Cari Sesuatu dan Klik Enter...

Ide Bisnis untuk Pelajar SMP/SMA Terbaru, Modal Kecil dan Cepat Balik Modal

cloteh.com -  Memasuki masa sekolah menengah, hal yang sering menjadi masalah ialah masalah keuangan. Mengingat masa ini akan dibutuhkan pengeluaran yang lebih untuk kebutuhan sekolah seperti biaya buku, fotocopy, atau untuk biaya print out materi. Belum lagi untuk kebutuhan lainnya. Seperti main sama teman, uang jajan, atau lainnya. Walau pada masa ini anak masih menjadi tanggungan orang tua, namun cara pikir siswa menengah cenderung ingin mandiri. Sehingga akan dibutuhkan usaha-usaha untuk mendapatkan pundi-pundi uang untuk membantu kebutuhan finansial.

Karena usianya yang baru masuk remaja, dan masih belum ber-ijazah minimal (yakni SMA), maka untuk mendapatkan pekerjaan masih sangat susah. Pelajar harus memutar otak agar bisa menghasilkan lembaran rupiah demi mencukupi ekonomi pribadinya. Untuk itu, berikut ini saya tulis beberapa bisnis atau ide usaha sampingan yang cocok untuk pelajar.

Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar
cloteh.com

Selain itu, bisnis yang dibahas dalam artikel ini adalah bisnis kecil yang bisa dimodalkan dengan menyisihkan sedikit uang saku. Namun akan cepat balik modal jika rajin dilakukan atau dipromosikan.

BISNIS DAN IDE USAHA UNTUK PELAJAR YANG CEPAT BALIK MODAL

Jualan Pulsa

Untuk bisnis yang pertama adalah bisnis pulsa. Di zaman sekarang siapa yang tidak punya ponsel. Pasti sebagian besar memilikinya. Kartu SIM adalah nyawa kedua selain baterai ponsel itu sendiri. Dan kartu sim ini tidak akan berguna jika tidak ada pulsanya.

Walau saat ini kebutuhan SMS dan Telefon sudah sedikit tergeser dengan Chat dan Voice Call online, namun tetap memungkinkan untuk terjual. Sebab untuk membeli paket data atau kuota dilakukan dengan potong pulsa. Selain itu paket data juga dapat dilakukan dengan membelinya langsung pada outlet atau penjual pulsa biasa yang nantinya juga menjadi nilai bonus untuk kamu.

Bisnis ini menjadi bisnis andalan remaja siswa menengah. Sebab selain modal yang cukup kecil, yakni mulai 50.000-an saja, juga karena fleksibel untuk dilakukan penjualannya. Tanpa terbatas waktu, tempat, maupun alat. Bisa dilakukan kapanpun, dimanapun bahkan saat sekolah (dijual pada teman sekolah), dan dari perangkat apapun (bisa dilakukan pakai HP jadul yang masih berlayar hitam putih). Dan keuntungan dari penjualan bisa sangat cepat mengembalikan modal awal.

Jualan Kerajinan

Menjual karya kerajinan juga cukup prospek dilakukan oleh pelajar SMP atau SMA. Modalnya pun tidak terlalu besar, tergantung dari apa yang dibuat. Hanya berbekal imajinasi dan keterampilan tangan saja sudah mampu memproduksi produk kerajinan yang memiliki nilai jual.

Sebagai contoh ialah tetangga saya yang masih SMP yang membuat jepit rambut hias. Hanya berbahan kain flanel yang dibeli seharga 2000-an per lembar dan juga penjepit rambut seharga 500-an. Sudah bisa diciptakan hiasan penjepit rambut dengan harga jual sekitar 3000 sampai 5000 rupiah.

Untuk target penjualannya bisa tergantung barang dan juga waktu penjualannya. Semisal produknya penjepit rambut hias, atau kreasi kerajinan cetak nama pada sterofoam, bisa dijual pada sekolah-sekolah dasar. Atau kerajinan lain seperti anyaman atau tas dari plastik bekas, bisa dipasarkan pada acara-acara umum seperti Car Free Day atau pasar malam.

Dropshiper Olshop

Untuk bisnis yang satu ini cukup banyak digemari oleh kalangan siswi SMA. Sebuah teknik pemasaran yang dilakukan tanpa harus memiliki barang atau produk. Teknik ini dinamakan Dropship dan dengan pelakunya disebut Dropshiper.

Cara kerja bisnis ini ialah, kita mempromosikan produk dari orang atau toko lain dengan harga yang sudah kita mark-up (dinaikkan) sendiri. Ketika ada pembeli yang memesan, maka kita akan meneruskan pesanan tersebut ke penjual. Dan setelah uang ditransfer atau diterima oleh kita seharga yang sudah kita tetapkan tadi, maka kita lakukan pembayaran juga ke penjual seharga yang ditetapkan penjual. Maka penjual akan memproses pesanan kita dan mengirimkan pesanan tadi ke pembeli atas nama kita. Jadi keuntungan dari harga yang sudah di mark-up tadi adalah milik kita.

Ya, bisnis ini banyak dipilih karena sistemnya yang mudah dilakukan, dan juga tanpa harus memiliki modal ataupun barang produk. Kebanyakan mereka melakukan dropship untuk produk pakaian dan kecantikan yang bisa menghasilkan keuntungan 5000 sampai 50.000 rupiah lho. Padahal tanpa modal dan tanpa barang, tapi dapat keuntungan.

Jasa Pengetikan

Bisnis selanjutnya sangat mudah dilakukan. Jasa pengetikan menjadi bisnis yang cocok buat pelajar SMP atau SMA. Bisnis jasa ini sering dibutuhkan oleh orang-orang yang butuh membuat surat pernyataan atau surat-surat lainnya. Atau bahkan dibutuhkan oleh anak-anak SMA hingga Mahasiswa. Jasa pengetikan ini hanya bermodalkan laptop atau komputer saja.

Untuk cara kerja bisnis ini ialah, pembeli memberikan contoh tulisan, baik itu tulisan tangan atau buku yang digaris bawahi kata-kata yg perlu diketik. Setelah itu kita tinggal mengetikkan sesuai pesanan si pembeli. Jika sudah selesai, maka tinggal menyalinnya ke dalam flashdisk pembeli.

Untuk harga biasanya berdasarkan dengan jumlah kata. Untuk pasarannya biasanya per 100 kata seharga 1500-2000 rupiah.

Jualan Artikel

Untuk yang ini hampir sama seperti dengan jasa pengetikan. Bedanya, pembeli hanya menentukan tema atau judul artikel, dan kita harus menuliskannya sesuai jumlah kata yang dipesan. Biasanya mulai dari 300 kata sampai 1000 kata. Karena artikel kita tulis sendiri dan hanya ditentukan judul atau topik dan jumlah katanya saja, maka tingkat kesulitan akan bertambah. Yang secara otomatis menambah harga jual sedikit.

Syarat utama dari bisnis ini ialah tidak diperbolehkan copy paste atau copas. Sebab jika ketahuan maka akan dibatalkan dan uang yg sudah kita terima harus dikembalikan 100%. Walaah.. malah gak jadi untung, buntung ini mah..

Selain itu artikel hasil translate dari bahasa lain juga tidak diizinkan. Akibatnya juga sama seperti di atas. Tapi jangan remehkan. Pembeli biasanya sudah memiliki alat pengukur atau pendeteksi artikel copas atau bukan.

Yang jadi tantangan disini ialah pemasarannya. Sebab sangat jarang yang membutuhkannya secara langsung di dunia nyata. Dan yang membutuhkan kebanyakan adalah blogger atau pemilik situs artikel. Tapi tenang, untuk penjualnnya kalian bisa hubungi saya melalui halaman kontak. Saya akan berikan solusi jual artikel yang laku dan menguntungkan.

Itulah 5 bisnis dan ide usaha yang cocok untuk menambah uang saku pelajar. Bisnis di atas sangat cocok untuk siswa siswi smp atau sma sederajat. Karena modalnya kecil tapi cepat balik modal.

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()