Ads 720 x 90

Cara Riset Keyword Sederhana untuk Pemula - Bagian 1

Post a Comment
cloteh.com - Bagi seorang bloger, pengunjung merupakan hal yang paling penting. Apalagi pengunjung yang berasal dari situs mesin pencari. Baik itu Google, Yahoo, atau Bing. Sebab situs atau blog tanpa pengunjung tiada guna. Maka dari itu banyak bloger yang melakukan berbagai cara untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari ini. Mulai dari melakukan riset kata kunci, riset persaingan, tanam backlink sana-sini atau bisa dibilang 'teknik SEO' katanya.

Tapi kali ini saya tidak akan bahas mengenai SEO secara keseluruhan. Sebab saya sendiri juga masih bingung apa itu SEO. Banyak banget definisi SEO. Tergantung dari orangnya. Beda orang beda definisi ya kan?

Kali ini saya mau mencoba membahas salah satu tekniknya saja. Yakni RISET KEYWORD alias Kata Kunci. Tentunya cara ini versi saya sendiri. Dan mungkin saja ada juga yang menerapkannya. Karena cara ini sangat mudah sekali dan bahkan bisa dikatakan cara dasarnya. Makanya banyak sekali yang menggunakan cara ini.
Cara riset keyword paling mudah - seo blog

Pada cara ini saya menggunakan dua alat, yang bahasa Inggrisnya TOOLS, yang mungkin sudah sangat familiar. Tool pertama adalah buatan Google, yakni G-Trends. Sedangkan tool kedua adalah UBERSUGEST buatan pakar SEO, Neil Patel.

Karena cara ini sangat dasar dan mudah, maka diharapkan para pemula bisa melakukannya juga. Karena pada artikel ini memang ditargetkan untuk pemula.

CARA MELAKUKAN RISET KEYWORD PALING MUDAH UNTUK PEMULA [UPDATE 2019]


Sebelum ke inti pembahasan, mungkin perlu pengenalan mengenai apa itu riset kata kunci, untuk apa, dan mengapa harus dilakukan. Paling tidak tahu mengapa harus dilakukan.

Apa itu Riset Kata Kunci?

Riset kata kunci atau Keyword adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mempelajari atau me-RISET kata kunci (ya iyalah :v). Dimana dalam teknik ini, sebuah kata kunci akan dipelajari seberapa banyak pencarinya, seberapa prospek, seberapa banyak kompetitornya, apakah keyword ini kompetitif dan lain sebagainya. 

Untuk Apa dan Mengapa harus dilakukan?
Ada beberapa alasan mengapa harus dilakukan. Alasan pertama ialah sebagai bahan artikel. Maksudnya ialah untuk menentukan artikel apa yang akan di publikasikan. Bagaimana struktur artikel akan dibuat. Dan lain sebagainya

Kedua, untuk mengetahui kompetitor. Kompetitor yang besar maka akan memperbesar tingkat persaingan. Jika tingkat persaingannya besar, secara tidak langsung akan memperkecil peluang. Semisal kompetitor ada 10, maka peluangnya adalah 1/10 alias 10%. Tapi jika kompetitor ada 50, maka peluangnya adalah 1/50 alias 5%.

Dari sini paham?

Ketiga, memperbesar peluang. Bagaimana maksudnya? Di atas sudah dijelaskan bahwa jika kompetitor semakin banyak, maka peluang semakin kecil. Tapi jika dilakukan riset kata kunci, maka setidaknya bisa memperbesar peluangnya. Bagaimana bisa?

Prinsip mesin pencari berbeda dengan prinsip matematika kita. Mesin pencari akan menampilkan daftar pencarian yang dianggap relevan (oleh bot tentunya). Karena menggunakan robot perayap alias Bot Crawl, maka untuk dianggap relevan dengan pencarian bisa 'diakali' dengan menempatkan beberapa kata kunci yang juga relevan (dengan riset keyword akan membantu menemukan kata kuncinya). Jika artikel kita dianggap relevan, maka peluang untuk bisa tampil di depam semakin besar. (Nb : ini merupakan opini saya, kamu bisa mengikutinya atau menyanggahnya)

Keempat, ada banyak alasan lainnya. Karena sangat banyak, maka tidak saya tulis. Takutnya nanti terlalu panjang dan bisa-bisa kamu bosan bacanya.

Baiklah, saya kira kamu sudah memahami sedikit definisi dari Riset Keyword. Jika sudah demikian maka selanjutnya kita bisa eksekusi.

CARA PALING MUDAH RISET KATA KUNCI UNTUK BLOG PEMULA


Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan mengunjungi alat buatan Google. Silahkan ketik di address bar browser https://trends.google.com

Di halaman ini kamu akan menemukan sebuah kolom pencarian. Di kolom itu kita akan memasukkan kata kunci utama. Tapi sebelumnya ubah dulu filter negaranya menjadi Indonesia. Agar hasilnya semakin akurat. 

Caranya ialah klik icon globe atau bumi di bagian atas, lalu pilih Indonesia.

Setelah itu kamu bisa mencoba scroll kebawah. Kamu akan menemukan tabel TRENDING BARU-BARU INI. Jika kamu memiliki blog dengan topik berita, maka kamu bisa membuat artikel dengan topik tersebut. Artikel yang kamu buat berdasarkan tabel ini bisa kamu share ke sosial media dan grup-grup. Karena sedang TRENDING maka peluang dibuka dan dibagikan oleh pengguna juga semakin besar.

Oke lanjut, disini saya akan mencoba mempelajari atau riset kata kunci 'MODEL HIJAB'. Maka silahkan ketik di kolom pencarian tadi dan klik enter.

Nah di halaman hasil ini kamu filter menjadi 90 hari atau 30 hari. Saya coba filter menjadi 30 hari. Berikut ini hasilnya.
Cara Menggunakan google trends
Setting filter waktunya

Pada tabel terlihat grafik jumlah pencarian perharinya. Dan untuk kata kunci MODEL HIJAB mencapai 100 pencarian perharinya. Ini masih kata kunci utama. Belum ke kata kunci turunan.
Riset kata kunci untuk pemula
Volume pencarian keyword mencapai 100/hari

Pengguna biasanya akan lebih serung mengetikkan kata kunci turunannya. Semisal MODEL HIJAB LEBARAN, MODEL HIJAB KANTOR, atau lainnya. Kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Dalam halaman ini juga ditunjukkan kata kunci turunan yang dicari oleh pengguna selama 30 hari (tergantung filter yang kita lakukan).  Pada kata kunci yang saya cari terdapat kata kunci turunan sebagai berikut.
Cara mudah riset keyword terbaru
Lihat bagian KUERI TERKAIT

Terdapat sebuah filter di dalam tabel ini, yakni MENINGKAT dan TERATAS. Kamu bisa ubah keduanya. Untuk penjelasannya, MENINGKAT untuk menampilkan kata kunci turunan baru yang banyak dicari selama 30 hari tersebut. Sedangkan TERATAS adalah untuk menampilkan kata kunci turunan yang paling banyak dicari selama 30 hari. Bedanya, kata kunci teratas menampilkan kata kunci yang banyak dicari, sedangkan meningkat menampilkan hanya kata kunci baru yang sedang banyak dicari. Catat saja hasil yang didapatkan. Baik untuk filter Teratas maupun Meningkat.

Dari sini kita berhasil menemukan, beberapa data terkait dengan kata kunci MODEL HIJAB. Sebagai berikut :

Kata kunci ini memiliki volume pencarian mencapai 100/hari. Sedangkan untum kata kunci turunannya ada 2 kata kunci yang sedang banyak diburu.

Dengan demikian kata kunci ini tergolong LUMAYAN prospek untuk kedepannya.Karena tergolong kata kunci abadi yang akan selalu memiliki pencarian setiap harinya dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya lakukan Compare atau perbandingan dengan kata kunci lain. (Cara melakukan compare dengan Klik BANDINGKAN). Semisal saya ambil contoh MODEL KEMEJA. Maka saya mendapati hasil sebagai berikut.
Cara singkat riset keyword 2019
Perbandingan antara 2 keyword

Ternyata kata kunci pembanding tidak melebihi kata kunci utama. Jika demikian maka kita akan menggunakan kata kunci utama sebagai bahan artikel. Jangan lupa catat hasil kata kunci turunan yang didapatkan. Baik yang teratas maupun yang meningkat.

Selanjutnya kita akan mempelajari kata kunci - kata kunci ini menggunakan tool buatan Om Neil Patel. Bisa dilihat dan dipelajari dalam artikel Cara Riset Kata Kumci Sederhana untuk Pemula - Bagian 2.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter