5 Tips Membeli Rumah Secara Online agar Aman dan Nyaman

cloteh.com - Memiliki hunian indah dan nyaman adalah impian tiap orang. Mengingat, rumah adalah tempat berpulang tiap orang dari rutinitasnya tiap hari. Jika rumah nyaman mampu menjadi tempat istirahat yang menenangkan. Jika Anda berencana membeli rumah, banyak hal yang juga harus dipertimbangkan selain budget atau harga rumah tersebut. Mulai dari akses lokasi, bangunan, luas dan ukuran rumah hingga kualitas bangunan tersebut. Karena daya jual yang tinggi, saat ini banyak yang menawarkan rumah secara online.

Meski membelinya secara online, Anda tetap bisa mendapatkan hunian idaman dan terjamin keaslian dokumen-dokumen yang menyertainya. Membelinya secara online tak jauh berbeda seperti pada saat Anda membeli rumah dengan langsung datang di lokasi.

Tips Membeli Rumah Secara Online, Aman dan Nyaman

5 Tips Membeli Rumah Secara Online

1. Situs Jual Beli Rumah Terpercaya

Sebelum membeli rumah secara online, hal paling dasar yang harus Anda pertimbangkan adalah situs jual belinya. Apakah Anda mencari hunian idaman di situs properti terpercaya, sosial media atau laman online lainnya. Satu yang pasti adalah tempat jual beli tersebut harus terpercaya.

2. Pastikan Reputasi Penjual Baik

Langkah penting dalam membeli rumah secara online adalah memastikan bahwa si penjual ini memiliki reputasi yang baik. Lakukan riset kecil dan mendalam terkait penjual rumah yang Anda temukan. Jauh sebelum itu memang sebaiknya Anda mengikuti berbagai forum grup jual beli rumah secara online agar mengetahui bagaimana reputasi penjual. Jika banyak komentar yang memberi kesan positif terhadap penjual maka bisa Anda masukkan sebagai list calon rumah idaman Anda. Melakukan riset adalah tips membeli rumah secara online yang penting untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan, harga jual pada kawasan tersebut dan lain sebagainya.

3. Pastikan Legalitas Surat

Memastikan legalitas dari rumah dijual secara online adalah hal wajib. Jika Anda memegang surat rumah yang tidak legal maka akan besar kemungkinannya bermasalah di kemudian hari. Sebelum membelinya, Anda bisa menanyakan atau memastikan langsung kepada penjual bahwa legalitas surat-surat tersebut terjamin. Dokumen atau berkas penting lainnya harus terjamin keasliannya karena menyangkut kepemiliki sah dari rumah tersebut.

Tips Membeli Rumah Secara Online, Aman dan Nyaman

4. Tinjau Langsung

Tips membeli rumah secara online berikutnya adalah meninjau langsung lokasi rumah tersebut. Sebaiknya tidak mudah percaya dengan tampilan di laman penjualan atau sosial media dimana Anda menemukan rumah dijual online. Hal ini untuk menghindari kekecewaan karena tampilan di iklan berbeda dengan kondisi sebenarnya. Anda bisa memilih beberapa layanan jual beli properti online karena bisa lebih menjamin pembelian atau transaksi dilakukan dengan lebih aman.

5. Survei Harga

Untuk rumah idaman dengan harga yang sesuai, Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan terhadap berapa kisaran harga rumah dengan target rumah yang akan Anda beli. Survei harga ini akan membantu Anda untuk terhindar dari penipuan harga. Beberapa orang menjual rumah dengan harga tinggi tetapi tak sesuai dengan kualitas bangunannya. Maka dari itu peninjauan langsung ke lokasi dan menyangkut pautkan harga adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga setelah melihat kondisinya secara langsung, Anda bisa mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan wajar, murah atau justru terlalu mahal.

Tak ada salahnya untuk membeli rumah secara online selama Anda mengetahui apa saj ayang harus dipastikan. Beberapa tips membeli rumah secara online ini akan membantu dalam menemukan rumah idaman. Karena selain lebih efektif waktu, secara online Anda bisa menjangkau wilayah lebih luas jika mencari rumah yang lokasinya cukup jauh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama