Download Logo dan Asset Resmi HUT Kemerdekaan ke-75, Lengkap Dengan Supergraphic, Template , Font, dan Pedoman Visual 2020

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - 17 Agustus 1945, atau tepatnya 75 tahun yang lalu bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Perjuangan mendapatkan bendera Merah-Putih, dan penyusunan teks proklamasi yang cukup dramatis akhirnya membuahkan hasil. Diwakilkan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, di depan kediaman Soekarno yang beralamat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56, proklamasi kemerdekaan dilakukan tepat pukul 10.00 WIB.

Bulan ini, tepatnya tanggal 17 Agustus depan, Indonesia merayakan peringatan ke 75 tahun Indonesia merdeka. Sebagai lagkah persiapan, Sekretariat Negara (Setneg) meluncurkan desain Logo kemerdekaan secara resmi kepada publik melalui halaman situs resminya.

Bukan hanya desain logo yang dikenalkan, Setneg juga memberikan soft-file dari Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang penyempurnaan penggunaan tema dan logo hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Juga diberikan soft-file surat edaran Menteri Sekretaris Negara tentang partisipasi penyemarakan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun.

Selain lampiran soft-file surat edaran sari Menteri, di halaman tersebut juga diberikan banyak sekali asset-asset dari logo dan desain grafis dari tema kemerdekaan tahun ini. Ditambahkan pula lampiran Pedoman Visual Penggunaan agar desain dan tema serasi dan sama seluruh Indonesia.

Berikut ini file lengkap dan ulasan singkat mengenai logo dan asset-assetnya. Untuk link download akan diberikan di akhir pembahasan ya.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 Tahun : Logo, Asset, Template, Font, dan Pedoman Visual

Download Resmi Logo + Asset Kemerdekaan 75 tahun RI

File-file berikut ini akan diberikan dalam bentuk folder yang dapat diakses melalui Google Drive. Format yang diberikan juga beragam, mulai dari file jadi (.png, .jpg, .mp4, dan .ttf) hingga file mentah berbagai software, seperti .eps dan .ai yang bisa dibuka melalui Adobe Ilustrator.

1. ASET LOGO

Dalam folder Aset logo ini ada 2 sub-folder yang diberikan. Yakni subfolder Bangga Buatan Indonesia, yang nantinya bisa digunakan sebagai icon atau sticker. Dan juga folder RI 75 yang berisi file-file logo.

File logonya juga lengkap sekali, mulai daei logo kotak persegi, persegi panjang horizontal, hingga motion logo. Di dalam setiap foldernya juga terdapat file mentah berupa .eps yang bisa dibuka di software Adobe Ilustrator.

Khusus untuk motion logo ini berformat .mp4, ya sesuai namanya logo ini adalah logo yang bergerak, makanya dijadikan video. Anda bisa jadikan motion logo ini untuk hiasan di pojok layar video Anda. Entah untuk keperluan youtube, sosial media atau mungkin iklan TV.

2. FONT

Folder selanjutnya ialah folder FONT. Dimana di dalamnya ini terdapat file berformat .otf. font ini bisa Anda instal di komputer apabila komputer Anda belum memiliki instalannya. Ini akan membantu apabila Anda ingin membuka file mentah dari logo, template, atau lainnya. Sehingga hasil dari grafis Anda bisa sesuai dan serasi dengan Pedoman Visual Penggunaan yang berlaku.

Pada tema kali ini, setneg memilih font Montserat sebagai typografinya. Font ini sangat cocok untuk desain formal namun tidak terlalu kaku. Lisensinya sendiri adalah Open License, yang mana boleh digunakan secara gratis untuk pribadi (personal) ataupun komersil. Namun, tetap tidap boleh dijual ulang.

3. Supergraphic

Supergrafis sendiri merupakan element yang digunakan dalam setiap desain. Tujuannya ialah untuk menjaga keseragaman dari desain itu sendiri. Biasanya digunakan untuk Corporate Identity, yang mana akan membantu menserasikan tema grafis agar tetap konsisten.

Dalam folder ini terdapat satu file berformat .ai yang bisa dibuka dengan software Adobe Ilustrator. Anda bisa memanfaatkan ini untuk ornamen dari desain bertema Kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia Merdeka.

4. Template

Folder yang akan Anda dapatkan selanjutnya ialah Template. Pada folder ini, Anda bisa menemukan banyak sekali template atau "cetakan" untuk berbagai keperluan. Misalnya Billboard, Poster, ataupun keperluan lainnya.

Template Poster Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia


Dengan template ini, Anda bisa mengubahnya sesuai keperluan. Misalnya menambahkan RT/RW, atau nama kalian di template dan dapat mengeksportnya menjadi file gambar dengan kualitas yang bisa Anda sesuaikan.

5. Pedoman Visual Penggunaan

Berupa file dokumen PDF. Sesuai namanya, file ini berisikan pedoman visual serta pedoman penggunaan dari logo kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia.

Terdapat banyak sekali informasi berguna untuk digunakan sebagai pedoman dalam melakukan desain agar tetap sesuai tema dan seragam dengan yang lainnya. Misalnya asal usul logo, makna logo, kode warna yang digunakan, dan lain sebagainya.

Download File Asset Resmi Kemerdekaan ke-75 RI dan Pedoman Lengkapnya

Untuk Anda yang menginginkannya, silahkan mengunduh melalui halaman resmi situs Setneg atau bisa di link dibawah ini. File berupa folder-folder dalam Google Drive yang bisa di packing menjadi file arsip (Zip/Rar).

Link Unduh :

Demikian sedikit ulasan mengenai isi folder beserta link download Logo Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia lengkap dengan asset-assetnya secara resmi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke sosial media Anda. 

Komentar

Previous Post Next Post