Ads 720 x 90

5+ Aplikasi Teleconference Terbaik untuk Rapat Online dan Sekolah #Dirumahaja

cloteh.com - Setelah pemerintah Indonesia memberlakukan Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH) sebagai dampak dari pandemi Covid19, penggunaan berbagai aplikasi Teleconference meningkat tajam. Hal ini karena siswa dan pegawai yang bekerja dan belajar di rumah, dituntut untuk tetap menjalani aktifitas pekerjaan sebagai mana biasanya. Sehingga untuk menjalani rapat dan juga kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara online. Maka aplikasi teleconference atau konferensi jarak jauh menjadi salah satu medianya.

Teleconference merupakan aplikasi yang menawarkan fitur semacam panggilan video (video call). Jika video call hanya bisa dilakukan 2 orang secara lurus (straight) maka Video Telenference memiliki jumlah peserta lebih dari dua (multiple). Sehingga kita bisa mengobrol dengan peserta lainnya dalam waktu bersamaan dan diketahui peserta lainnya.

Saat ini ada banyak aplikasi yang menawarkan konversi jarak jauh. Mulai dari aplikasi yang sudah dari awal menawarkan teleconference hingga aplikasi yang baru menambahkan fitur ini agar tidak ketinggalan. Berikut ini adalah 5 rekomendasi aplikasi teleconference terbaik untuk rapat online dan belajar dari rumah.

Aplikasi Teleconference Video Call Terbaik

Aplikasi Teleconference Terbaik untuk Rapat dan Belajar Mengajar


1. Zoom

Zoom adalah satu aplikasi terbaik yang menawarkan fitur rapat online. Alasan terkuat yang menjadikan Zoom menjadi aplikasi terbaik untuk konferensi jarak jauh ialah penggunaan bandwith yang rendah. Zoom hanya membutuhkan 700 kbps bandwith.

Hasil ini berdasarkan uji yang dilakukan oleh Provider 3 (Tri) Indonesia. Pengujian ini dilakukan tidak hanya pada aplikasi Zoom melainkan juga kepada 3 aplikasi lainnya sejenis. Dan didapati Zoom dengan bandwith yang rendah sehingga disimpulkan Zoom merupakan yang terbaik.

Sebagai informasi, aplikasi ini mampu menampung peserta hingga 100 peserta. Hanya saja pada suatu sesi tertentu, Zoom membatasi kegiatan teleconference hingga 40 menit saja.

2. Skype

Aplikasi selanjutnya ialah Skype. Ya, dari dulu aplikasi ini memang menawarkan fitur teleconference. Walaupun menawarkan fitur ini sejak lama, tapi kualitas video yang dihasilkan tetap terbaik. Bahkan penggunaan bandwithnya juga cukup rendah.

Skype sendiri menjajaki peringkat ke-2 setelah Zoom berdasarkan uji bandwith. Skype membutuhkan bandwith sekitar 977 kbps untuk menampilkan video converence dengan kualitas baik.

3. Hangouts

Aplikasi besutan google ini awalnya berupa chatting. Layaknya WhatsApp. Namun ternyata ada fitur yang jarang diketahui penggunanya, yakni video call dan teleconference. Fitur ini dinamai Hangouts Meets.

 Sayangnya bandwith yang dibutuhkan oleh aplikasi ini masih cukup besar, yakni sekitar 1100 kbps atau sekitar 1 Mbps. Hal ini membuat Hangout menjajaki peringkat ke 3 dari hasil pengujian Tri indonesia.

4. Webex Cisco

Aplikasi besutan Cisco ini juga merupakan salah satu aplikasi yang diuji oleh Tri. Hasilnya aplikasi membutuhkan bandwith sekitar 1700 kbps atau lebih dari 1 Mbps.

Aplikasi ini berada pada Rating terbawah berdasarkan pengujian dari Tri Indonesia. Walaupun demikian, Webex tetap menjadi aplikasi dengan hasil terbaik teleconference.

Bandwith Aplikasi Teleconference Meeting Terbaik
Hasil Bandwith Tes oleh 3 (tri) Indonesia

5. Google Duo

Aplikasi ini serupa dengan Hangouts. Google duo menawarkan fitur Video Call grup pada tahun 2019 lalu. Hanya saja penggunaannya terbatas pada 4 partisipan saja.

Kabar baiknya, Google Duo dapat dihubungkan ke Google Allo dan dapat dijalankan pada web desktop. Sedangkan masalah bandwith masih belum teruji. Yang jelas aplikasi ini bekerja cukup baik untuk teleconference.

6. WhatsApp

Siapa sangka aplikasi chat dengan pengguna terbanyak di dunia ini juga dapat digunakan sebagai media teleconferensi. Dimana fitur ini ialah memanfaatkan Video Call Grup yang dirilis sejak setahun lebih. Sama seperti google duo, whatsapp Call Group hanya terbatas pada 4 peserta saja.

Kabar baiknya aplikasi ini diamankan dengan enkripsi End-to-End yang diklaim sangat aman untuk data personal.

Setidaknya itulah aplikasi-aplikasi terbaik untuk teleconference pada platform android maupun ios. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memulai rapat dengan rekan kerja ataupun belajar mengajar di kelas tanpa harua bertemu secara langsung. Sehingga sangat worth it untuk masa WFH dan LFH saat ini.

#StaySafe dan tetap #Dirumahaja

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter