Kumpulan Pertanyaan Tes Wawancara dan Cara Menjawabnya agar Lolos Interview Kerja

Djoe

cloteh.com - Selamat datang di cloteh.com, kali ini saya ingin membahas tentang tes pekerjaan. Jika sebelumnya saya sudah membahas mengenai Tips Lolos Tes Interview Kerja, di artikel ini juga akan membahas hal yang berkaitan dengan tes wawancara. Yakni tentang apa saja yang akan ditanyakan oleh HRD atau Manager, dan bagaimana cara menjawabnya agar kemungkinan lolos tes semakin tinggi.

Seperti disebutkan di artikel sebelumnya, bahwa salah satu dari serangkaian tes masuk perusahaan ialah tes Interview. Dimana pada tes ini, calon karyawan akan berhadapan secara empat mata dengan perwakilan perusahaan (biasanya HRD) secara langsung. Pada tes ini, mental dan skill bicara diuji secara tidak langsung. Jika mental tidak siap atau tidak berani, maka akan sangat terlihat gugup dan terbata-bata menjawab setiap pertanyaannya.

Jika kamu merasa masih gugup dan belum siap untuk bertatap muka dengan Manajer atau HRD, kamu bisa mencoba Tips Lolos Interview Kerja pada artikel sebelumnya. Namun, jika kamu sudah siap dan yakin tidak gugup saat bertemu pihak managemen, kamu bisa lanjut ke artikel ini, yang membahas Kisi-Kisi dan Kunci Jawaban interview kerja.
Cara menjawab Tes wawancara kerja
Cara Menjawab Tes Interview Kerja

Kisi-Kisi dan Kunci Jawaban Interview Kerja

Sebutan lain untuk interview kerja yakni tes wawancara. Namanya saja wawancara, pasti akan ditanya banyak hal. Mulai dari pertanyaan seputar pekerjaan, hingga pertanyaan mengenai diri pelamar. Dengan melalui tes ini, HRD bisa mengetahui pelamar memiliki kepribadian seperti apa dan apakah cocok bila ditempatkan di suatu posisi yang dibutuhkan.

Sebenarnya pertanyaan untuk tes interview ini cukup sederhana saja. Bahkan pasti bisa kita jawab. Hanya saja, untuk menjawabnya cukup mampu membuat jantung berdetak. Mungkin karena jawabannya tidak terpikirkan sejak awal, atau mungkin juga karena takut salah menjawab. Salah menjawab bisa-bisa tidak lolos. Apalagi cara menjawabnya terkesan meragukan dan terlihat seperti mengarang. Untuk itulah dibuat artikel ini agar nantinya tahu bagaimana harus menjawab pertanyaannya dan memperkecil kesalahan ucap saat menjawab.

1. Perkenalkan Diri Anda!

Ini pertanyaan pembuka yang pasti akan dilakukan oleh manajemen perusahaan. Cukup mudah untuk dijawab. Kamu hanya perlu menjawabnya sesuai dengan apa yang ada pada dirimu. Tidak usah terlalu mendetail. Jawab dengan singkat, padat, dan juga jelas.

Misalnya : "Perkenalkan nama saya David Pras, kelahiran Kediri, 17 Agustus 1993, bertempat tinggal di Pesantren, Kediri. Saya anak pertama dari tiga bersaudara"

Cukup singkat, namun sudah padat berisi. Mulai dari identitas, tempat tinggal sampai hubungan keluarga.

2. Pernah mengikuti kegiatan apa saja ?

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh HRD. Biasanya diperjelas oleh mereka kegiatan di Sekolah, Rumah, atau kemasyarakatan. Jika tidak diperjelas silahkan jawab lengkap namun tidak sampai bertele-tele. Semisal :

"Di sekolah saya anggota aktif Paskibra, dan di masyarakat saya sekertaris Karang Taruna..."

3. Pengalaman apa yang kamu punya?

Lagi-lagi pertanyaan ambigu. Pengalaman apa yang diminta? Kebanyakan mereka memaksudkan untuk pengalaman kerja. Tapi ada juga yang mengharapkan pengalaman lainnya. Bisa kamu jawab :

"Sebelumnya saya sebagai Administrator di perusahaan finace. Juga pernah sebagai staff marketing di perusahaan transportasi..."

Bagaimana jika baru lulus dan belum punya pengalaman? Untuk alumni SMK bisa dijawab pernah PKL atau Prakerin dimana dan sebagai apa. Tapi untuk yang alumni SMA dan belum punya pengalaman, bisa dijawab :

"Saya fresh graduate dan belum pernah bekerja di manapun.."

4. Alasan kamu Resign?

Ini akan ditanyakan jika kamu memiliki pekerjaan sebelumnya. Silahkan jawab dengan jujur apa alasannya. Tapi jika alasan kamu karena memiliki masalah dengan karyawan lain atau perusahaan, maka siap-siap ditolak. Kamu bisa jawab seperti :

"Alasan saya resign dari perusahaan sebelumnya yakni karena penghasilan yang tidak mencukupi..."

Ingat !!! Jawab secara jujur.

5. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Pertanyaan ini digunakan untuk mengetahui seberapa paham pelamar tentang pekerjaan yang akan dikerjakan oleh calon karyawan. Sebaiknya kamu mencari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar terlebih dahulu, setidaknya semalam sebelum tes dilakukan.

Kamu hanya perlu menjawab "Yang saya ketahui tentang perusahan ini adalah....."

6. Apa Motivasi Kamu ingin Bekerja di Sini?

Ini pertanyaan inti. Pertanyaan ini pasti akan di ajukan oleh HRD atau Manager. Kebanyakan orang gagal pada pertanyaan ini. Silahkan jawab singkat dan jelas maksud kamu ingin bergabung ke perusahaan tersebut. Semisal :

"Motivasi saya yakni ingin membantu perekonomian orang tua dan keluarga..."

Tips !! Jangan cuma menjawab "mencari pengalaman", jawaban ini basi dan tidak akan dianggap serius oleh pihak perusahaan.

7. Berapa Gaji yang Kamu Harapkan?

Ini pertanyaan yang cukup bahaya. Sebab kita tidak tahu berapa gaji yang siap diberikan oleh perusahaan untuk karyawan baru. Selain itu, perusahaan juga belum mengetahui bagaimana hasil kerja kita. Sebaiknya kamu cari aman, dengan bersembunyi di balik UMR Kamu bisa menjawabnya :

"Saya mengharapkan gaji sesuai UMR yang berlaku."

Ini akan sangat aman dilakukan oleh fresh graduate. Atau jika kamu sudah berpengalaman di bidang yang dituju dan sudah memiliki portofolionya, kamu boleh meminta gaji berapa.

Setidaknya 7 Pertanyaan Tes Interview Kerja di atas akan diajukan oleh perwakilan perusahaan atau HRD. Semoga dengan contoh jawaban tes wawancara yang juga saya berikan di atas bisa membantu memperbesar peluang lolos tes dan bisa bekerja sesuai posisi yang diharapkan.
Djoe
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari Cloteh lewat email. GRATIS!