Ads 720 x 90

Notifikasi Better Ads Standards pada Adsense, Apa Maksud dan Pengaruhnya?

Post a Comment
cloteh.com - Bagi para publisher jaringan iklan Adsense, pasti saat ini sedang mendapatkan sebuah notifikasi di halaman beranda akun Google Adsense, kan? Notifikasi tersebut berisi sebuah berita tentang Better Ads Standards Global. Tapi banyak sekali yang bingung, apa maksudnya dan apa pengaruhnya kepada kita sebagai penayang atau publisher? Apakah berbahaya atau hanya pemberitahuan belaka?
Notifikasi Better Ads Standards, apa Maksudnya?
Terkait Kebijakan Better Ads Standards Global

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang notifikasi tersebut. Dimana ini menyangkut peraturan dan kebijakan dari BetterAds. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu dengan BetterAds, supaya semakin mudah memahami artikel yang gak karuan ini.

BETTER ADS STANDARDS GLOBAL : APA DAN MENGAPA?


Sebelum kepada pembahasan mengenai notifikasi yang muncul di beranda Adsense pada akhir-akhir ini, marilah kita terlebih dahulu berkenalan dengan penyebab dari keluarnya notifikasi tersebut. Yakni Better Ads Standards.

Apa Itu Better Ads Standards?

Better Ads adalah sebuah asosiasi atau koalisi pengembang untuk  menciptakan sebuah pengalaman terbaik pengguna melalui standar iklan. Gamblangnya ialah, Better Ads ini mengatur standarisasi iklan, dengan tujuan supaya pengguna merasa nyaman disebuah situs walaupun terdapat iklan di dalamnya.

Bagaimana Better Ads menentukan Standar Iklan?

Better Ads saat ini berfokus pada periklanan web desktop maupun web mobile (smartphone). Untuk menentukan standar iklan dilakukan penelitian kepada lebih dari 66.000 konsumen. Setiap masukan dari konsumen ditampung dan dipertimbangkan agar menghasilkan standar iklan yang lebih baik. Beberapa hal yang dijadikan pertimbangan ialah : jenis iklan yang disukai, jenis iklan yang dibenci, hingga ukuran iklan.

Pada Amerika Utara dan Eropa, standard iklan ini sudah diberlakukan sejak bulan Maret 2017. Dan sudah diterapkan oleh para developer dalam bisnis mereka. Asosiasi ini kemudian mengumumkan pada bulan Januari 2019 lalu, bahwa menurut penelitian mereka, standarisasi ini bisa digunakan secara global pada web mobile maupun desktop di seluruh dunia.

Sekiranya itulah sedikit uraian singkat mengenai Better Ads. Jika sudah memahami uraian singkat di atas, mari kita masuk ke pembahasan mengenai pemberitahuan yang berikan google pada halaman situs penayang Adsense.

NOTIFIKASI ADSENSE : BETTER ADS STANDARDS GLOBAL

Seperti dijelaskan di atas, bahwa Better Ads adalah sebuah komunitas atau koalisi untuk menentukan standar periklanan. Google merupakan salah satu dari puluhan member di dalamnya. Untuk itu, google patuh pada kebijakan Better Ads.
Better Ads Standards Global, Google Chrome Akan menerapka  Better Ads
Pemberitahuan pada Adsense Desktop

Dampak Kebijakan Better Ads 2019 

Karena google adalah anggota koalisi, maka kebijakan mereka diikuti dan disambut baik oleh google. Sebab memang tujuannya untuk memberikan pengguna pengalaman yang terbaik.

Kebijakan tersebut dilakukan google melalui salah satu produknya yakni Chrome Browser. Dimana nantinya, di dalam browser ini akan ditanam fitur sejenis Adblock untuk memblokir penayangan iklan menganggu. Fitur ini diberi nama Chrome Ad Filter.

Hanya saja tidak semua iklan diblokir penayangannya. Hanya iklan-iklan yang dinilai melanggar dan tidak sesuai dengan standar iklan dari Better Ads. Beberapa yang diblokir nantinya ialah iklan berjenis Pop-Up, Video AutoPlay Audio, dan iklan dengan Density lebih dari 30% halaman konten. Cek disini untuk iklan apa saja yang akan di blokir.

Fitur ini akan mulai dijalankan pada seluruh browser chrome (baik desktop maupun mobile) pada tanggal 9 Juli 2019.

Untuk mengaktifkannya hampir sama seperti fitur translate. Yakni dengan memunculkan sebuah notifikasi kecil dipojok layar (desktop) atau dibawah (mobile) apakah ingin memblokir iklan menganggu atau tidak. Kemungkinan juga ada setelan untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya secara langsung di menu setting browser chrome.
Kebijakan Better Ads dan Dampak Pada Adsense
Pemberitahuan pada Adsense Apk

Dampak untuk Penayang Iklan (Publisher)

Bagi pemilik situs atau halaman blog dengan iklan (baik Adsense atau lainnya), maka perlu diatur ulang peletakan dan ukuran iklannya. Sebab akan cukup berefek nantinya pada saldo atau pendapatan periklanan kita tersebut.

Jika terlalu banyak iklan kita yang diblokir oleh Ad Filter tersebut, maka semakin sedikit iklan kita ditayangkan. Yang mana ini artinya, jumlah impressi iklan juga akan menurun. Bagi pengguna iklan CPM, yang dihargai per 1000 tayangan. Maka akan sedikit melambat pengumpulan saldonya. Bahkan yang gajian tiap bulan bisa-bisa hanya gajian per 2 bulan sekali.

Untuk peletakan iklan tetap terserah kalian mau dipasang dimana. Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah, jenis iklan yang dipakai, dan ukurannya. Saran dari saya gunakan jenis iklan gambar (display) dan Teks saja. Jangan gunakan iklan video (untuk Adsense, saya belum tahu cara mengaturnya). Sedangkan ukuran silahkan pilih ukuran persegi atau horizontal. Sebab vertikal sering dianggap menganggu dan menutup konten oleh pengguna.

Bagaimana Mengetahui dan Mengatasi Iklan yang Bermasalah?

Jika nantinya iklan bermasalah (dalam hal ini terkena imbas Better Ad), maka bisa dilihat pada Laporan Pengalaman Iklan pada halaman Web Tools / Search Console. Pastikan bahwa sebelumnya situs kalian sudah terverifikasi oleh search console (webmaster tools).

Akan nampak status peninjauan menjadi SUDAH DITINJAU, GAGAL, atau PERINGATAN. Jika mendapat status GAGAL, maka segeralah untuk memperbaikinya. Di sana akan terdapat video dan penjelasn mengenai masalah tersebut. Jika sudah diperbaiki, maka bisa dilakukan permintaan untuk peninjauan ulang. Berikan penjelasan mengenai bagaimana cara kalian memperbaiki masalah dan apa saja yang diperbaiki pada kolom yang tersedia. Selanjutnya klik SAYA SUDAH MEMPERBAIKINYA. Maka tim google akan melakukan peninjauan secara manual ke situs kalian

INGAT!!! Alat peninjauan ini akan bekerja mulai 9 Juli 2019. Jika kamu lakukan sebelum itu, maka pada status akan tertulis BELUM DITINJAU

Jika selama 30 hari status kaliam tetap dalam GAGAL dan tidak kalian perbaiki. Maka chrome akan benar-benar memblokir iklan pada situs kalian. Namun hal ini bersifat fleksibel, maksudnya tergantung masalah yang ada. Jika iklan bermasalah pada Mobile, maka akan benar-benar memblokirnya pada mobile saja tidak pada desktop.

Sekiranya itu dulu yang bisa saya bagikan ke kalian. Jika ada yang kurang paham bisa ditanyakan saja melalui kolom komentar. Semoga bisa membantu teman-teman yang merasa kebingungan terhadap notifikasi yang ada pada Adsense mengenai Better Ads Standards Global.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter