan aplikasi editing video terbaik di Android menurut saya. Kinemaster memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan aplikasi editing yang sebelumnya. Pilihan font yang bisa dicustom, juga aneka efek dan animasi bisa digunakan untuk membuat intro yang keren.
Aplikasi Edit Video youtube Terbaik

Bahkan untuk versi Pro, juga mendukung sebuah fitur ChromaKey atau biasa dipakai pada green screen. Dimana dua video bisa digabung menjadi satu dengan menghilangkan warna tertentu (biasanya hijau).

Untuk pembuatan intro menggunakan aplikasi ini tergantung dari seperti apa intro yang akan dibuat. Karena fiturnya yang kompleks, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis video, kecuali 3D. Silahkan cari tutorial mengenai ini di google.

Itulah 5 aplikasi editing di android untuk membuat intro video youtube. Kamu bisa kreasikan dan gabungkan beberapa aplikasi di atas agar menghasilkan video intro yang maksimal.

Jika ada tambahan mengenai aplikasi dan cara membuat video intro youtube yang menggunakan android. Bisa ditambahkan di kolom komentar.

Related Posts

2 comments

  1. Dengan aplikasi SnapTube, saya dapat dengan mudah mengkonversi video apa saja menjadi audio secara gratis. JUGA, saya dapat mengunduh MP3 langsung dari YouTube...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar,, saya juga sering menggunakan aplikasi sejenis untuk mengunduh video dari youtube.

      Terimasih telah berkunjung:)

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter