5 Cemilan Enak Khas Kediri yang Wajib Banget Dicoba.

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Makanan khas Kediri sangat beragam macamnya, Anda dapat menikmatinya sambil mengunjungi wisata religi maupun tempat liburan yang instagramable. Kota satu ini mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara dengan berbagai hal yang melingkupinya. Selain itu, terdapat juga beberapa lokasi wisata yang semakin memanjakan diri.

Setiap daerah tentu memiliki kekhasannya masing-masing sehingga menjadi identitasnya, salah satunya terletak pada makanan. Berbicara terkait hal tersebut, di kota yang terkenal dengan sejarah serta wisatanya ini memiliki beberapa makanan yang harus Anda coba saat mengunjunginya.

1. Cenil

Cenil, Makanan Manis Asal Kediri

Makanan ini bertekstur kenyal karena terbuat dari tapioka atau pati ketela, dengan warna khasnya yakni merah, putih, hijau, serta kuning. Bentuknya juga beragam mulai dari kotak, persegi panjang, atau bulat pipih. Penyajiannya dibungkus daun pisang, sehingga memunculkan kesan tradisional.

Meski makanan ini terbilang sederhana namun ada banyak orang yang menyukainya. Penyajiannya dengan toping berupa gula merah cair lengkap dengan taburan kelapa parut yang membuat rasanya manis gurih. Anda bisa mendapatkannya pada beberapa tempat salah satunya di pasar.

2. Cokelat Tahu (Coktau)

Cemilan Unik Kediri, Coklat Tahu (Coktau)

Tahu yang biasanya hanya sebagai lauk makan, di tangan kreatif warga Kediri berubah menjadi makanan khas yang manis. Kombinasi rasanya akan membuat lidah terkejut. Cita rasa manis, gurih, dan  crispy berpadu menjadi satu yang akan membuat tidak bisa berhenti saat memakannya.

Saat berkunjung di kota ini belum lengkap jika tidak mencoba berbagai olahan khasnya, salah satunya cokelat tahu. Perpaduan rasa uniknya dapat membuat lidah termanjakan. Teksturnya yang renyah dan manis tidak gampang membuat bosan.

3. Klepon

KLEPON Makanan Ringan Khas Kediri

Makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi pada kalangan masyarakat luas. Bentuknya bulat berwarna hijau dengan taburan kelapa parut di atasnya. Saat memakannya Anda akan dikejutkan dengan letusan gula jawa manis berpadu dengan rasa bahan lain yang membuatnya istimewa.

Makanan khas Kediri satu ini cara pembuatannya cukup simpel dan mudah. Adonan yang sudah berbentuk bulat kemudian direbus hingga satu persatu mengambang ke permukaan. Penyajian versi tradisionalnya cukup unik yakni menggunakan daun pisang yang dipincuk.

4. Gethuk Pisang

Oleh-oleh gethuk pisang kediri

Jika gethuk biasanya terbuat dari ketela pohon, berbeda dengan makanan khas Kediri satu ini bahan dasarnya merupakan pisang jenis khusus. Warna coklat tuanya mungkin untuk sebagian orang terkesan aneh, namun rasa uniknya menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya.

Cara pembuatannya terbilang sederhana, yakni kukusan pisang yang sebelumnya sudah tidak ada kulitnya kemudian dihaluskan. Pengemasannya juga cukup unik menggunakan daun pisang, bentuknya mirip seperti lontong tradisional. Hal tersebut yang membuat teksturnya padat dan manis.

5. Coklat Tempe

Cemilan Coklat Tempe Khas Kediri

Fermentasi kedelai ini identik dengan rasa gurih misal saja kripik, atau goreng biasa sebagai lauk, dan lain sebagainya. Berbeda dari wilayah Kediri, yang merubah tempe menjadi olahan unik manis menggoda lidah. Bahan utamanya merupakan perpaduan dari coklat serta tempe itu sendiri.

Namanya adalah coklat tempe yang menjadi khasnya Kediri. Cara mengolahnya dengan mengiris tipis seperti kripik, setelah matang diberi toping coklat. Sebagian orang mungkin menganggap produk ini unik dan cenderung aneh, naumun soal rasa tidak kalah dengan makanan enak lainnya.

Bagi penyuka manis, belum lengkap jika tidak mencoba beberapa makanan khas Kediri tersebut. mencintai produk dalam negeri sama halnya membangkitkan perekonomian masyarakat. Anda juga akan mendapatkan beragam rasa yang mengejutkan saat menikmatinya.

Komentar

Lebih baru Lebih lama