5 Hobi ini Bisa Jadi Bisnis yang Menguntungkan, Prospek Cerah! - Cloteh



5 Hobi ini Bisa Jadi Bisnis yang Menguntungkan, Prospek Cerah!

- January 27, 2020
Daftar Hobi Berpotensi Jadi Bisnis Yang Menguntungkan, Prospek Cerah - Sebelumnya saya pernah mengulas tentang usaha-usaha kecil yang bisa dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa. Dan dari artikel tersebut, ada beberapa teman yang mengirimkan pesan pribadi ke akun Facebook dan WhatsApp saya. Kata mereka, mereka mencoba beberapa pekerjaan yang saya sebutkan di artikel saya dan keuntungannya sudah berkali-kali lipat dari modal.

Selain berani mencoba dan trial eror, mereka mengatakan bahwa mereka menjalani usaha mereka ini sebagai hobi mereka. Mungkin hobi baru mereka kali ya. Sebab teman-teman saya ini ada yang sebelumnya tidak suka memasak, tapi setelah memulai usaha catering dan mendapatkan profit, ia jadi hobi dengan kegiatan memasak.
Hobi jadi bisnis menguntungkan

Memang, jika hobi dijadikan profesi, maka akan sangat seru dan terasa mudah dalam menjalaninya. Sehingga tidak akan merasa dipaksa ataupun tertekan terhadap pekerjaan. Walhasil, pekerjaan menjadi tuntas dan hasilnya membuat pelanggan atau pemneli puas.

DAFTAR HOBI YANG PROSPEK JADI USAHA MENGUNTUNGKAN

Nah, sekarang apa hobi kamu? Apakah hobimu itu sudah bisa menghasilkan lembaran rupiah? Jika belum, mungkin kamu bisa mencoba hobi-hobi baru yang bisa memberimu lembaran rupiah yang tidak sedikit.

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa hobi yang tentunya bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Apa saja hobi yang berpotensi menghasilkan tersebut? Berikut daftar lengkapnya :

1. Hobi Menulis

Hobi yang pertama saya sebut ialah menulis. Mengapa? Karena potensi dari hobi ini sangat besar. Jika kamu memang hobi membuat tulisan, baik tangan maupun ketikan, maka kamu sudah saatnya mulai mengembangkan sayap untuk menjadikannya profesi.

Memangnya usaha apa yang bisa dilakukan oleh seorang penulis? Untuk cakupan target pasar penulis ini cukup luas. Kamu bisa mencoba mentarget pasar Internet (Online), maupun secara nyata (Offline). Untuk pasar Online, kamu perlu penguasaan teknik dasar SEO, Copywriting, dan 1

Di Internet, jasa penulisan cukup dicari. Beberapa dari pembeli memanfaatkan jasa penulis untuk kebutuhan konten web, promosi produk (copywriting), atau mungkin juga untuk dijual kembali. Sedangkan dalam dunia nyata alias offline, kamu bisa mentarget mereka para pelajar atau mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengetik tugas makalah. Ya, kamu tinggal minta saja ke mereka artikel mana yang akan diketik atau mungkin buku catatan mana yang akan dijadikan file document.
Bisnis dari Hobi menulis
Bisnis dari Hobi Menulis

Berapakah bayaran untuk pekerjaan dari hobi menulis ini? Nominalnya tidak tentu. Dari kebanyakan jasa penulisan yang saya temui, mereka menjualnya berdasar jumlah kata. Dengan 100 katanya dipatok 1000 rupiah. Atau jika jasa pengetikan offline biasanya dihitung per lembarnya. Setidaknya 2000 sampai 3000 per lembar sudah termasuk kertas printnya.

Selain dua peluang yang saya sebut di atas, kamu juga bisa memanfaatkan hobi menulismu dengan menjadi penulis di beberapa media online maupun cetak. Biasanya harga yang ditawarkan ialah per artikel yang berhasil di publikasi. Untuk info lengkap mengenai opsi ini akan saya posting di selanjutnya.

2. Hobi Memasak

Seperti yang saya ceritakan di awal. Hobi memasak ternyata sangat prospek jika dijadikan profesi. Di zaman now, generasi muda selalu berfikir instan. Termasuk masalah perut. Mereka menginginkan sesuatu yang bisa mereka nikmati untuk mengganjal perut tanpa harus ribet memasak.

Ada beberapa opsi untuk usaha masakan. Yaitu, kamu bisa membuka katering nasi kotak, usaha makanan dengan gerobak, atau bisa juga dengan membuka warung makanan. Semua kembali ke modal yang tersedia dan juga skill memasak yang dimiliki.

Untuk katering nasi kotak, bisa mematok harga berdasarkan isi dari kotak tersebut. Untuk sekotak nasi dengan lauk ayam bakar atau goreng, sambal, dan juga lalapan bisa kamu patok harga sekitar 8000 rupiah perkotaknya. Selain itu kamu juga bisa mematok minimal pemesanan 1 lusin atau berapa pun.

Sedangkan untuk berjualan dengan gerobak alias kaki lima, kamu mungkin bisa menerapkan konsep Food Container atau mungkin juga Food Truck. Lagi-lagi semua tergantung modal yang berani kamu keluarkan. Serta untuk membuka warung makan, saya sarankan mengambil konsep jaman now yang mengedepankan desain interior yang instagramable.

Jika kamu memilih untuk membuka warung makanan. Maka akan sangat saya sarankan untuk memiliki kasir. Tentunya kasir yang bisa membantu kamu mengembangkan usaha, bukan sekedar membantu menjalankannya. Dan saya sangat rekomendasikan kamu untuk mencoba sebuah software Poin of Sale (POS) dari Pawoon. Ada banyak keuntungan dari software ini, salah satunya ialah software akan memberikan banyak data terkait penjualanmu yang nantinya bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan usaha kamu supaya semakin sukses.

3. Hobi Fotografi dan Videografi

Hobi selanjutnya yang bagus untuk dijadikan profesi ialah dalam hal Grafis. Yakni menjadi fotografer dan juga videografer. Tentunya kamu harus menguasai beberapa skill dalam bidang ini.

Untuk peluangnya sendiri sangat terbuka lebar. Kamu bisa menjual hasil jepretan kamu di marketplace foto dan video, atau bahasa lainnya Microstock. Beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk hal ini ialah Shutterstock, AdobeStock, dan juga 123rf.

Selain skill fotografi dan juga videografi, skill editing mungkin juga perlu kamu tambahkan ke dalam kemampuanmu. Sebab ini adalah bumbu dari foto-fotomu agar sedap untuk dibeli oleh para buyer.

4. Desain Grafis

Yang satu ini adalah hobi anak-anak DKV atau mungkin Multi Media. Ya, desain grafis menjadi hobi yang bisa diuangkan. Bagaimana tidak? Coba lihatlah barang-barang di sekitar kita. Ada berapa banyak gambar yang menghiasi kemasan-kemasan makanan, motif baju, sablon kaos, hingga gambar pada banner tidak lepas dari campur tangan para desainer.

Hanya saja, untuk mengubah hobi desain ini menjadi lembaran uang, dibutuhkan skill yang mumpuni. Untuk yang masih merasa kemampuan desainnya masih dasar bisa diolah lagi.

Selain menjadi influencer atau pekerja lepas dalam bidang desain, kamu juga bisa jual karyamu berupa vecktor di microstock yang disebutkan di poin sebelumnya. Untuk harganyapun juga gak sembarangan. Untuk sebuah desain vector branding bisa dihargai mulai 150.000 per desain.

5. Bermain Game

Siapa sangka, kegiatan yang sering kali dianggap tidak ada gunanya oleh banyak orang tua ini ternyata justru bisa menghasilkan uang juga loh. Ya, permainan olahraga elektronik, atau E-Sport kini sedang ramai di perbincangkan. Karena sebuah permainan gadget dijadikan cabang olahraga  pada pesta olahraga se Asia.

Sejak itu, banyak anak muda yang hobi bermain game menjadi lebih semangat lagi bermainnya. Bagaimana tidak, begitu banyak kompetisi E-Sport yang diselenggarakan di daerah-daerah. Bahkan tingkat nasional juga rutin digelar. Hadiahnya juga tidak main-main, paling sedikit 1.000.000 per timnya. Biasanya dibagi 5 orang. Ya lumayan lah ya 200.000 per orang hanya dari bermain game.

Itulah daftar Hobi yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan dan juga memiliki prospek cerah di masa depan. Kembali lagi kepada berapa modal yang berani dikeluarkan dan seberapa menguasai skill yang dihobikan tersebut.
Advertisement

Bagaimana Pendapatmu tentang pembahasan artikel di atas? Yuk komentarin di sini!
EmoticonEmoticon

 

Tulis Sesuatu lalu Tekan Enter