Ads 720 x 90

18 Agustus : Soekarno Jadi Presiden, Pengesahan UUD 1945, Hingga Pemadaman Listrik Terparah

Post a Comment
cloteh.com - sudah banyak yang mengetahui bahwa pada tanggal 17 Agustus ialah hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga banyak diadakan berbagai macam perlombaan dan acara-acara peringatan HUR RI ini. Bahkan bukan hanya sehari saja, terkadang peringatan dilakukan 2, 3, atau bahkan 1 minggu setelah hari proklamasi. Sehingga banyak yang tidak tahu dan tidak menyadari akan adanya peristiwa-peristiwa penting pasca diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia.

Termasuk salah satunya ialah satu hari setelah proklamasi dibacakan. Yakni pada tanggal 18 Agustus. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi pada hari itu. Sehingga mungkin perlu diketahui agar nantinya generasi penerus tidak sampai lupa pada sejarah yanh terjadi.
Peristiwa Penting pada pada 18 Agustus Lengkap
Peristiwa Penting pada 18 Agustus - cloteh.com
Sebagaimana dikatakan oleh Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia, bahwa jangan sekali-sekali melupakan sejarah, atau sering disebut JASMERAH. Untuk itulah berikut ini beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 18 Agustus.

18 Agustus : Ada Peristiwa Apa Saja?


1. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pertama di Indonesia

Tepat 1 hari setelah dibacakan teks proklamasi kemerdekaan, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta dipilih menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia pertama. Beliau dipilih secara aklamasi atau ditunjuk secara langsung, atas usulan dari Otto Iskandardinata.

2. Pembentukan Komite Nasional

Komite Nasional dibentuk guna membantu tugas presiden selama MPR dan DPR belum terbentuk.

3. Pengesahan Undang-Undang Dasar 1945

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Undang-Undang Dasar disahkan dan ditetapkan sebagai dasar hukum negara Indonesia. Sebelumnya, Dokuritsu Junbi Coosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) telah merancang undang-undang ini, yang kemudian disahkan pada 18 Agustus 1945. Yang pada akhirnya, lebih dinamai Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945)

Peristiwa Lain pada Tanggal 18 Agustus

Selain 3 Peristiwa Penting di atas, pada tanggal 18 Agustus juga banyak terjadi peristiwa penting. Baik sacara Internasional maupun Nasional.

Beberapa diantaranya :
  • 1868 = Penemuan Helium oleh Pierre Jules C├ęsar
  • 1877 = Asaph Hall menemukan Phobos, bulan terbesar pada Planet Mars.
  • 1940 = Pertempuran antar pesawat dari militer Inggris melawan Jerman.
  • 2005 = Pemadaman Listrik Terburuk di Indonesia. Pada peristiwa ini mengakibatkan listrik di Pulau Jawa dan Bali padam secara bersamaan.

Penutup

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 18 Agustus. Baik terjadi di Indonesia, atau terjadi di luar negeri. Semoga bisa membuka wawasan kita dan mampu membuat generasi Indonesia tidak lupa akan sejarah bangsanya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter