"Plat Merah" Akan Segera Unblock Netflix, Hitungan Minggu Katanya

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Penyedia layanan internet (ISP) plat merah, Telkom Grup, akan segera membuka blokir DNS Netflix dalam masa dekat ini.

Sebagaimana diketahui, situs penyedia video on demand tersebut sempat diblokir oleh provider internet 'plat merah'. Bahkan blokir itu masih berlaku sampai sekarang. Dimana layanan Netflix tidak dapat diakses melalui provider Telkomsel, Indihome, maupun @Wifi.id.

Namun akhirnya, desiran angin segar nampaknya akan dihembuskan Telkomsel kepada para penggemar video streaming. Sebab terendus kabar bahwa mereka sedang melakukan konsolidasi dengan pihak Netflix tentang pembukaan blokir di layanan mereka.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

"Saat ini kita sedang bicara serius dengan pihak Netflix ke arah sana. Ke arah kami memperbolehkan pelanggan kami menikmati layanan Netflix di network Telkom Grup", ujar  Santo yang dikutip oleh Kompas Tekno.

Namun ketika ditanya kapan Netflix bisa diakses di jaringannya, Santo tidak menyebut tanggal tepatnya. Ia hanya memberikan perkiraan kapan blokir akan dibuka. "Dalam hitungan mingguan", katanya.

Alasan Telkom Grup Membuka Blokir Netflix

Telkom Grup Akhirnya Buka Blokir Netflix, Kapan?

Ada beberapa alasan yang diungkapkan oleh pihak Telkom mengapa mereka mau membuka blokir layanan Video Streaming tersebut. Beberapa diantaranya yaitu :

1. Adanya Parental Control

Hal ini memungkinkan orang tua melakukan kendali terhadap penggunaan layanan Netflix oleh anak mereka. Orang tua akan diberikan akses pengamanan PIN, dan juga filter konten.

Fitur PIN ini bisa digunakan untuk mengunci profil dari akses pengguna dalam satu jaringan. Misalnya akun orang tua yang tidak bisa diakses oleh akun anaknya.

2. Adanya Kerja Sama dengan beberapa Kreator Lokal

Hal ini juga menjadikan alasan Telkom mau membuka blokirnya terhadap Netflix. Seperti didapati beberapa konten yang mana produsennya merupakan anak negeri.

3. Policy Takedown

Netflix memberlakukan beberapa  kebijakan baru terkait Takedown dan sejenisnya. Poin ini merupakan hal yang cukup alot dibahas oleh kedua belah pihak. Sebab dalam 24 jam, Telkom meminta Netflix untuk menurunkan sejumlah konten video.

Telkom menyebut beberapa perusahaan Over on the Top (OTT) seperti Iflix, dan HOOQ telah bersedia melakukan permintaan tersebut. Dan kini keduanya juga sudah include dalam paket Usee TV pada Indihome.

Kita tunggu saja kabar gembira dari Telkom tersebut. Bagaimanapun Netflix telah menyandang gelar video on demand terbaik dalam tingkat global.

Jadi, bagaimana menurutmu?


Komentar

Previous Post Next Post