Ads 720 x 90

Serius, Negara Maju Mulai Ajarkan Koding Pada Anak-Anak

cloteh.com - Coding adalah sebuah akivitas melakukan penyusunan struktur bahasa pemograman yang dilakukan oleh seseorang, orang yang melakukan coding atau pemograman juga biasa disebut progammer. seorang progammer menulis kode kode di dalam komputer, yang bertujuan memerintah sebuah mesin komputer untuk melakukan perintah yang diberikan seorang progammer.

Kode kode yang ditulis harus menggunakan sebuah bahasa pemograman komputer, agar dapat dimengerti oleh mesin komputer, karena sebuah komputer tidak akan mengerti jika kita memerintahnya menggunakan bahasa kita sehari hari. oleh karena itu kita diharuskan mempelajari bahasa pemograman.

Sebenarnya bahasa pemograman dulu sekitaran tahun 90 an sangat aulit dimengerti, bahasanya hanya menggunakan angka 0 1 saja, sangat sulit bagi orang awam dalam permesinan untuk memahaminya, hanya seorang teknisi mesin komputer yang mengerti bahasa tersebut. Tetapi seiring berjalanya waktu ke waktu diciptakanya bahasa pemograman yang mendekati bahasa manusia seperti java python c++ dan masih banyak lainya. bahasa pemograman ini biasa disebut dengan bahasa pemograman tingkat atas karena hampir mendekati bahasa manusia itu tadi, dan bahasa pemograman ini juga disebut bahasa generasi keempat.

Anak-anak Mulai di Ajarkan Koding Program
Coding for Kid | Ilustrasi : Cloteh.com

Saat ini juga diciptakan bahasa pemograman generasi kelima yang akan digunakan untuk membuat kecerdasan buatan atau biasa disebut AI. Contohnya seperti Prolog dan LISP. generasi kelima ini biasanya memprogram suatu robot atau sejenisnya untuk menggantikan peran manusia sebagai pekerja, tidak menutup kemungkinan mungkin 10 sampai 30 tahun kedepan banyak robot bermunculan yang menggantikan peran manusia.

Pengaruh Pemrograman bagi Perkembangan Teknologi

Bahasa pemograman saat ini sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan tekhnologi, seperti kita lihat misal website, aplikasi (Gojek, Whatsapp, tokopesia, bukalapak), game, dan banyak lainya yang menggunakan pemograman untuk menciptakanya.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Eror!

Dan pemograman saat ini mulai banyak dipelajari di kalangan anak anak, di negara negara maju, misalnya seperti amerika inggris dan china, mereka mulai menganggarkan dana cukup besar untuk menginvestasikan dananya untuk mulai memberikan pelajaran coding dimulai di usia dini demi masa depan negara mereka, dan seharusnya indonesia juga mengikuti hal tersebut.

jika tidak, bisa dipastikan untuk beberapa tahun kedepan sumber daya manusia kita akan kalah saing dengan negara lainya. Dan hal itu jelas bisa dipastikan.

Untuk mempelajari coding sebenarnya sulit dan juga agak mudah, tetapi tidak sesulit yang anda bayangkan. Untuk mempelajarinya kamu disarankan mempelajari bahasa inggris, karena sebagian besar bahasa pemograman menggunakan bahasa inggris, dan kamu juga harus mempelajari matematika, karena dalam pemograman kamu diharuskan untuk memecahkan sebuah masalah, kemudian algoritma, algoritma merupakan logika yang kita gunakan untuk menyusun sebuah kode kode dalam komputer, agar tersusun langkah langkah yang kita ingin tuju nanti. Algoritma sendiri dapat kita pelajari dengan membiasakan hal hal yang mudah, misal membuat kue, untuk membuat kue dibutuhkan apa saja didalamnya dan langkah langkah apa saja yang digunakan, dan kamu juga bisa bermain catur atau bermain kartu remi untuk mengasahnya.

Coding Pemrograman
Coding Program | Sumber : Unsplash

Anak-Anak Lebih Mudah Mempelajari Koding

Anak anak yang mempelajari pemograman akan mudah sekali untuk menguasainya dibanding orang dewasa yang mulai mempelajarinya. Oleh sebab itu sebaiknya pemerintah indonesia segera membuat keputusan agar diberikanya pelajaran coding di sekolah sekolah, agar nanti kedepanya kita bosa bersaing dibidang tekhnologi, sehingga kita sebagai warga indonesia tidak hanya sebagai konsumen produk produk mereka.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan semoga memberikan manfaat untuk kamu, dan jangan lupa kunjungi situs kualitas jos untuk info menarik lainya, terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter