Rambut Kering? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya, Cobain!

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Rambut yang lembab dan halus adalah dambaan sebagian besar wanita. Namun, akan jadi masalah tersendiri jika rambut kering dan mengembang. Jadi susah diatur, dan susah disisir. Tapi tenang, pada artikel ini akan dijabarkan mengenai penyebab rambut kering dan mengembang beserta solusinya.

Rambut kering dan mengembang bisa diatasi dengan banyak metode. Yang paling penting untuk dilakukan ialah kamu harus menemukan shampoo dan conditioner yang pas untuk rambutmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk membuatnya lembab dan tidak kering lagi.

Dengan perawatan dan penanganan yang tepat rambut jadi mudah diatur dan terlihat lebih sehat. Sebelum menuju ke perawatannya, terlebih dahulu kita ketahui apa yang menjadi penyebab rambut menjadi kering.

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Secara dasar rambut kering terjadi karena kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Atau rambut kehilangan kelembapan karena rusaknya sistem kutikula (sel pelindung rambut).

Selain masalah tersebut, ada beberapa hal external yang bisa mengakibatkan rambut kering. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Terlalu sering menggunakan Hair Dryer untuk mengeringkan rambut,
  • Sering terpapar panas dan sinar matahari, udara, dan angin tanpa perlindungan yang cukup,
  • Terlalu sering menata dan menggayakan rambut menggunakan pelurus maupun pengeriting rambut.
  • Sering menggunakan bahan kimia pada rambut, baik untuk pewarnaan, pengeringan, maupun pengeritingan.
  • Penggunaan shampoo maupun conditioner yang tidak tepat.

Solusi Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Perlu penanganan yang tepat agar rambut tidak terlalu parah. Beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan ialah di baeah ini :

1. Jangan Sering Mencuci Rambut

Mungkin karena setelah dicuci rambut terlihat lebih lembab kita jadi keseringan mencuci. Namun ternyata hal ini malah malah membuat rambut semakin kering. Sebaiknya cuci rambut 2-3 kali seminggu saja atau ketika rambut terasa kotor.

2. Hindari Penggunaan Sampo Berbahan Sulfat

Gunakanlah Sampoo dengan bahan yang ringan. Sebaiknya jauhi sampoo dengan bahan sulfat dan juga Alkohol. Ini akan membuat rambut semakin kering. Pilih pula Shampoo yang mengandung sedikit kadar deterjennya.

Direkomendasikan untuk menggunakan bahan sampo yang ringan dan dibuat khusus untuk rambut yang kering dan mengembang.

3. Gunakan Conditioner Setelah Keramas

Sehabis mencuci rambut, gunakan Conditioner. Conditioner bisa menjaga lapisan kutikula dan minyak rambut sehingga rambut akan tetap lembab dan sehat. Saran produk conditioner yang banyak digunakan semisal Total Damage Treatmen Condisioner dari Dove.

4. Kurangi Styling Rambut

Untuk mengatasi rambut kering ini, untuk sementara kurangi penggayaan rambut. Baik itu meluruskan, mengeriting, ataupun mengeringkan rambut dengan udara panas (blow). Atau pewarnaan dengan bahan kimia. Styling seperti berpotensi merusak lapisan kutikula dan membuat rambut semakin rusak.

5. Berikan Perlindungan Ekstra

Lindungi rambut kamu dengan perlindungan yang cukup. Gunakan topi ketika diluar ruangan agar rambut terhindar dari panas dan sinar matahari. Gunakan juga penutup kepala saat mandi dan berenang di kolam renang ataupun laut agar rambut terbebas dari klorin air garam.

Vitamin tambahan mungkin bisa kamu pilih untuk menambah perlindungan rambut kamu. Salah satu produk yang banyak dipakai adalah Total Damage Treatment Conditioner dari Dove.

Penutup

Setidaknya itulah penyebab beserta cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Semoga artikel bermanfaat dan bisa membantu masalah rambut kering kamu. Sehingga bisa tampil percaya diri saat beraktifitas dan bergaul bersama orang lain.

Komentar

Lebih baru Lebih lama