Ads 720 x 90

Cara Mudah Mengganti Password / Sandi dan Nama Wifi Telkom IndiHome lewat HP

Post a Comment
cloteh.com - Bagi sebagian besar orang, internet ialah hal yang primer. Dimana hampir setiap sendi kehidupannya selalu terhubung dengan internet. Bukan hanya pengguna yang semakin membludak, para provider atau penyedia layanan internet juga semakin menjamur. Salah satu layanannya ialah WiFi. Dan provider yang cukup dikenal ialah Telkom. WiFi Telkom tersedia dalam IndiHome dan Speedy. Hanya saja, untuk Speedy sudah jarang digunakan, entah masih ada atau mungkin sudah dihapus dan diganti IndiHome.

Pada saat modem atau bahasanya ONT baru dibuka dan diaktifkan, untuk terhubung ke wifi harus menggunakan kata sandi yang sudah disetel secara default. Sandi default setiap modem beda-beda. Biasanya kata sandi ditulis pada hologram di belakang modem. Namun ketika memasang wifi dari Telkom, yakni IndiHome, biasanya teknisi akan mengubah sandinya menjadi sandi standar. Sandi standarnya ialah 12345678.
Cara Mengganti Nama dan Password Sandi wifi Indihome ZTE
Cara Mengganti Nama SSID dan Sandi Password Wifi
Namun setelah selesai pemasangan, biasanya tidak langsung bisa digunakan internetan, melainkan harus diaktifkan oleh Telkom pusat terlebih dahulu. Setelah diaktifkan maka wifi IndiHome sudah bisa dinikmati.

Bagaimana Mengganti Nama dan Sandi Wifi IndiHome ?

Biasanya setelah wifi terpasang dan aktif, teknisi akan mengajari bagaimana caranya untuk mengganti nama dari wifi (atau istilahnya SSID) dan juga password wifi. Namun, jika kamu lupa dengan cara yang di ajarkam oleh teknisi, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

Cara untuk melakukan setting atau pengaturan pada wifi tergantung pada perangkat ONT atau modem yang digunakan. Namun intinya sama saja pada langkah-langkahnya, mungkin hanya berbeda pada tampilan dan akun untuk login ke admin panel saja. Disini saya contohkan menggunakan modem merek ZTE.

Untuk mengubah password dan SSID Wifi tidak selalu harus memakai perangkat laptop, komputer, atau sejenisnya. Melainkan juga bisa dilakukan menggunkan perangkat telepon pintar alias smartphone. Cara ini sangat mudah dilakukan, dan caranya juga sama seperti pada perangkat desktop.

》 Cara Masuk Ke Panel WiFi IndiHome ZTE

Sebelum melakukan setting pada Wifi, baik mengganti nama SSID atau hanya mengganti password, hal yang paling utama dan awal untuk dilakukan ialah masuk ke panel kontrol. Untuk masuk ke panel kontrol silahkan ikuti tutorial di bawah ini :
  1. Sambungkan HP pada WiFi,
  2. Setelah tersambung, buka web browser (disarankan menggunakan Google Chrome),
  3. Ketikkan 192.168.1.1 pada address bar lalu enter,
  4. Pada form login, masukkan : Username : user / Password : user
  5. Klik login
Cara Mengganti Sandi Wifi IndiHome melalui HP Android
Masuk ke Panel Kontrol
Jika gagal, maka gunakan user dan password berikut ini :
Username : admin
Password : Telkomdso123

Setelah masuk ke halaman panel kontrol, kamu sudah bisa melakukan setting pada SSID dan password WiFi kamu. Untuk mengganti Nama SSID dan Sandi, kamu bisa lakukan dengan cara dibawah ini

》Cara Mengganti Nama SSID WiFi Telkom Indihome

Jika menggunakan modem ONT merek ZTE, nama SSID secara default ialah ZTE-(type), misalnya ZTE-bc6342 atau lainnya. Untuk menggantinya bisa dilakukan dengan cara berikut ini :
  1. Hubungkan ke Wifi
  2. Masuk panel kontrol (lihat cara di atas)
  3. Pada menu samping (sidebar), klik Network
  4. Pada submenu di bawahnya, pilih SSID Setting
  5. Pada kolom SSID Name, silahkan ganti dengan nama WiFi sesukamu,
  6. Klik Submit (paling bawah)
Cara Mengganti SSID Nama Wifi indihome
Cara Mengganti Nama SSID WiFi melalui Android
Setelah melakukan setting dan klik Submit, maka wifi akan terputus dari perangkat atau HP kamu. Hal ini wajar karena informasi wifi telah berubah (SSID). Silahkan hubungkan lagi. Untuk cara mengganti kata sandi lihat caranya di bawah

》 Cara Mengganti Sandi atau Password WiFi Telkom ZTE

Hal untuk caranya sama seperti cara menghanti SSID Name, hanya saja tempat kolom passwordnya berbeda tab. Jika kamu terputus dari wifi, silahkan hubungkan lagi. Cara untuk mengubah sandi atau password wifi IndiHome dengan Modem ZTE melalui HP bisa dilakukan dengan cara :
  1. Hubungkan HP ke Wifi,
  2. Masuk Panel Kontrol (lihat cara di atas),
  3. Pada menu sisi samping (Sidebar), pilih Network,
  4. Pada submenu di bawahnya, pilih Security,
  5. Pada kolom Passphrase, silahkan ganti passwordnya,
  6. Klik Submit
Mengganti Password Sandi Wifi Telkom ZTE
Cara Mengganti Sandi wifi Telkom IndiHome
Sama seperti dengan cara sebelumnya, yakni mengganti nama SSID Wifi IndiHome, setelah di klik submite maka akan terputus dengan jaringan wifi, karena informasi WiFi berubah. Silahkan hubungkan dengan wifi lagi.

Tambahan

Jangan lupa untuk mengklik tombol Logout yang ada pada bagian atas. Sebab untuk masuk halaman panel ini hanya di izinkan satu perangkat, sehingga jika ingin melalukan setting dari perangkat berbeda harus mengeluarkan perangkat sebelumnya dari halaman panel kontrol.

Saya rasa cukup itu saja untuk kali ini mengenai cara mengganti Nama SSID dan Kata Sandi Wifi Telkom IndiHome dengan menggunakam modem ONT ZTE. Semoga bermanfaat dan bisa membantu memecahkan masalah kamu. Jika ada yang ingin ditanyakam bisa langsu berkomentar saja.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter