Ads 720 x 90

Blogger Update : Uji Coba Tampilan Baru, Rapi dan Responsive?

cloteh.com - Siapa di sini yang tidak kenal dengan Blogger? Blogger merupakan salah satu platform yang banyak dipakai untuk membuat halaman blog. Salah satunya ialah blog CLOTEH ini yang dibangun menggunakan platform blogger. Tapi tahukah kalian, bahwa akhir-akhir ini layanan Blogger mendapatkan jatah pembaruan dari Google? Kali ini platform blog ini mendapat pembaruan dari segi tampilannya. Penasaran bagaimana penampilannya dan bagaimana cara mengaktifkan tampilan Blogger versi terbaru? Silahkan simak ulasan singkat dibawah ini ya.

Sebelumnya saya ingin kasih tahu aja nih, buat yang belum tahu. Walaupun saya yakin 99% pembaca artikel ini pasti sudah sangat akrab dengan si Blogger ini. Jadi, Blogger ialah sebuah layanan di bawah naungan Google yang berfungsi sebagai alat bantu pembuat blog. Istilahnya disebut Blog Builder. Bukan hanya berupa blog builder, Blogger juga secara tidak langsung berfungsi sebagai Hosting atau tempan penyimpanan file. Walaupun sebenarnya file-file ini disimpan dalam akun Google Drive.

Sama seperti Blog Builder lainnya semisal Wordpress, Drupal, atau Joomla. Blogger menawarkan berbagai kemudahan akses maupun pengelolaan. Dimana untuk hak akses Blogger sendiri sudah terintegrasi dengan layanan Google Mail alias GMail. Sedangkan pengelolaannya, Blogger mempermudah penggunanya melalu tampilan halaman admin atau biasa disebut Dashboard yang sederhana. Dibandingkan sejenisnya, memang halaman panel Blogger yang paling sederhana dan mudah dimengerti.

BLOGGER PUNYA TAMPILAN BARU, LEBIH KEREN?

Inilah Tampilan Baru Blogger Update 2019
Tampilan Baru Blogger - Cloteh.com

Oke, kembali lagi ke topik artikel tadi. Yaitu tentang adanya pembaruan dari sisi tampilan Blogger. Memang selama ini, halaman panel Blogger terkesan itu-itu aja. Dan kalaupun ada pembaharuan tampilan tidaklah terlalu signifikan. Ditambah halaman panel ini tidak mampu menyesuaikan atau responsive terhadap perangkat telepon pintar.

Dimana tampilan antara melalui desktop dan mobile tidak memiliki perbedaan sama sekali. Terkadang, tampilan ini menjadi masalah tersendiri bagi pemiliki Blog yang me-manage blog mereka melalui smartphone. Terlebih ketika ingin mengetik artikel dibagian Postingan. Halaman editor yang menyerupai desktop dan tidak mampu menyesuaikan lebar perangkat, menjadikan user kesusahan dan harus Zoom-in Zoom-out layar HP mereka.

Nampaknya Blogger memperhatikan kesusahan itu. Kini mereka mulai mendesain ulang tampilan mereka agar semakin nyaman digunakan. Menjadikan tampilan yang rapi dan yang pasti haruslah mampu menyesuaikan layar perangkat yang dipakai pengguna agar tidak kesulitan.  Apakah tampilan baru Blogger ini responsive dan Rapi sesuai ekspetasi kita?

Sepertinya ekspetasi kita akan benar-benar diwujudkan oleh pihak Blogger. Hal ini diketahui dari adanya sebuah tombol untuk mencoba mencicipi tampilan Blogger yang baru. Ketika di klik maka kita akan diperlihatkan sebuah pop-up pemberitahuan bahwa pihak Blogger sedang mengembangkan secara bertahap tampilan Blogger yang bekerja baik pada perangkat selular.

CARA MENCOBA TAMPILAN BLOGGER YANG BARU

Perlu diingat, bahwa ini masih dalam tahap pengembangan dan masih dalam keaadaan UJI COBA. Jadi kalau masih banyak kesalahan tata letak atau desain tampilan yang kurang jangan berkomentar apalagi nyiyir dulu ya. Karena masih akan terus dikembangkan dan diperbaiki.

Oh iya, tombol untuk mencicipi tampilan baru ini tidak atau belum tersedia pada Blogger.com loh ya. Terus bagaimana caranya mengaktifkan tampilan baru?

Memang tombol beralih tampilan ini tidak tersedia secara langsung di blogger.com, melainkan pengguna harus menggunakan Draft Blogger untuk dapat mencobanya. Jadi sebelum mencicipinya, hal yang wajib dilakukan ialah merubah Blogger.com ke mode Draft Blogger

Cara Merubah Blogger.com ke Draft Blogger
Caranya sangat mudah dan cepat. Tidak perlu waktu 1 menit juga bisa langsung berubah kok. Silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini ya

  1. Masuk ke Halaman Panel Blogger (Dashboard),
  2. Pilih Menu Setelan,
  3. Pilih Sub-Menu Setelan Pengguna,
  4. Pilih opsi YA pada pilihan GUNAKAN DRAFT BLOGGER,
  5. Lalu Klik Simpan
Cara Beralih ke Draft Blogger Paling Mudah
Cara Beralih ke Draft Blogger

Jika sudah, maka kamu akan dialihkan ke Draft Blogger. Jika tidak kamu bisa refresh halaman tersebut atau bisa juga ketikkan alamatnya draft.blogger.com pada address bar browser kamu.

Selanjutnya ialah mengaktifkan tampilan Baru di Draft Blogger. Caranya ialah :
Perhatikan bagian menu samping dan lihat paling bawah. Kamu akan mendapati tombol oranye bertuliskan COBA BLOGGER BARU.

Untuk tampilan saat ini yang berubah masih pada menu STATISTIK, dan KOMENTAR saja. Selanjutnya masih terus dicoba dikembangkan oleh pihak Blogger.
Tampilan Halaman Statistik 

Tampilan Menu Blogger Terbaru

Kapan Tampilan Baru Blogger ini Diterapkan Keseluruhan?

Untuk masalah waktu peresmiannya, pihak Blogger juga belum berani memastikan kapan hal tersebut dilakukan. Yang pasti, pembaruan tampilan tersebut akan diterapkan secara menyeluruh dalam bebedapa bulan ke depan. Jadi sabarlah menunggu.

PENUTUP

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakaj nantinya tampilannya makin keren? Atau makin rapi? Hehe.. silahkan berekspetasi dulu ya selama tim Blogger mengerjakan desain panelnya.

Saya itu dulu pembahasan singkat mengenai tampilan Baru blogger.com yang di uji coba pada pengguna Draft blogger. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter