Sejarah English First (EF) Sang Pelopor Kursus Bahasa Inggris Dunia

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Siapa yang belum mengenal English First atau biasa disingkat jadi EF? Salah satu lembaga pelatihan bahasa Inggris yang cukup terkenal di segala penjuru dunia. Mengingat pentingnya bahasa Inggris di masa sekarang membuat English First semakin digemari. Bukan cuma karena terkenal namanya saja, kualitas dari lembaga ini tidak diragukan lagi. Mereka mengundang pengajar langsung dari negara-negara yang sehari-harinya menggunakan English sebagai bahasa utama.

Tapi, tahu gak sih sejarah dari berdirinya English First ini? Nah, pada artikel ini akan saya coba bagikan sejarah dari berdirinya lembaga kursus bahasa inggris ternama ini. Langsung saja ke pembahasannya.

Sejarah English First : Latar Belakang

Sejarah Singkat EF (Education First) 1995 hingga sekarang

Pada awal tahu 1960an, seorang pemuda bernama Bertil Hult bepergian ke Inggris. Pria yang berasal dari Swedia ini menderita Dislexia. Yakni suatu gangguan belajar yang biasanya ditandai susah membaca. Sebagai seorang penderita kelainan ini, sekolah menjadi momok yang menyeramkan bagi Bertil.Namun, ia kaget ketika ia bisa dengan mudah belajar Bahasa Inggris ketika mengunjunginya.

Dari sini Bertil yakin bahwa sekolah formal bukanlah suatu yang paling efektif. Pada tahun 1965 ia mendirikan Europeiska Ferieskolan (yang berarti "Sekolah Liburan Eropa") yang menjadi singkatan asli EF. Sekola ini mengkombinasikan antara pembelajaran bahassa dengan traveling. Bertil juga menyebut programnya sebagai Sprakresor dalam bahasa Swedia atau Language Travel dalam bahasa Inggris atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah Perjalanan Bahasa. Program ini menjadi program  yang menyajikan pengalaman belajar bahasa pertama dengan kegiatan diluar ruangan.

Saat ini, belajar berbasis pengalaman seakan menjadi standar tersendiri dalam suatu prose belajar mengajar. Namun bagi EF Education telah menjadi prinsip yang melandassi setiap kegiatannya selama lebih dari 50 tahun lalu. Oh iya, pada tahun berdirinya EF, pergi ke Inggris haanya utuk belajar bahasanya adalah hal yang sangat tidak biasa, apalagi ide tersebut dikemukakan oleh seorang anak Disslexia yang notabene susah dalam prosses belajar.

Sejarah EF tahun 1960-an : Awal Pendirian EF

Sebagaimana disebutkan pada latar belakang di atas, lembaga ini pertama kali didirikan oleh Bertil Hult, seorang pemuda pengidap Dislexia yang susah dalam proses belajar. Namun, vonis tersebut dia patahkan ketika ia pergi ke Inggris dan bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Pada tahun 1965 ia mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang diberinama Europeiska Ferieskolan, yang dalam bahasa Swedia berarti Sekolah Liburan Eropa. Lembaganya ini memadukan antara pembelajaran bahasa dengan pergi berlibur. Bertil menemani sekitar 407 murid SMA Swedia pergi ke Inggris untuk belajar bahasa Inggris saat liburan musim panas. Programnya ini juga diberi nama dalam bahasa Swedia Sprakresor atau Language Travel dalam bahasa Inggris.

Pada tahun 1967, EF Language Travel menyebar dengan begitu pesat di sekitar Swedia dan Scandinavia. Selain menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dengan pergi ke Inggris, EF juga menawarkan belajar bahasa Perancis dan Jerman dengan pergi ke negaranya langsung.

Sejarah EF tahun 1970-an : Jaringan Bisnis Baru

Pada tahun 1971, penerbangan bukan lagi bagi kalangan atas saja. Siapapun yang memiliki mimpi besar dapat terbang ke lar negeri dengan menggunakan bahasa Global baru, yakni bahasa Inggris. Semakin banyaknya peminat, EF akhirnya membuka banyak pasar baru dengan berbagai proram baru.

Awalnya EF membuka sekolah bahasa Inggris untuk bisnis di Hasting, Inggris. Tujuan sekolah ini untuk mengajarkan bahasa Inggris Bisnis kepada orang-orang profesional dari Swedia yang pergi ke Inggris. Tidak lama setelahnya, EF kembali membuka cabang di Amerika Serikat, Perancis, Jerman, dan juga Spanyol. Dari sini, nama Europeiska Ferieskolan diubah menjadi EF Corporate Solution.

Sejarah EF tahun 1980-an : Program dan Branding Baru

Lingkungan yang ramah dan metode pembelajaran di EF menjadikan merk-merk berkembang dengan cepat secara Internasional. Begitupun dengan EF itu sendiri. Bukan hanya mampu berkembang secara global, EF juga telah berhasil membuka program baru di Amerika.

Pada tahu 1983, EF mengenalkan program baru yakni Educational Tour atau Tur Pendidikan. Program ini menawarkan peaket tur kepada para guru dan siswanya. Grup sekolah tersebut dapat enjadikan dunia ssekan ruang kelasnya dengan panduan dari para pendamping profesional.

Dua dekade setelahnya, setelah EF berhasil meluncurkan program Tur Pendidikan dan Pertukaran Budaya, EF merilis logo baru secara resmi yang dirancang untuk menyatukan semua layanan dan unit-unit yang semakin hari semakin banyak agar menjadi satu kesatuan global.

Sejarah Singkat EF (Education First) - Logo Lama

Pada tahun 1988, EF menjadi sponsor dan mitra resmi Olimpiade SEOUL, untuk bidang Pendidikan Bahasa yang bertugas melatih para sukarelaawan dalam bahasa Jerman dan Perancis. Dua dekade setelahnya, EF juga menyeponsori Olimpiade Beijing 2008 dan Permainan Sochi 2014.

Sejarah EF Tahun 1990-an :Munculnya Teknologi Baru

Pada 10 tahun terakhir di abad 20, ditemukan teknologi baru bernama komputer pribadi dan Internet. Tidak mau tertinggal dengan zaman, EF memanfaatkan teknologi tersebut dengan melucurkan berbgai program dan unit dengan berbasis permainan, website, dan komputer.

Pada masa ini, EF juga meng-upgrade programnya yang membawa konsep pada Educational Tour untuk dewasa dengan menamai ulang menjadi Go Ahead Tours. Program dan konsep tersebut berkembang dengan begitu cepat dan mencakup perjalanan ke 7 benua, salah satunya ialah Amerika Serikat.

Selain itu, Kepanjangan dari EF yang mulanya Europeiska Ferieskolan diubah  menjadi Education First. Logonya pun juga diperbarui. Paul Rand adalah seorang desainer yang merancang ulang logo dari lembaga ini.

Sejarah Singkat EF (Education First) - Logo Baru

Apple digandeng oleh EF untuk mengembangkan teknologi pemeblajaran berbasis komputer. Planet Arizona adalah CD-ROM pertama yang diluncurkan EF yang berisi pembelajaran inovatif yang kemudian mendapat penghargaan dari IDF untuk Best Software Product masa itu. EF Labs merupakan unit yang bertugas melakukan penelitian pendidikan ini.

Pada tahun 1997, Education Firts meluncurkan pembelajarran berbasis website. Dengan mengusung domain Englishtown.com yang dirilis oleh EF Labs, menjadikan sekolah bahsa daring yang perkembangan cukup cepat. Bahkan tidak perlu waktu lama untuk menjadi platform belajar bahasa secara online terbesar di dunia.

Sejarah Education First tahun 2000-an : Perkembangan di Abad Baru

Pada 2003, Arthur D. Little School of Management digandeng oleh EF untuk mengembangkan EF di bidang pelatihan. Yang kemudian diganti nama menjadi Hult International Business School, yang mana dibentuk sebagai apresiasi atas kedermawanan Bertil Hult yang mengedukasi para pemimpin bisnis. 5 Tahun kemudian Financial Times merilis 100 Global MBA Bergengsi yang salah satunya ialah Hult.

SMA Pertama yang didirikan oleh EF ialah di New York pada tahun 2008. Yang mana SMA ini diberi nama EF ACADEMY. SMA ini menawarkan fasilitas lengkap dan program mempersiapkan masuk kuliah di sekolah tingi yang diinginkan bahkan bergengsi. Selepasnya, EF Academy membuka cabang di Oxford dan Torbay di Inggris.

Pada tahun  2008 juga, sang founder, Bertil Hult, mengumumkan kepensiunannya. Kepemimpinan diambil alih oleh anaknya Philip Hult.

Hingga saat ini, Education First sudah memiliki banyak sekali kampus dan centers di seluruh Dunia, termasuk Indonesia. Bahkan kampus-kampusnya sudah masuk ke kota-kota kecil di Indonesia.

refferensi :

https://www.ef.co.id/about-us/our-history/
https://id.wikipedia.org/wiki/EF_Education_First

Komentar

Lebih baru Lebih lama