Spesifikasi Panasonic Lumix G100, Kamera Mungil yang Cocok Buat Ngevlog!

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Panasonic baru-baru ini merilis sebuah kamera mirrorless mungil yang didesain khusus untuk kebutuhan vlogging. Bahkan untuk lensa kameranya bisa dilepas dan diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan.

Untuk masalah harga, kamera mungil ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yakni $749 atau jika dirupiahkan sekitar 11 Jutaan untuk kurs saat artikel ini ditulis (18/08/2020).

Kamera kecil dengan harga yang cukup mahal, hmm.. seperti apa spesifikasinya dan seberapa canggih fitur yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya!

Spesifikasi, Fitur dan Harga Panasonic Lumix G100

Spesifikasi Kamera Panasonic Lumix G100

Kamera Lumix G100 ini dibekali sensor dengan resolusi 20.3MP Micro Four Third tanpa Low Pass Filter. Karena dirancang untuk kebutuhan Vlogging yang sering bergerak, kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi 5-Axis Hybrid Image Stabilizier yang akan meredam guncangan saat merekam sehingga hasil record tetap tenang dan stabil.

Untuk masalah hasil record, kamera ini mampu menghasilkan kualitas 1080p @60p, hingga 4K @24p dan 4k @30p. Untuk yang kurang paham atau masih awam, kode dibelakang tanda @ sejenis dengan FPS (Frame per Second). Yang artinya, dalam satu detik mampu menghasilkan sebanyak sekian gambar atau frame.

Selain kualitas yang sangat bagus, gambar yang diambil menggunakan Lumix G100 ini juga memiliki varian resolusi. Misalnya 4:5 atau 5:4 yang biasa digunakan untuk feed Instagram, hingga 9:16 yang biasa untuk instastory.

Bukan hanya itu, video yang dihasilkan juga bisa disimpan dalam format Panasonic's Vlog'L. Yang mana dalam format ini, video yang dihasilkan akan memiliki warna yang datar sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan color grading saat proses editing.

Spesifikasi, Fitur dan Harga Panasonic Lumix G100

Fitur Unggulan Kamera Panasonic Lumix G100

Pada display screen, mengusung teknologi Field Sequential Electronics Viewfinder, yang terdiri dari 3.68 Juta Pixels dalam sebuah layar berukuran 3 Inchi saja. Selain itu, layar juga didukung teknologi touch screen.

Pada bagian layar ini juga bisa diputar (rotate) untuk memudahkan pengguna dalam mengatur exposure, fokus, maupun mencari angle yang tepat.

Bagian Audio, kamera rilisan Panasonic ini dilengkapi teknologi Nokia OZO Spatial Audio, yang terdiri dari 2 buah microphone dibagian depan, dan 1 buah microphone dibagian belakang. Pengguna bebas memilih ingin menggunakan input microphone yang mana. Depan saja, Belakang saja, atau mengaktifkan semua microphonenya.

Audio bagian depan telah disingkronasi dengan mode Face Tracking. Pada mode ini akan memfokuskan suara subjek agar tetap terdengar jelas walaupun subjek bergerak keluar frame. Ini sangat berguna bagi vlogger  yang selalu berbicara menghadap lensa.

Males setting audio? Lumix G100 juga dilengkapi mode Audio Auto, yang mana sistem akan secara otomatis memilih konfigurasi microphone terbaik untuk video kita.

Koneksi, Mounting dan Harga Panasonic G100

Untuk koneksinya, Panasonic membekali Lumix G100 dengan teknologi Bluetooth dan juga WiFi untuk terhubung ke perangkat lain secara nirkabel (wireless).

Sedangkan untuk koneksi kabel, kamera ini dilengkapi mini HDMI port yang mampu membawa data video dengan resolusi hingga 1080p untuk external recordernya. 

Juga tersedia jack audio untuk memungkinkan pengguna menggunakan microphone external.

Untuk USB, kamera ini dilengkapi mini USB untuk proses Charging. Sayangnya, kamera ini tidak dapat digunakan saat sedang mode mengisi daya.

Kamera Panasonic Lumix G100 ini mendukung mounting Micro Four Third Mounting System. Secara default alias bawaan, kamera ini juga dilengkapi lensa Lumix G Vario 12-32mm F3.5-5.6 ASPH Power Zoom Lensa Kit With Built in OIS. Yang mana nantinya bisa kita lepas dan ganti sesuai keinginan kita.

Sayangnya, kamera ini belum dirilis di Indonesia. Namun untuk pre-order sudah bisa dilakukan di bhphotovideo.com yang menerima pengiriman ke Indonesia.

Komentar

Lebih baru Lebih lama