Seberapa Penting Domain untuk Bisnis UKM?

Djoe

cloteh.com - Dewasa ini bisnis mulai menjamur dimana-mana. Tidak hanya di dunia nyata, dunia mayapun tak luput dari berbagai bisnis. Mulai dari bisnis yang dikelola perseorangan, hingga bisnis yang dikelola perusahaan. Selain itu, dunia maya juga mulai dilirik oleh banyak pelaku bisnis sebagai media promosi. Salah satunya ialah dengan membuat sebuah situs web untuk Profil Perusahaan atau hanya sekedar halaman landas alias halaman promosi.
Pentingnya Domain untuk Bisnis UKM
Mengapa Domain Penting untuk Bisnis?

Sudah banyak bertebaran cara-cara untuk menciptakan halaman website untuk bisnis. Mulai dari yang sederhana dan modal rendah (bahkan gratisan), hingga membuat situs perusahaan profesional dengan modal yang bisa dibilang lumayan.

Selain hanya tutorial, banyak juga para web developer yang mulai menjajakan jasa mereka untuk membuat halaman website untuk berbagai keperluan bisnis dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

DOMAIN UNTUK BISNIS, PENTINGKAH?

Untuk membuat sebuah halaman website untuk bisnis Anda, hal yang paling awal dilakukan ialah menentukan domain yang tepat. Jangan terburu-buru atau ngasal dalam memilih domain untuk situs bisnis Anda. Mengapa? Karena domain ini nantinya juga menjadi Branding dari apa yang Anda promosikan.

Sebelumnya, alangkah baiknya jika kita berkenalan dengan istilah domain ini. Dan kira-kira apa sih pentingnya domain bagi pelaku bisnis dan usaha?

Apa Itu Domain?

Disadur dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Domain berarti nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu server komputer dalam jaringan internet. Nama domain ini digunakan untuk terhubung ke server  web tanpa harus mengetikkan IP Public dari server tersebut. Sehingga lebih mudah untuk mengingat nama server tersebut dibandingkan harus mengetikkan deretan angka yang rumit yang dikenal dengan Internet Protocol alias IP.

Yang dinamakan nama domain ialah yang berada di depan ekstensi domain. Ekstensi domain sering diistilahkan Top Level Domain (TLD), contohnya : .com, .net, .org, .id, dan lainnya. Jika nama domain dan TLD sudah digabungkan maka akan menjadi domain utuh sebagai pengganti IP Public untuk terhubung ke server. Selain itu ada juga subdomain. Dimana peletakannya berada di depan nama domain. Semisal: berita.cloteh.com atau login.cloteh.com. nah, kata berita dan login ini disebut sebagai subdomain.
Perbedaan Domain dan Subdomain
Perbedaan Domain dan Subdomain
Jika diibaratkan rumah, domain ini ialah alamatnya. Sehingga untuk sampai ke rumah ini, orang harus menuju alamat tersebut terlebih dahulu.

Apakah Penting untuk Bisnis Mandiri (UKM)?

Jika bisnis tersebut akan diterjunkan ke dunia maya, maka jawabannya bukan hanya penting, tapi WAJIB. Mengapa demikian? Dan apa yang membuat nama domain ini sangat penting bagi pelaku bisnis mandiri?

Saat ini tercatat lebih dari 60 Juta bisnis UKM yang tersebar di Indonesia. Dimana jumlah ini akan terus bertambah setiap harinya. Apalagi di zaman serba digital ini, sebagian besar UKM tersebut sudah mulai menginvasi dunia internet.

Ini berarti kompetitor kita juga semakin besar. Untuk itu kita butuh sebuah domain yang unik untuk alamat web sekaligus sebagai media Branding untuk bisnis UKM yang akan kita buatkan websitenya.

Nama website yang Unik akan lebih mudah diingat oleh orang. Dan ketika orang sudah mengenal situs Anda, maka akan lebih mudah mengenalkan produk kita kepada mereka. Sehingga disini akan memenuhi syarat bahwa domain tidak hanya sebagai alamat website, tapi juga sebagai Branding.

Selain yang disebut sebelumnya, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan domain ini sangat penting peranannya dalam dunia bisnis. Terlebih untuk bisnis UKM.

1. Sebagai Alamat Tujuan

Seperti ditulis di awal, bahwa domain ini diibaratkan alamat rumah. Jika domain ini mudah diingat dan ditemukan, maka akan sangat membantu calon pembeli atau member untuk berkunjung. Yang artinya juga akan memperbesar peluang untuk terjualnya produk (Closing).

2.  Sebagai Identitas Bisnis

Hal ini berkaitan erat dengan branding. Domain akan berlaku sebagai identitas bisnis sebab sebagian besar nama domain diambil dari nama bisnisnya. Atau beberapa juga menggunakan tagline yang sering diucapkan sebagai pilihan nama domain.

Semisal bisnis minuman dengan brand Esteh, maka kebanyakan pebisnis akan menggunakan nama domain www.esteh.com. Contoh lain jika brand tersebut mempunyai Tagline, Srupuutt Segeeerr, maka jika dijadikan domain akan menjadi www.sruputseger.com.

Pada contoh di atas, meskipun dengan menggunakan tagline sruputseger.com, maka orang akan mengetahui kalau isi website itu adalah produk Esteh. Inilah maksud domain sebagai identitas. Jadi walaupun belum membuka tautannya, maka orang sudah mengetahui produk yang akan ditawarkan.

3. Mempermudah Promosi

Semisal Anda melakukan promosi door-to-door ke masyarakat terkait produk yang anda miliki, maka tentunya Anda atau Sales akan memberikan informasi terkait produk. Mulai dari produk apa, bagaimana, dan mengapa, semuanya harus disampaikan.

Hanya saja, terkadang Sales memiliki target waktu, dimana mereka harus menyelesaikan presentasi mereka di depan calon pembeli dalam waktu yang mungkin kurang. Nah, disini domain website akan membantu.

Maka akan sangat mudah untuk memberikan informasi lanjutan. Sales bisa mengatakan "Untuk informasi dan pertanyaan lengkapnya bisa cek di website kami pak. Websitenya www.kopihitam.com..." atau "Untuk harga promo dan info bonus bisa dilihat di web www.cendoldawet.com.."

Poin ini akan sangat berfungsi jika domain yang dimiliki Unik dan mudah diingat. Untuk itu maka perlu beberapa langkah sebelum menentukan nama domain untuk bisnis mandiri alias UKM, beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini..

TIPS MEMILIH DOMAIN UNTUK BISNIS MANDIRI atau UKM

Nah mengetahui betapa pentingnya peranan domain di atas, maka harus dipikirkan dengan matang sebelum menentukan untuk membeli nama domain. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk memilih nama domain yang cocok untuk website bisnis Anda.

1. Gunakan Nama Domain yang Unik

Unik disini maksudnya ialah berbeda dari yang lain. Jangan sampai domain yang dipilih mirip atau kembar dengan bisnis dari perusahaan lain. Sebab akan sangat repot jika pemilik domain yang dikembari memiliki hak merek.

Semisal domain pertama cloteh.com, lalu Anda ingin membuat bisnis dengan domain branding cloteh.net atau cloteh.id. Hindari hal kloning di atas sebab akan mendatangkan beberapa kerugian, semisal :
  • Bisa dituntut atas dasar menjiplak.
  • Pelanggan salah belok, maksudnya ketika pelanggan ingin berkunjung kesitus Anda, tapi karena domainnya kembar dan mirip, maka bisa jadi pelanggan akan berkunjung ke situs yang sebelah.

2. Gunakan Nama Bisnis atau Merek Produk Anda

Cara paling tepat untuk mendapatkan domain ialah dengan mengambilnya dari nama bisnis atau merek produk buatan kita. Tapi lagi-lagi, pastikan namanya Unik tidak ada yang menyamai.

3. Gunakan Tagline sebagai Domain

Menjadikan tagline atau slogan sebagai domain akan sangat membantu. Terlebih jika slogan ini sudah sering didengar masyarakat, akan sangat menguntungkan.

4. Beli di Penyedia Domain Terpercaya

Hal yang wajib ialah belilah domain pada provider yang terpercaya. Sebab percuma ketika sudah memiliki nama domain bagus, tapi provider abal-abal. Akan sangat sia-sia.

Saat ini banyak provider penjual domain terpercaya yang menyediakan promo Domain Murah. Selain domain promo, mereka juga pasti mempunyai kualitas pelayanan yang baik.

5. Sesuaikan Budget

Ini sangat penting untuk dipertimbangkan, sebab hal utama yang menjadikan bisnis berjalan ialah modal. Maka perhitungkan Top level domain (TLD) apa yang akan dibeli. Beda TLD beda Harga.

Untuk domain murah bisa gunakan TLD .xyz yang harga pada tahun pertama sekitar 15 ribu sampai 20 ribu saja.

Itulah sedikit jabaran dari saya mengenai pentingnya Domain bagi Pelaku Bisnis Mandiri atau UMKM. Semoga di atas bisa membantu Anda menentukan domain yang terbaik untuk situs bisnis Anda.
Djoe
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari Cloteh lewat email. GRATIS!