Ads 720 x 90

Kumpulan Aplikasi Pembantu untuk Ngeblog lewat Android Terbaru

Post a Comment
cloteh.com - Untuk membuat sebuah halaman blog sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi dengan adanya platform dan CMS siap Instal yang semakin mempermudah dalam proses penciptaan halaman blog tersebut. Tinggal daftar, instal, login, dan sesuaikan tampilan saja sudah bisa terbentuk suatu halaman blog yang sesuai dengan keinginan kita.

Berbagai jenis blog juga bisa kita ciptakan. Mulai dari blog untuk sekedar curhatan, untuk berbagi pengalaman, bahkan untuk portal berita juga bisa kita ciptakan dengan mudah. Untuk hal tampilan, saat ini sudah banyak pembuat tema dan template (themes creator) yang menciptakan inovasi tampilan-tampilan baru untuk berbagai jenis blog. Bahkan hampir semua platform memiliki theme creator yang keren-keren.
Aplikasi untuk mempermudah Mengelola blog di Android
Aplikasi Mempermudah Mengelola Blog di Android
Jika membuat blog saya katakan mudah, lantas apa yang susah? Jawaban saya untuk pertanyaan ini, yang paling susah dalam dunia blog ialah KONSISTEN. Maksud konsisten di sini yakni senantiasa memberikan update konten-konten baru untuk pembaca.

Apa susahnya? Tinggal ketik, edit, publish saja kok repot. Memang benar, alurnya hanya 3 langkah itu, tapi ada faktor lain yang sering menghampiri para Bloger (pemilik blog) sehingga susah untuk konsisten meng-update konten di blog mereka. Beberapa faktor yang sering dijumpai saya sebutkan di bawah ini.

FAKTOR SUSAH KONSISTEN PADA SAAT NGEBLOG

1. SARANA KURANG MENDUKUNG

Ini sering dikeluhkan oleh beberapa rekan saya. Mereka berpikir untuk mengelola konten blog harus menggunakan laptop atau komputer. Sedangkan mereka tidak memilikinya. Hal ini yang membuat susah dalam menciptakan konten blog secara rutin. Pasalnya mereka harus ke warnet dulu atau ke rumah saudara dan teman untuk menyewa atau meminjam laptop dan komputer merek untuk mempublikasikan konten yang ada pada blog mereka.

2. SUSAH MEMBAGI WAKTU

Setidaknya inilah yang sering dialami bloger part-time seperti saya. Membagi waktu antara untuk kegiatan bloging, dan untuk kegiatan lain. Semisal bekerja, mengurus anak, atau kegiatan lainnya di luar dunia blog. Kebanyakan para bloger mengaku sibuk di dunia nyata dan pekerjaan.

Saya sendiri saat ini masih bekerja. Berangkat jam 8 pagi. Selesai antara jam 5 sampai jam 6 sore. Biasanya sampai rumah waktu isya'. Karena waktu pagi hingga sore saya gunakan untuk bekerja, maka saya hanya ada waktu malam. Ya, waktu istirahat. Mau tidak mau saya mengorbankan sebagian waktu istirahat saya untuk mengelola blog. Kalau memang sedang di posisi letih sangat, baru saya maksimalkan istirahat dan mengesampingkan kepentingan blog ini.

Untuk waktu malampun tidak seluruhnya saya gunakan untuk mengelola blog. Biasanya mulai jam 9 saya gunakan untuk mengetik artikel, hingga pukul setengah 12 malam. Selepas jam 12 atau dinihari, baru saya gunakan untuk tidur (kewajiban memenuhi hak tubuh saya untuk istirahat). Lalu kapan publikasinya?

Baru keesokan harinya, sekitar jam 7, saya sempatkan mempublikasi artikel yang sebelumnya saya buat. Karena sudah dibuat di malam hari, maka tinggal posting saja dan sedikit mengoptimalkan artikel tadi. Butuh sekitar 30 menitan untuk ini.

3. KEKURANGAN IDE UNTUK KONTEN

Ini biasanya terjadi pada blog dengan focus-topic. Dimana biasanya membahas hanya satu topik di dalam blognya. Semisal topik sepeda gunung, biasanya sering terjadi stuck atau macet ide untuk 'konten apa lagi yang akan disuguhkan berikutnya?'. Ini sudah dibuat itu sudah dibahas juga. Ini-itu sudah dibahas lengkap, sedangkan ada tuntutan untuk konsisten. Disinilah yang menjadi penyebab blogger tidak bisa konsisten dalam publikasi artikel mereka.

Saran saya, untuk artikel atau konten yang memiliki panjang lebih dari 1000 kata, bisa dibahas menjadi 2 part (bagian). Dan juga untuk artikel listicle (artikel baris, contoh : 5 sepeda mahal..., 7 Roda Sepeda Murahan...), pada setiap poinnya bisa untuk dijadikan bahan artikel berikutnya.

4. KUNJUNGAN SEPI

Ini mah berlaku buat bloger baperan :v
Tenang, saya juga demikian. Terkadang ada pikiran "Sudah buat konten susah-susah. Sudah korbanin waktu. Eh, kunjungan blog tetep aja kecil."

Ada rasa penyesalan di sini. Seakan sia-sia kita ngeblog dan jadi males upload postingan lagi. Jadinya, blog terbengkalai karena tidak mendapat asupan artikel yang up-to-date dari pemiliknya.

Jika salah satu poin di atas ini dijadikan alasan, maka sangat maklum jika kita susah untuk konsisten dalam berkomitmen mempublikasikan artikel.

Komitmen buat Konten aja susah, apalagi Komitmen buat Bersama.
~ Kang Bucin :v

APLIKASI UNTUK MEMPERMUDAH NGEBLOG MENGGUNAKAN PONSEL ANDROID

Pada kali ini kita fokus ke poin pertama yang disebutkan tadi. Dimana sarana tidak mendukung. Yang dimaksud di sini yakni tidak memiliki laptop atau komputer sebagai sarana ngeblog. Jadi bagaimana solusinya?

Pasti dengan membaca heading (judul) dan sub-heading (sub-judul) di atas, sudah tahu jawabannya. Ya, menggunakan ponsel berplatform Android. Bloger mana yang saat ini tidak mempunyai ponsel pintar? Saya rasa 99% pasti punya, dan saya yakin mayoritas adalah pengguna Android.

Ngeblog lewat android? Apakah susah? Sebenernya tidak susah kok, sama saja seperti dengan menggunakan PC. Hanya saja, karena dimensi layar Android tidak lebih lebar dari PC, dalam artian layarnya kecil. Maka akan sedikit ribet untuk melakukannya. Ingat, RIBET bukan SUSAH.

Sekedar info saja, hingga saat ini saya masih belum memiliki laptop ataupun komputer. Ada beberapa alasan mengapa saya belum memilikinya, dimana alasan utamanga tentu saja ekonomi orang tua. Hampir 85% kegiatan bloging saya lakukan lewat smartphone.

Untuk aplikasinya apa saja, dan bagaimana cara sederhana untuk mengelola blog lewat smarphone? Berikut ini penjelasannya :

1. TEXT EDITOR

Karena blog berbasis artikel, maka yang paling kita butuhkan ialah Text Editor atau dalam bahasa +62 disebutnya Penyunting Teks.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pengetikan artikel. Saya sendiri menggunakan aplikasi Evernote. Ada beberapa alasan kenapa EverNote saya pilih, diantaranya :
  1. Terdapat fitur Auto-Save,
  2. Bisa menghitung statistik artikel (jumlah kata, karakter, dan sebagainya),
  3. Bisa di backup lewat komputer (masuk akun artikel akan otomatis tersimpan di akun EverNote),
  4. Adanya sistem Undo-Redo
  5. Dan lain sebagainya.
Aplikasi Mengetik Artikel terbaik di android
EverNote - Aplikasi Mengetik Artikel Blog Terbaik

2. CODE EDITOR

Jika sebelumnya digunakan membuat artikel, maka ini digunakan untuk mengatur tampilan blognya (template untuk blogger, dan theme untuk WP). Karena yang saya alami, untuk melakukan editing pada halaman admin langsung sangat susah sekali untuk melakukan kodingnya. Sebab biasnaya terdapat ribuan baris yang digunakan dan membuat HP sedikit ngelag dan patah-patah sehingga sangat susah untuk koding.

Untuk itu saya menggunakan aplikasi khusus buat ngoding. Saya biasa pakai Quick Edit. Aplikasi koding yang mendukung banyak format. Biasanya saya menggunakan aplikasi semacam ini hanya untuk mengganti atau mengedit beberapa hal yang memang sekiranya diperlukan. Seperti pada bagian Tag Meta, dan Navbar Menu. Hal ini saya lakukan untuk memperkecil kemungkinan gagal atau rusaknya struktur template.
Aplikasi Edit Template Blog Mudah di Android
Quick Edit - Aplikasi Edit Template Blog

3. IMAGE EDITOR

Aplikasi ini hanyalah aplikasi pendukung saja dan bersifat opsional. Aplikasi berjenis penyunting gambar ini sudah sangat banyak yang mengetahui dan memakainya. Apalagi di ponsel cewek, 90% pasti ada.

Ya, aplikasi editing foto untuk android sudah banyak sekali. Beberapa yang populer ialah : Picsay, PicsArt, dan Pixellap.

Saya sendiri menggunakan Picsay dan Pixellap. Ada beberapa alasan kenapa saya menggunakannya, yakni :
  1. Size file relatif kecil (sekitar 1-2MB untuk Picsay)
  2. Fitur lebih banyak dan lengkap
  3. Mendukung style 3D (untuk Pixellap)
  4. Dan yang pasti saya sudah familiar dengan toolnya.

Penggunaannya yakni sebagai alat pembuat thumbnail. Pasti tahu dong bahwa thumbnail yang menarik akan memiliki peluang klik yang besar. Disinilah alat ini difungsikan. Selain itu saya biasanya juga menggunakannya untuk menambahkan watermark atau tanda air di gambar yang memang asli saya buat sendiri. Semisal screenshot atau gambar lain yang saya ciptakan.
Aplikasi Editing Terbaik untuk Android
Aplikasi Editing Thumbnail Terbaik

4. GOOGLE CHROME

Aplikasi browser ciptaan Google ini sangat saya rekomendasikan untuk urusan bloging. Walaupun saat ini banyak browser lain yang mungkin lebih baik dari chrome, tapi saya tetap menggunakannya untuk urusan bloging.

Browser Chrome di sini dipakai untuk melakukan publikasi postingan dan menambahkan beberapa penggayaan pada postingan. Untuk platform Blogger sendiri sebenarnya sudah ada aplikasinya, hanya saja aplikasi resmi blogger kurang mendukung untuk aktifitas bloging.

Dimana aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mempublikasi post dengan style Bold, Italic, atau Underline. Juga heading dan label tentunya. Hanya saja, beberapa hal penting tidak dapat dilakukan dalam aplikasi resmi Blogger ini. Yakni untuk menambahkan gambar, mengedit Hiperlink, dan menambah Deskripsi penelusuran. Sehingga kurang efektif untuk aktifitas bloging.

Maka dari itu saya menyarankan menggunakan Web Browser milik Google. Dimana selain di dukung penuh oleh Google, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Karena dasbor blogger sendiri juga tidak responsif pada ponsel, maka untuk menekan tombolnya harus dilakukan Zoom. Mengunggah gambar juga sangat mudah melalui Chrome. Karena tampilannya 100% sama dengan tampilan pada PC, akan sangat memudahkan kita untuk memanfaatkan berbagai tool dengan maximal.
Google Chrome, Bagus untuk Ngeblog?
Google Chrome - Untuk Publikasi Artikel Blog

5. ANALITIC dan SEARCH CONSOLE

Pasti tahu apa fungsi kedua alat ini. Ya, Analitic digunakan untuk memantau Trafik Pengunjung dan Penayangan dalam blog kita secara RealTime. Sebenarnya untuk poin ini sifatnya opsional saja. Jika tidak menggunakan Analityc bisa menggunakan penggantinya yang dipercaya juga hampir sama akuratnya, yakni Hitstat.
Aplikasi Search Console untuk Mempercepat index Blog
Search Console - Untuk Membantu Mempercepat Index Blog
Sedangkan search console digunakan untuk melakukan Inspeksi URL. Yakni mengirimkan URL ke index google dengan tujuan agar artikel dapat secepatnya ditampilkan di halaman pencarian google. Untuk aplikasinya, search console tidak menyediakan aplikasi resmi di PlayStore. Hanya saja, situs search console sudah mendukung PWA (Progresife Web App). Sehingga kita bisa menambahkah aplikasi tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Melainkan dengan menambahkan halaman Search Console ke layar utama.

Beberapa aplikasi yang disebut di atas bisa digunakan untuk membantu aktifitas bloging kalian. Semoga bisa membantu memperlancar aktifitas bloging kalian dan bisa konsisten dalam mengupdate konten di dalam blog kalian.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter