Ads 720 x 90

Cara Mudah Mengatasi Laptop Hang dan Not Responding pada Windows 7, 8, 10

Post a Comment
cloteh.com - Laptop saat ini telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Seiring semakin beragamnya kebutuhan pengguna, produsen laptop terus mencoba menciptakan produk dengan spesifikasi yang disesuaikan untuk kebutuhannya. Sehingga diharapkan laptop akan berjalan lancar tanpa hambatan. Namun, sayangnya masih sering kita jumpai program-program yang macet secara tiba-tiba. Jika kamu pernah atau sedang mengalaminya, bisa mencoba beberapa cara memperbaiki laptop hang di bawah ini.

Laptop memang lebih sering dipilih orang karena bentuknya yang simple dan bisa dibawa kemana-mana. Hal ini tentu untuk mempermudah aktifitasnya, baik untuk bekerja atau untuk keperluan lain. Tapi sayangnya semakin besarnya kebutuhan pengguna, seringkali mereka memasang software-software tanpa mempedulikan kesehatan laptopnya. Terlebih pada kapasitasnya.

Sehingga terjadi program berhenti, hang, atau crash. Biasanya pada title bar akan tertulis (Not Responding). Yang mengakibatkan kinerja laptop menjadi berat. Pergerakan cursor menjadi patah-patah. Atau bahkan program lainnya juga ikutan terhenti. Jika sudah begini maka mau tak mau harus mematikan program yang berjalan secara paksa.

Sayangnya, kejadian meresahkan ini terjadi tanpa dapat diperkirakan sebelumnya. Hal ini karena berkaitan dengan proses yang berjalan di latar belakang. Yang sering tidak kita perhatikan. Dan ironisnya, peristiwa Hang atau Not Respond ini dapat terjadi pada semua seri windows. Baik Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10.
Cara mengatasi laptop hang, blank, dan not responding
oleh : cloteh.com


MEMPERBAIKI LAPTOP SERING NOT RESPONDING

Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan beberapa langkah seperti tertulis pada artikel ini. Sebab masih sedikit orang yang tau penyebab dari laptop yang crash programnya seperti ini. Sehingga jarang dari mereka yang bisa memperbaikinya, sebab tidak tahu apa sebabnya.

Baiklah, sebelum masuk ke materi cara memperbaiki laptop yang macet atau hang. Sebaiknya kita pahami dulu penyebab dari program yang not responding. Berikut ini ulasannya.

Penyebab Laptop Hang atau Not Responding

》 Kekurangan Memori / Ram Tidak Mencukupi

Hal ini mungkin sudah banyak diketahui oleh pengguna. RAM yang tidak mencukupi adalah penyebab utama dari kasus laptoo Hang. Sebab RAM tidak mampu menampung program yang berjalan di latar belakang. Sehingga mau tidak mau harus mengorbankan program untuk dihentikan. Dan ini biasanya yang membuat program not responding.

》Software Terpasang Terlalu Banyak

Selain masalah RAM, kapasitas drive harus juga diperhatikan. Terlebih pada drive C:/ yang biasanya menjadi target penyimpanan data dari software. Jadi jika software terlalu banyak, maka akan memperkecil space pada drive yang mengakibatkan tidak dapat menjalankan program lain lagi karena minimnya space.

》 Terlalu Banyak Menjalankan Program

Biasanya, karena suatu kebutuhan, kita sering membuka banyak jendela program dalam satu waktu. Padahal tanpa disadari ini akan menambah proses latar belakang dan memakan banyak ruang pada RAM. Sehingga laptop akan not responding seperti dijelaskan pada poin pertama.

》 File Program Rusak

Program yang kita instal tentu akan menciptakan beberapa file data yang disimpan pada drive (biasanya C:/). Data-data inilah yang membuat program berjalan. Jika satu file penggerak ini ada yang rusak (corrupt), dapat dipastikan program akan terjeda bahkan terhenti.

》 Terdeteksi Adanya Virus

Jika dari beberapa penyebab di atas tidak terjadi pada laptopmu namun masih sering hang. Mungkin penyebabnya ialah karena terinfeksi virus atau malware. Terdapat beberapa jenis virus yang mampu dengan cepat memenuhi RAM dan Drive. Sehingga laptop akan terasa berat dan beberapa program akan terhenti alias Hang

Oke, itu adalah beberapa penyebab dari laptop yang sering hang alias not responding. Jika sudah mengetahui penyebabnya maka selanjutnya kita bisa mulai ke topik pembahasannya, yakni cara mengatasi laptop yang sering hang atau not responding berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Sering Hang

Cara memperbaiki not responding

Jika laptop hang saat dalam mode Bios :


  1. Restart dan masuk ke mode BIOS
  2. Pilih Advance Bios Features
  3. Jika sudah cari yang berhubungan dengan Bios Cache
  4. Setelah ditemukan, langsung disable dan simpan dengan klik F10 dan Enter


Jika Laptop Hang saat Starting

Untuk memperbaiki masalah ini bisa mencoba salah satu atau semua dari beberapa cara di bawah ini :

  1. Scan Virus di laptopmu, biasanya hal ini dikarenakan virus yang menginfeksi. Scan juga pada Registry dengan CCleaner.
  2. Bersihkan Komponen RAM. Bersihkan komponen RAM pada laptopmu menggunakan penghapus karet, atau cleaner khusus. Jika ragu bawa ke teknisi


Jika hang pada program berjalan (Not Responding)


  1. Hentikan Paksa. Yakni dengan cara menekan bersamaan CTRL + SHIFT + ESC dan klik End Task pada program yang not respond.


Setidaknya itu cara mudah untuk mengatasi laptop yang hang atau not responding. Semoga cara di atas bisa membantu permasalahan yang sobat alami. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah mengenai hasil eksperimen kamu setelah melakukan cara di atas

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter