FAQ Tentang Deposit Indihome : Apa dan Mengapa? - Cloteh



FAQ Tentang Deposit Indihome : Apa dan Mengapa?

- January 12, 2020
cloteh.com - Apakah kalian sudah mengetahui tentang Deposit Indihome? Akhir-akhir ini, salah satu ISP (Internet Service Provider) milik BUMN, Indihome Telkom, memberlakukan kebijakan baru. Kebijakan ini tertuju untuk calon pengguna atau pelanggan baru. Kebijakan ini ialah Deposit di awal pemasangan.

Jika sebelumnya, calon pelanggan baru yang ingin memasangan wifi di rumahnya hanya perlu mendaftar dan menunggu pemasangan, serta biaya pemasangan dibayarkan bulan selanjutnya saat bayar tagihan bulanan pertama. Tapi dengan diberlakukannya deposit ini, maka calon pelanggan harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Uang ini disebut uang Deposit atau secara gamblang disebut uang jaminan.

Tanya Jawab tentang Deposit Indihome

Lalu apa itu Deposit Indihome dan Untuk Apa? Pada artikel kali ini, saya ingin mengulas mengenai kebijakan baru yang dikeluarkan pihak PT. Telekomunikasi Indonesia tersebut. Artikel ini saya buat karena banyak sekali yang bertanya masalah deposit ini. Mulai dari teman-teman hingga calon pelanggan Indihome. Ya, kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan yang bermitra dengan Telkom.

APA ITU DEPOSIT TELKOM INDIHOME DAN APA GUNANYA?

Artikel kali ini saya buat dengan model Frequently Asked Question (FAQ) atau berisi pertanyaan-pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh calon pelanggan. Semoga membantu pertanyaan kalian mengenai kebijakan Deposit Indihome ini.

Apa itu Deposit Indihome?

Deposit Indihome ialah sejumlah uang yang harus dibayarkan di awal pemasangan. Uang ini akan disimpan dan digunakan nantinya jika sewaktu-waktu pelanggan menunggak atau telat membayar tagihan bulanan.

Kenapa Harus Melakukan Deposit Indihome?

Sebagai jaminan bahwa pelanggan serius berlangganan dengan Indihome.

Opini: Sebab sering saya temui banyak kasus pelanggan hanya berlanggan di awal bulan, saat waktu pembayaran pertama tidak dilakukan pembayaran sehingga akses internet terisolir dan tidak melanjutkan langganan.

Berapa Jumlah Pembayaran untuk Deposit Indihome?

Jumlah yang harus dibayarkan oleh calon pelanggan ialah seharga satu abonemen bulan paket yang dipilih.

Misal: kita ingin mengajukan pemasangan Indihome Streamix 10 MBPS seharga Rp 320.000 (belum termasuk ppn 10%), maka jumlah deposit yang harus kita bayar ya harha bulanan tersebut, yakni Rp 320.000 (tanpa ppn).

Apakah Deposit Dikenai Pajak (PPN)?

Tidak, hanya membayar abonemen saja. (Kecuali jika membayar melalui Gerai Alfamart, Pos, atau Pegadaian, biasanya akan dikenai biaya jasa administrasi oleh pihak gerai).

Dimana Bisa Membayar Deposit?

Deposit Indihome bisa dibayarkan melalui beberapa metode, yakni:
  • Transfer All Bank,
  • Alfamart,
  • Kantor Pos,
  • Kantor Pegadaian,
  • Virtual Account (BNI, Mandiri, BCA),
  • Credit Card

Bagaimana Cara Membayar Deposit Indihome?

Deposit bisa dibayarkan melalui media yang disebutkan di atas. Caranya, nanti ketika kita sudah melakukan order dan sudah ter-input di system, kita akan mendapat notifikasi melalui E-Mail dan WhatsApp mengenai metode pembayaran dan nomor pembayaran (Maka gunakan Email dan Nomor WhatsApp aktif saat order Indihome). Setelah itu kita tinggal melakukan transfer atau datang ke gerai Alfamart, Pos, atau Pegadaian dengan menyebutkan nomor Pembayaran yang terdapat pada notifikasi kepada kasir, teler, atau petugas yang ada.

Jangan lupa simpan bukti pembayaran, sebagai bukti bahwa sudah melakukan deposit!

Berapa Lama Waktu untuk Pembayaran Deposit?

Waktu yang diberikan untuk membayar deposit ialah 3x24 jam sejak menerima notifikasi atau nomor pembayaran.

Bagaimana Jika Telat Membayar Deposit Indihome?

Jika dalam 3x24 jam tidak dilakukan pembayaran, maka link pembayaran akan kadaluarsa dan order otomatis terbatalkan (cancel).

Saran : Jika terbatalkan oleh sistem karena lupa membayar, maka bisa melakuka order kembali dan ketika menerima notifikasi maka lakukan pembayaran sesegera mungkin.

Kapan Uang Deposit Terpakai?

Deposit Indihome merupakan sistem penyimpanan uang jaminan. Dimana uang ini akan digunakan jika pelangga telat melakukan pembayaran tagihan. Sehingga tidak terjadi tunggakan dan tidak terisolir akswa internetnya.

Apakah Deposit Indihome bisa Di-Klaim?

Bisa. Uang deposit bisa diklaim jika berhenti berlangganan tanpa ada tunggakan tagihan.

Apakah Uang Deposit bisa Dikembalikan?

Bisa, uang deposit akan dikembalikan ketika :
  • Setelah 12 Bulan Berlangganan IndiHome
  • Pelanggan mengajukan Cabut Langganan dengan menyelesaikan semua tunggakan
  • Pelanggan sudah membayar deposit, tetapi tidak kunjung dipasang layanan wifi dalam 14 hari setelah pemasangan

Saya rasa itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pelanggan (Calang) mengenai Deposit Indihome. Jika mungkin ada pertanyaan kalian yang belum terjawab bisa tanyakan melalui kolom komentar. Saya akan jawab jika memang bisa saya Jawab.
Advertisement

Bagaimana Pendapatmu tentang pembahasan artikel di atas? Yuk komentarin di sini!
EmoticonEmoticon

 

Tulis Sesuatu lalu Tekan Enter