Saatnya Kita Ulurkan Tangan untuk Saudara di Pedalaman Indonesia

Halo pembaca, kali ini saya ingin ber-CLOTEH mengenai pembangunan di negara kita tercinta, Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan luas wilayah terbesar ke-13 di dunia. Selain itu, Indonesia juga termasuk negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Bukan cuma itu, di negara luar kita juga dikenal sebagai paru-parunya dunia. Hal ini karena hutan di Indonesia yang cukup luas dan terjaga, yang mana hutan dengan berbagai pohon yang tumbuh menyumbang cukup banyak oksigen untuk dihirup manusia. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Diperkirakan angkanya hampir mencapai 300 juta jiwa. Angka yang cukup untuk membuat kita mengucap kata "WOW". Dibalik kebanggan akan berbagai kelebihan yang negeri kita miliki ini, tentu ada upaya untuk terus membangun berbagai fasilitas dan kualitas masyarakat di Nusantara.

Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk terus bisa menjangkau seluruh lini masyarakat di Indonesia. Namun, masih tetap ada kelompok-kelompok warga yang mungkin belum terjamah oleh pemerintah. Kelompok warga pedalaman menjadi fokus tersendiri. Pasalnya ketertinggalan teknologi, ketidakcukupan ekonomi, dan keterbatasan akses infrastruktur menjadikan mereka harus bersusah payah dalam kekurangan untuk bisa bertahan hidup, walau untuk sehari kedepan.

Kita sebagai sesama warga negara wajib hukumnya untuk untuk saling membantu. Bukan hanya membantu warga sekitar, tapi juga warga pedalaman. Kita perlu menanggalkan identitas suku, ras, atau bahkan agama demi membantu mereka. Sebab bagi mereka, kepedulian kita adalah harapan baru untuk mereka bertahan hidup lebih lama. Namun, berbagai halangan mungkin akan menjadi alasan kita untuk kesusahan mengakses kehidupan warga pedalaman.

Beruntung, di Indonesia mulai banyak kelompok organisasi berbasis sosial yang dengan senang hati membantu kita untuk menyalurkan kepedulian kita kepada mereka yang membutuhkan, termasuk warga pedalaman. Salah satu organisasi ini bernama Insan Bumi Mandiri. Sebuah organisasi yang berfokus untuk memajukan dan membangun pedalaman di Indonesia, khususnya bagian timur Nusantara.

Organisasi inilah yang akan membantu kita mengulurkan tangan hingga menjamah masyarakat pedalaman. Organisasi yang didirikan pada 4 tahun silam ini masih tetap konsisten menyalurkan bantuan dari para donatur untuk saudara-saudara di pelosok rimbanya hutan. Hingga kini, sudah banyak permasalahan-permasalahan di pedalaman yang mereka bantu atasi, terkhusus masalah pangan dan juga sandang.

BERBAGI KEBAIKAN UNTUK WARGA PEDALAMAN BERSAMA INSAN BUMI MANDIRI


Selama 4 tahun ini, banyak sekali aksi nyata kebaikan yang berhasil di salurkan oleh Insan Bumi Mandiri. Beberapa diantaranya adalah berikut ini.

MENYALURKAN HAMPIR 1500 QURBAN UNTUK PEDALAMAN

Tepatnya ialah 1.495 qurban berhasil disalurkan dari tangan donatur kepada saudara di pedalaman. Dalam aksi ini, qurban dibagikan ke berbagai pedalaman. Lebih tepatnya di 3 provinsi, yakni Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan juga Sumatera Selatan.
Menyalurkan 1500 Daging Qurban
Senyum Penerima Daging Qurban | Dokumen : Insan Bumi Mandiri

Tidak mudah untuk menjangkau mereka, namun demi sampainya daging qurban ini ke mereka, maka tim Insan Bumi Mandiri harus melakukannya. Menyeberangi laut, melewati jalanan terjal bahkan becek. Kita ketahui bersama, bahwa pedalaman masih kurang terjangkau oleh transportasi.

Senyum gembira terlukis setelah daging qurban diterima oleh warga pedalaman. Mereka hampir tidak pernah memakan lesatnya daging qurban, tapi kini mereka bisa merasakannya.

RENOVASI RUMAH RAMADIN YANG TINGGAL BERSAMA KAMBING

Ramadin, anak yatim yang malang ini memang tidur bersama dengan kambingnya. Hal ini karena kecilnya rumah yang mungkin bisa dibilang tidak layak. Namun berkat bantuan donatur yang disalurkan oleh Insan Bumi Mandiri, rumahnya direnovasi dan kini layak untuk dihuni.

Fondasi serta atapnya kini telah terbangun, dinding dan lantai keramik juga sudah terpasang. Selain dibantu dalam hal bangunan, Ramadin juga menerima berbagai bantuan berupa kebutuhan pangan dan sandangan untuk mengurangi beban hidupnya.

MEMBANGUN SATU-SATUNYA MASJID DI PELOSOK SUMSEL

Ya, kalian tidak salah baca. Ini adalah masjid di dusun VI, desa Jamburejo, Kab. Musi, Sumatera Selatan. Ini adalah sarana ibadah satu-satunya umat muslim di sana. Namun sayang, pada akhir bulan April 2018 lalu, si Jago Merah melahap semua bagian masjid ini. Yang tersisa hanyalah puing-puing arang kerangka bangunan suci ini.

Berkat bantuan masif dari para donatur, Alhamdulillah masjid ini bisa kembali berdiri dengan begitu gagah dan megah. Masyarakat di sana mebgaku bahagia dan kerinduan mereka untuk shalat berjamaah di masjid bisa terpenuhi.

BERBAGAI BANTUAN UNTUK SAUDARA DI NUSA TENGGARA

Nusa Tenggara memang menjadi fokus tersendiri bagi organisasi ini. Pasalnya masih banyak sekali masyarakat di sana yang hidup jauh dari kata cukup. Untuk itulah berbagai bantuan disalurkan di wilayah ini agar bisa bersaing dengan wilayah lainnya.

Air bersih menjadi masalah paling umum di NTT. Jangankan air yang bersih, ada air yang mengalir saja mereka sudah cukup bersyukur. Untuk itulah Insan Bumi Mandiri mencoba untuk mewujudkan harapan mereka. Berkat bantuan para donatur, kini sedikit demi sedikit masalah teratasi.

Seperti masalah air di Wae Tulu, Manggarai Barat. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus bersusah payah membawa timba dari sumber mata air ke rumah. Tapi kini, air sumber tersebut sudah bisa dialirkan melalui pipa menuju bak penampungan yang telah selesai dibangun. Relawan berkolaborasi dengan masyarakat untuk membangun dua bak penampungan air ini. Mereka bergotong royong membawa material dan membangun penuh suka cita.
Penemuan Titik Air di NTT
Penemuan Titik Air di NTT | Dokumen : Insan Bumi Mandiri

Begitu juga di desa Bileon, kecamatan Fautmolo, kabupaten Timor Tengah Selatan. Untum mendapatkan air, perlu berjalan hingga dua kilometer jauhnya. Ini dilakukan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Berkat bantuan dari donatur pula, Insan Bumi Mandiri menghadirkan ahli Geolitika untuk mendeteksi lokasi yang dapat dijadikan sebagai pengeboran sumur. Hal ini karena sebagian besar wilayah di sana susah untuk ditemukan titik air. Berkat aksi ini, sumur berhasil dibor dan air bersih bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

Dalam hal kesehatan, Insan Bumi Mandiri juga berhasil membantu banyak masalah di berbagai wilayah NTT. Salah satunya ialah membangun perahu Ambulans, dimana perahu ini dimanfaatkan untuk mengantar warga di pulau Longos, NTT, untuk ke Rumah Sakit di pulau seberangnya.

Itulah sedikit dari sekian banyaknya kebaikan yang berhasil disalurkan oleh organisasi sosial ini. Dengan menjadi donatur di Insan Bumi Mandiri kita bisa menjadi Sahabat Pedalaman yang aktif memberikan aksi nyata kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk caranya dan apa saja aksi yang akan dilakukan bisa di tengok pada web resminya langsung.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter