Ads 720 x 90

7 Tips dan Cara Memandikan Kucing Anggora yang Takut Air

cloteh.com - Sudah bukan rahasia umum lagi jika kucing sangat takut dengan air. Tak terkecuali dengan kucing anggora. Selain karena tidak mau kedinginan, kucing anggora juga tidak menyukai sesuatu yang basah dan lembab. Hal itulah yang menyebabkan jenis kucing ini tidak suka dimandikan, bahkan cenderung takut air. Sehingga dibutuhkan trik khusus bagaimana cara memandikan kucing anggora.

Sebenarnya kucing memiliki fitrah untuk membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Caranya yaitu dengan menjilati bulunya sendiri menggunakan lidah kasarnya. Akan tetapi cara ini bisa dibilang kurang efektif,

karena self grooming tidak dapat mengangkat kotoran yang membandel. Terlebih lagi bulu anggora sangat tebal sehingga membutuhkan bantuan owner untuk menghilangkan kotoran tersebut.

Memandikan Kucing | Sumber : Google Image

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk memandikan kucing anggora dimulai sejak ia masih kecil sekitar 2 bulan sampai 3 bulan. Supaya ia terbiasa kelak saat dewasa, jika sudah terlambat kucing dewasa sangat susah untuk dimandikan karena takut dengan air.

Nah, berikut ini Sudut Hewan ulas mengenai caranya memandikan kucing ras anggora yang takut dengan air. Simak yuk!

CARA MEMANDIKAN KUCING ANGGORA

1. Potong Kuku Kucing

Usahakan untuk memotong kuku kucing anggora kamu sebelum memandikanya. Hal ini untuk menghindari agar kamu tidak terkena cakarannya ketika berontak saat dimandikan. Potong kuku kucing secukupnya saja, meskipun memandikan kucing yang galak memang menyeramkan apa lagi jika mereka mulai mencakar. Namun, kuku pada kucing tetap di perlukan untuk pertahanan diri mereka.

2. Memandikan di waktu yang Tepat

Ini merupakan langkah paling penting agar kucing anggora yang takut air tidak berontak saat dimandikan. Memandikan kucing harus di waktu yang tepat, misalnya jika kucing anda terlihat sangat kotor dan berkutu maka segeralah mandikan. Namun umumnya kucing dimandikan satu minggu sekali. Jadin jangan terlalu sering memandikan si kucing juga ya!

3. Sikat Bulunya dengan Lembut

Cara memandikan kucing anggora yang takut air berikutnya yaitu dengan menyikat bulunya dengan lembut. Namun, banyak diantara catlovers yang salah cara menyikat bulunya, sehingga kucing anggora menjadi berontak dan berubah galak dalam sekejap. Jika sudah demikian maka kamu pun bisa menjadi sasaran cakarannya.

Gosok bulu kucing dengan sikat secara perlahan dan hati-hati. Jangan terburu buru karena dapat melukai si kucing.

4. Jangan Sampai Mengenai Telinga

Saat memandikan kucing usahakan jangan sampai mengenai telinga kucing, biasanya saat membilas bahkan memberi sampo sangat rentan mengenai telinga. Itu akan membuat kucing menjadi galak karena sudah terbukti jika kucing sangat tidak suka ada air apalagi sampai masuk ke telinganya.

5. Gunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing jenis anggora yang takut air berikutnya yaitu dengan dimandikan menggunakan air hangat. Kucing biasanya akan menurut jika dimandikan menggunakan air hangat, ia malah tidak akan memberontak sama sekali. Siram dengan perlahan dan usap-usap si kucing agar ia lebih tenang.

6. Gunakan Shampoo Khusus

Seperti manusia yang mempunyai sampo khusus, kucing juga mempunyai sampo khusus yang di desain khusus digunakan untuk kucing. Anda dapat memijat kucing sambil mengusapkan sampo pada tubuhnya. Tapi ingat, jangan sampai mengenai telinga, mata dan mulut. Bahkan jangan sampai mengenai hidung karena dapat membuat kucing bersin.

7. Pakaikan handuk yang Lembut

Nah setelah selesai mandi, maka untuk mengeringkan kucing, usahakan dengan menggunakan handuk yang lembut. Handuk yang kasar dapat melukai kucing dan membuat kucing memberontak. Sedangkan untuk mengeringkan bulu-bulunya, bisa dibantu dengan blower atau pengering rambut. Setelah itu kamu dapat menjemur kucing dibawah sinar matahari.

Nah, itulah cara memandikan kucing anggora yang takut air. Selamat mencoba.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter