5 Hal dan Tips Memilih Hosting Berkualitas Terbaik untuk Berbagai Jenis Website

Djoe

cloteh.com - Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat halaman situs web atau blog ialah pada platformnya. Apakah menggunakan platfotm hosted gratisan seperti blogger.com dan wordpress.com, atau mungkin menggunakan wordpress self host atau cms lain yang diinstal secara manual di dalam sebuah hosting. Jika ingin menggunakan cms self host, maka hal yang sangat pentung untuk dipertimbangkan ialah hosting. Dimana hosting berpengaruh besar untuk web kita. Hosting yang bagus akan berdampak bagus untuk web kita, juga sebaliknya.

Saat ini sudah sangat banyak provider atau penyedia layanan hosting yang bertebaran di jagad maya. Mulai dari provider perseorangan hingga perusahaan. Mulai dari penyedia hosting Indonesia hingga Luar Negeri. Semua ada dan bisa kita temukan dengan mudah.
Tips memilih hosting berkualitas terbaik untuk website bisnis
TIPS MEMILIH HOSTING BERKUALITAS TERBAIK
Hanya saja, kualitas dari tiap provider pastilah berbeda-beda. Untuk itu sangat perlu pengetahuan mengenai bagaimana caranya mengetahui hosting yang baik dan cocok untuk kita gunakan pada website kita. Sebab, salah memilih hosting bisa berdampak buruk pada web yang kita kelola nantinya.

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas suatu hosting ialah dengan bertanya pada grup atau forum diskusi yang sesuai, yakni berkaitan dengan hosting. Hanya saja, nantinya pasti akan ada komentator yang saling bertolak belakang.

Sebagian mengatakan kelebihan dari provider, sedangkan yang lain akan mengatakan kekurangannya. Bahkan tidak jarang juga diwarnai debat kusir antar komentator hanya karena masalah pendapat mereka saling bertolak belakang.

Bukannya dapat jawaban yang memuaskan dan menyakinkan kita, justru jawaban-jawaban mereka seringkali membuat kita menjadi tambah pusing. Belum lagi ditambah adanya 'penumpang gelap' di dalam postingan kita yang bukannya menjawab pertanyaan atau memberi solusi, justru malah mengiklankan hosting mereka sendiri.

Biasanya mereka mengatakan layanan mereka yang terbaik dan jarang down. Bahkan mengaku tidak pernah down. Ditambah harga yang murah bahkan di bawah harga rata-rata penyedia hosting lainnya. Sangat diluar logika.

Jika sudah seperti ini, mau tidak mau harus kita sendiri yang menentukan. Apakah mengambil provider tersebut atau penyedia hosting lain. Sebab memang sejatinya kita sendirilah yang bisa menentukannya. Mengapa demikian?

Bagaimana nantinya web yang kita buat, bagaimana tampilannya, butuh hosting dengan spesifikasi tinggi atau tidak, dan lainnya hanya kita yang mengetahuinya. Sehingga untuk menentukannya bisa dilakukan dari banyak faktor. Jadi jangan cuma mengambil satu atau dua buah review saja, tapi perhatikan juga faktor-faktor lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli paket hosting terbaik untuk website kita.

Apa yang terjadi jika kita salah membeli paket hosting?

Akan sangat fatal akibatnya. Mulai dari masalah ekonomis, hingga masalah pada website kita itu sendiri. Beberapa kerugian yang "mungkin" akan kita dapatkan jika salah membeli paket hosting :
  1. Website menjadi lelet, karena overload pada banwidth,
  2. Reputasi web menjadi jelek, karena sering down,
  3. Penjualan menurun, jika web untuk jualan,
  4. Bahkan isi saku akan terkuras, karena harga sewa pertahun lebih mahal ketimbang hasil yang didapatkan.

Nah lo, bagaimana jika itu terjadi? Pasti tidak mau kan? Untuk itu, berikut ini saya buatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli atau menyewa hosting. Agar website kamu tidak mengalami kejadian buruk seperti ditulis di atas.

1. Tips Memilih Hosting Terbaik : Perhatikan Disk Space

Perlu diketahui, bahwa sebenarnya fungsi dari hosting itu tidak lain ialah sebagai wadah. Wadah untuk menyimpan berbagI data website kita. Mulai dari script, gambar-gambar, hingga database ataupun yang lainnya. Untuk itu sangat penting di sini memperhatikan Disk Space.

Jika tidak, maka akan sangat merugikan kalian. Semisal, kalian beli hosting murah dengan disk space 1 GB, lalu kamu instal wordpress. Karena kamu gunakan untuk blog, yang secara tidak langsung juga pasti memasukkan file gambar, video, atau lainnya. Pastinya dikemudian hari file-file ini akan bertambah banyak dan menumpuk, yang nantinya juga ukuran file-file kita jadi semakin besar.

Nah ini lah pentingnya memperhatikan Disk Space. Jika ukuran file keseluruhan melebihi kapasitas Disk Space, yang terjadi adalah file tidak akan tersimpan dalam hosting. Atau hanya beberapa saja yang tersimpan, sedangkan untuk file-file baru kemungkinan besar tidak tersimpan.

Maka dalam memilih hosting, sesuaikan Disk Space dengan kebutuhan. Kira-kira apakah cukup untuk menampung file-file kita? Apakah nantinya file kita overload apa justru spacenya tersisa?

Oh iya, saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting terbaik dari Indonesia hingga Mancanegara yang menawarkan Disk Space Unlimited alias tanpa batas kuota. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah benar-benar tanpa batas? Padahal sebenarnya, server hosting tidak jauh berbeda dengan komputer yang dijalankan selama 24 jam selama 7 hari seminggu. Yang mana setiap komputer juga memiliki Disk yang terbatas.

Hanya saja, ketika Disk Server sudah mencapai batas maksimum, sang penyedia layanan akan menambah space lagi untuk server mereka. Sehingga bisa digunakan terus untuk menyimpan file pengguna.

2. Tips Memilih Hosting Terbaik : Perhatikan Bandwidth

Jika Disk Space adalah kapasitas yang digunakan untuk menyimpan data website, maka Bandwidth di sini ialah batas besarnya data yang di ambil oleh pengunjung. Biasanya bandwidth dibatasi per bulannya.

Semisal kita memiliki sebuah halaman website yang mana ukuran halaman tersebut ialah 5 KB, dan setiap harinya katakanlah ada sekitar 20 pengguna atau pengunjung membuka halaman tersebut. Maka setiap pengguna akan mengambil space pada bandwidth 5 KB untuk sekali membuka halaman, dikali 20 orang maka hasilnya 100 KB per hari. Maka 100 KB × 30 Hari maka hasilnya 3000 KB atau sekitar 3 MB. Maka untuk hal ini cukup gunakan hosting terbaik dengan Bandwidth 1GB per Bulan saja lebih dari cukup.

Hanya saja, semakin banyak halaman yang di akses pengunjung, semakin banyak  jumlah pengunjung, maka space bandwidth juga semakin berkurang. Lalu apa yang terjadi jika space Bandwidth melebihi kapasitas? Maka akan terjadi down, dimana website akan sangat berat di buka, atau hanya menampilkan halaman blank bahkan eror.

Bisa disimulasikan bahwa bandwidth ini adalah jembatan penghubung antar dua tempat (anggap saja pengunjung dan website). Jika kapasitas jembatan maksimal hanya 1 ton, sedangkan kapasitas pengunjung lebih dari itu, yang ada bukannya pengunjung mendapat informasi dari website, justru pengunjung akan tersendat dan macet di jembatan atau bahkan jatuh dari jembatan.
5 Hal penting yang perlu diperhatikan dalam membeli hosting
Yang perlu diperhatikan dalam.memilih hosting

3. Tips Memilih Hosting Terbaik : Auto Installer

Ini bisa menjadi hal yang opsional, tapi bisa juga menjadi wajib. Auto Installer adalah sebuah fitur yang biasa disediakan oleh penyedia hosting pada setiap panelnya. Sesuai namanya, Auto Installer atau jika diterjemahkan menjadi pemasang otomatis ini berfungsi sebagai pemasang atau penginstal berbagai macam CMS secara otomatis pada hosting atau web kita.

Setiap kali ingin menginstal script, maka kita perlu membuat database, menghubungkan database ke script, dan memasang script secara total. Namun berbeda halnya dengan menggunakan Auto Installer, kita hanya perlu memasukkan username dan password untuk kita gunakan masuk ke administrator saja, dan juga tinggal memasukkan data web kita ke dalam formulir yang disediakan. Maka Auto Installer akan dengan sendirinya membuat database beserta kolom-kolomnya secara otomatis. Kita tinggal masuk ke halaman Admin dan mulai menjalankan web kita dengan tenang.

Kebanyakan hosting menggunakan Softaculous Auto Installer. Dimana ia mendukung berbagai CMS (Content Management System) mulai dari jenis Blog, Forum, hingga Sosial Networking (mirip sosmed gitu).

4. Tips Memilih Hosting Terbaik : Add On Domain

Ini juga bisa menjadi opsional. Fungsi utamanya yakni untuk menambahkan domain pada hosting yang sudah di beli atau di sewa. Ini akan menjadi solusi buat yang mau menjalankan web lebih dari satu, bisa gunakan hosting dengan spesifikasi yang memiliki Add On Domain.

Jadi tidak perlu lagi bingung beli hosting lagi buat domain yang lainnya. Karena dengan satu hosting bisa digunakan beberapa domain dengan website berbeda. Sehingga biaya sedikit berkurang.

Tapi ada kerugian dengan memanfaatkan fitur ini, yakni jika ada satu website yang terkena virus atau malware, maka seluruh website yang berada dalam satu hosting akan terkontaminasi juga. Sebab masih dalam satu disk yang sama. Juga jika salah satu web memakan bandwidth yang besar, maka web lainnya akan merasakan imbasnya, biasanya lemot dimuat, atau bahkan bisa blank.

5. Tips Memilih Hosting Terbaik : Dilengkapi SSL HTTPS

Perlu diketahui, bahwa akhir-akhir ini Google memperbarui algoritmanya terkait keamanan situs. Dimana website yang tidak menggunakan HTTPS (dalam hal ini masih http://) akan dianggap tidak aman dan ditandai warna merah di bagian address bar. Sehingga reputasi situs akan menurun dan bisa dicurigai website berbahaya atau mengandung malware.

Sehingga keberadaan SSL akan sangat dibutuhkan. SSL sendiri singkatan dari Secure Socket Layer, yang mana ia mengubah suatu protokol menjadi suatu saluran komunikasi yang aman. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bertransaksi.

Bukan hanya bertransaksi perbankan atau keuangan, tapi bertransaksi informasi melalui website atau blog juga sangat dibutuhkan. Sebab jika website tidak disertai keamanan yang kuat bisa jadi website tersebut terinfeksi virus atau malware yang juga bisa menginfeksi perangkat yang membukanya atau bahkan bisa mengambil data-data kita.

Di atas adalah beberapa hal dan tips Memilih hosting terbaik untuk website kalian. Semoga dengan artikel ini, kalian bisa menentukan hoster mana dan hosting seperti apa yang cocok buat web kamu. 
Djoe
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari Cloteh lewat email. GRATIS!