Ads 720 x 90

Cara Cek Nomor NISN dan Data Siswa Secara Online Terbaru Untuk SD, SMP, SMA Sederajat

Post a Comment
cloteh.com - Buat kalian yang sedang mendaftar di sekolah negeri, baik untuk jenjang SD, SMP, atau SMA sederajat, kalian pasti membutuhkan yang namanya NISN. Bahkan akan sangat banyak ditemui kolom formulir untuk memasukkan NISN. Tapi terkadang tidak sedikit dari kalian yang bingung dengan NISN kalian bukan? Berikut ini coba saya bagikan cara mengetahui nomor NISN dengan mudah untuk jenjang Dasar (SD,MI), menengah awal (SMP, MTs), atau menengah akhir (SMA, SMK, MA). Cara ini akan sangat membantu kalian yang bingung dengan Berapa nomor NISN kalian. Atau sekedar untuk melihat data kalian secara Nasional, apakah sudah terdaftar dengan data yang benar atau mungkin ada yang salah agar segera dirubah.

Apa itu NISN? Nomor Induk Siswa Nasional atau disingkat NISN merupakan sebuah nomor acak yang diberikan dan dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (alias KEMENDIKBUD RI). Nomor ini diberikan kepada seluruh siswa yang masih sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga tingkat menengah (SMP dan SMA) sederajat. Dimana setiap siswa memiliki nomor NISN yang berbeda-beda. Jadi antar siswa tidak akan tertukar datanya.

Melihat NISN secara online terbaru
tumbnail oleh : cloteh.com

NISN berbeda dengan NIS. Jika NISN merupakan kode induk secara nasional, maka NIS (Nomor Induk Siswa) merupakan nomor induk secara lokal (dalam hal ini dalam lingkup sekolah saja). Biasanya Nomor Induk berdasarkan urutan dalam mendaftar. Atau juga sering didapati berdasarkan urutan presensi atau abjad nama.

Lalu bagaimana cara mengetahui berapa nomor NISN kita? Dan kira-kira apakah data kita sudah benar atau belum? Jia belum, maka apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya?

CARA MELIHAT NOMOR NISN SECARA ONLINE, MUDAH, CEPAT, LENGKAP

Sebenarnya untuk melihat datanya bisa dilakukan secara offline, alias secara langsung. Yakni dengan melihatnya pada Ijazah atau SKHUN. Namun bagaimana jika SKHUN dan Ijazah belum keluar? Cara selanjutnya ialah dengan melihatnya pada Kartu Pelajar. Hanya saja, tidak semua sekolah menampilkan NISN pada kartu pelajarnya. Kebanyakan mereka memasukkan NIS pada kartu pelajar.

Untuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), NISN akan sangat dibutuhkan untuk memvalidasi atau mencocokan kebenaran data dari formulir pendaftaran dan data siswa yang terdaftar secara Nasional. Untuk itu, beberapa panitia PPDB dari beberapa sekolah akan meminta bukti Print Out dari NISN yang sudah terdaftar secara ONLINE.

Cara Mengetahui Nomor NISN Paling Cepat dan Mudah

  1. Silahkan buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Pilih Tab Pencarian Berdasarkan Nama (tab kanan)
  3. Masukkan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu (harus sesuai dengan Akta Kelahiran)
  4. Klik Cari
  5. Selesai. Nomor NISN dan data akan terlihat
Cara Mengetahui NISN Sendiri untuk PPDB

Cara Melihat Data Siswa dengan NISN

Untuk cara melihat data siswa hampir sama dengan cara melihat nomor NISN. Hanya saja, disini kamu diharuskan sudah mengetahui NISN kamu sendiri.

  1. Buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Pilih tab Pencarian Berdasarkan NISN
  3. Masukkan NISN kamu
  4. Masukkan nama ibu kamu
  5. Klik cari
  6. Data akan terlihat
Cara Cek Data Siswa Online Dengan NISN Terbaru

Halaman data siswa ini yang biasanya dibutuhkan pada pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Cek dengan benar apakah ada yang salah atau tidak. Bagaimana jika ada yang salah?
Cara Memperbaiki Data Siswa NISN

Jika Data Siswa Nasional ada Kesalahan

Hal yang perlu dilakukan ialah dengan meminta ulang NISN. Caranya yakni dengan mekanisme berikut.
  1. Silahkan download formulir A3 pada halaman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Print Out formulir tersebut
  3. Isi data yang valid dan berdasarkan Akta Kelahiran
  4. Serahkan pada sekolah asal
  5. Maka sekolah akan menginputkan atau mengirimkan datanya kepada pihak Kemendikbud
  6. Selesai. Data akan segera diperbaiki oleh kemendikbud
Semoga informasi di atas bisa membantu kalianyang kesulitan untuk masalah NISN dan data pokok peserta didik (DAPODIK). Dengan demikian akan sangat mudah menemukan NISN dan Data Siswa untuk berbagai keperluan, terutama PPDB.

Semoga kalian bisa masuk ke sekolah yang diinginkan, dan bisa membanggakan orang tua kalian ya guys...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter