Ads 720 x 90

Diblacklist, Ini Alasan Pengguna Huawei Tidak Perlu Panik!

Post a Comment
cloteh.com - Saat ini sedang ramai berita mengenai perang dagang China dan Amerika Serikat. Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan bahwa Huawei masuk daftar hitam di negaranya. Mengetahui hal tersebut, pemerintah China juga mengambil langkah balas dendam. Yakni mem-blacklist peredaran iPhone di China. Sejak dimulainya perang dagang ini, hubungan Amerika Serikat dengan China semakin memanas, bahkan raksasa internet, Google, juga mengambil langkah sejalan dengan presiden Trump.
Huawei di Blacklis, ini alasan buat pengguna huawei agar tidak panik
Background image : Huawei Tech

Tersiar kabar, yang katanya bahwa Google menghentikan hubungan kerjasama dengan pihak Huawei. Dampaknya, Huawei tidak akan mendapat akses Android untuk Operasi Sistemnya. Bahkan untuk ponsel yang saat ini beredar, dikabarkan akan kehilangan akses untuk produk Google (Playstore, Gmail, dan sebagainya) serta update versi android selanjutnya.

Terlepas dari benar atau tidaknya keputusan Google tersebut, untuk kamu pengguna Huawei tidak perlu panik akan keputusan ini. Ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui agar tidak panik menyikapi keputusan tersebut. Berikut ulasan alasan mengenai mengapa tidak perlu panik jika Android memblokir akses Huawei.

ALASAN PENGGUNA HUAWEI TIDAK PERLU PANIK JIKA DI BLACKLIST

UPDATE : Pihak Android sudah memberikan klarifikasi melalui akun twitternya @android bahwa pengguna huawei masih bisa mengakses produk google.

Pengganti Google Play Store

Jika kabar tersebut benar yang menyatakan Huawei tidak bisa mengakses playstore. Maka tidak perlu panik. Saat ini banyak situs-situs penyedia aplikasi android atau bisa disebut grabber play store yang tersedia di Internet.

Melalui situs ini kamu bisa mendapatkan aplikasi tanpa harus ke playstore. Bahkan untuk versi berbayar juga tersedia secara gratis. Aplikasi yang disediakan juga sangat lengkap sebab langsung mengambil dari playstore. Situs yang dimaksud antara lain ApkPure, dan Uptodown.

Fitur Mencukupi

Alasan selanjutnya mengapa kamu tidak perlu panik ialah fitur saat ini sudah mencukupi. Berbagai fitur yang disediakan oleh huawei dalam ponsel-ponsel buatannya kini sudah lumayan mencukupi. Bahkan untuk kebutuhan bisnis menengah dan gamingpun sudah sangat cukup. Jadi tidak perlu lagi panik jika ponsel kamu tidak mendapat pembaruan versi dari android.

Pengganti Gmail

Hal yang menurut saya paling berat ialah terbatas akses ke Gmail jika huawei benar-benar di blacklist google. Sebab produk kirim surat elektronik ciptaan google tersebut merupakan produk terpopuler di antara lainnya. Lalu bagaimana jika ini memang didaftar hitamkan google? Maka solusinya ialah kamu hanya perlu mendaftar email baru pada produk email lainnya. Semisal Yahoo! atau hotmail.

Akses ke Produk Google lainnya

Nah bagaimana dengan produk google lainnya? Jika kamu menjawab menggunakan VPN maka itu salah. Sebab google akan memblokir identitas perangkatnya, yakni Huawei. Jika benar demikiam maka solusinya ialah menggunakan aplikasi browser yang dilengkapi fitur change user agent. Browser yang mempunyai fitur ini salah satunya yakni inBrowser.

Fitur Change User Agent merupakan fitur yang digunakan untuk memanipulasi browser yang digunakan untuk membuka situs. Bahkan beberapa browser juga dilengkapi change user agent untuk mengganti devicenya. Semisal diganti menjadi Browser : Chrome; OS : Android; Device : Samsung J2 Prime. Atau lainnya.

Masih Bisa di Custom ROM

Read Only Memory atau disingkat menjadi ROM, merupakan kumpulan file yang menjadi kerangka dari operasi sistem. Dalam ROM terdapat beberapa informasi penting yang menjadi identitas suatu perangkat. Semisal : ID Device, Name Device, Type, hingga IMEI yang terdapat dalam device.

Jika identitas ini dibatasi aksesnya oleh Google, maka solusi ganti ROM bisa menjadi opsi terakhir. Ingat, terakhir. Mengganti ROM dengan ROM perangkat lainnya akan membuat isi dari HP menjadi sama mirip dengan ROM yang dipasang. Hanya saja cara ini akan sangat beresiko jika salah prosedur atau keliru memilih file. Akibatnya akan Blank atau Bootloop.

Itulah setidaknya 5 Alasan kenapa kamu pengguna Huawei tidak perlu panik jika Huawei diblacklist Android. Semoga debgan artikel ini kamu bisa tenang dalam menyikapi kabar yang beredar dan tidak panik.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter