Cara Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) yang Terhapus di Android Tanpa Root

Daftar isi [Tampil]

cloteh.com - Cara mengembalikan chat WA yg terhapus di Android dengan mudah dan tanpa Root. Sebagaimana yang kita ketahui WhatsApp sekarang telah menjadi aplikasi perpesanan instan dengan pegguna terbanyak di dunia. Dengan berbagai kemudahan dan fitur-fitur yang apik membuat aplikasi in mudah diterima oleh masyarakat.

WhatsApp juga telah menjadi media komunikasi yang paling banyak digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari berbagi kabar, bisnis, event, hingga transaksi jual-beli banyak dilakukan di WA.

Saking banyaknya chat yang masuk, terkadang orang-orang banyak yang menghapus beberapa pesan yang dirasa tidak penting. Hal ini untuk menghemat space atau ruang memori mereka, karena WhatsApp sendiri berbasiskan local storage untuk penyimpanan mereka.

Namun, tidak sedikit yang kehilangan chat mereka secara tidak sengaja. Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor, mulai dari kepencet tombol hapus, pindah perangkat, atau bisa juga karena ada kesalahan sistem.

Cara Mengembalikan Chat WA yg Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WhastApp yang Terhapus

WhatsApp sendiri sebenarnya sudah memberikan solusi untuk masalah ini. Yakni dengan cara memulihkan file pencadangan ke aplikasinya. Hal ini akan mengembalikan pesan-pesan yang terhapus seperti sebelum dicadangkan.

Namun syarat utamanya adalah harus ada file backup. File ini didapat dari pencadangan otomatis yang tersingkronasi dengan akun cloud storage seperti Google Drive atau sejenisnya.

Tapi bagaimana jika pencadangan tidak diaktifkan secara otomatis? Ternyata pihak developer sudah memberikan fitur tersembunyi untuk mengatasi masalah ini. Yakni backup otomatis secara internal. Maksudnya adalah WA akan melakukan backup setiap hari dan disimpan di memori internal HP kita, sehingga kita bisa memulihkannya kapanpun.

Namun sebelumnya, kita pelajari dulu bagaimana cara melakukan backup (pencadangan) di aplikasi WhatsApp.

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp di Android

Sebagai bahan pembahasan kali ini, saya mencontohkannya menggunakan Android. Namun untuk pengguna iOS, caranya kurang lebih sama. Mungkin hanya tampilan dan kalimat yang sedikit berbeda.

Ada dua cara melakukan pencadangan ini. Ada pencadangan manual dan otomatis. Bagaimana caranya? Berikut ini caranya:

1. Mencadangkan Chat WA Manual

  1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp,
  2. Masuk ke pengaturan dengan klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih setelan,
  3. Lalu pilih opsi Chat,
  4. Di bagian bawah pilih Cadangkan Chat,
  5. Selanjutnya klik CADANGKAN

Setelahnya pencadangan akan berlangsung. Tunggu beberapa saat dan proses pencadangan akan berhasil.

File dari pencadangan ini bisa ditemukan di penyimpanan pada bagian folder WhatsApp > Database. Di sini akan terlihat beberapa file bernama msgstore-[tahun]-[bulan]-[tangga].1.db.crypt12, sesuai dengan tanggal pencadangan.

Semisal : msgstore-2021-02-01.1.db.crypt12

2. Cara Mencadangkan WA Otomatis

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp,
  2. Ketuk titik tiga pojok kanan dan pilih Setelan,
  3. Pilih opsi Chat,
  4. Pilih menu Cadangkan Chat,
  5. Perhatikan bagian Setelan Google Drive,
    1. pada Cadangkan ke Google Drive pilih waktu backup otomatisnya. Harian, Mingguan, Bulanan, atau hanya ketika keuk tombol Cadangkan.
    2. pada Akun Google silahkan pilih akun yang akan menjadi tempat file backup-an tersimpan,
    3. pada Cadangkan Melalui pilih Wifi untuk mencadangkan hanya saat pakai Wifi, atau Wifi dan Selular untuk mencadangkan lewat Wifi dan paket data.
    4. pada switch Sertakan Video bisa dinyalakan atau tidak untuk mencadangkan video yang ada di dalam chat.

Dengan demikian semua chat kita sudah tercangkan dan bisa kita pulihkan kapan saja ketika kita merasa ada chat yang hilang.

Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus

Secara otomatis WhatsApp sudah mengantongi fitur auto backup di aplikasinya. Tujuannya yakni untuk mengantisipasi apabila terjadi terhapusnya pesan secara tidak sengaja atau hal lain yang membuat harus kembali ke pesan sebelumnya.

Fitur auto backup ini memungkinkan WhatsApp untuk membuat file cadangan yang tersimpan di folder perangkat atau memori card tempat file whatsapp kita terinstall.

Pencadangan ini belangsung setiap hari pada pukul 02.00 dini hari. Sehingga sangat jarang kita sadari.

Untuk menemukannya kita harus masuk ke aplikasi pengelola file di HP kita, lalu masuk ke folder WhatsApp > Database.

Lalu akan nampak banyak file dngan nama msgstore-[yyyy]-[mm]-[dd].1.db.crypt12. Mungkin akan ada beberapa file dengan nama serupa namun dengan tanggal dan bulan yang berbeda.

Silahkan ganti nama file yang diinginkan dengan menghapus format waktunya. Sehingga akan tersisa msgstore.1.db.crypt12. Jika sudah silahkan upload file ini ke Google Drive.

Jika sebelumnya sudah ada file backupnya, silahkan hapus dan gantikan dengan file yang kita temukan di folder HP kita tadi.

Jika file backup sudah tersimpan di Google Drive, maka selanjutnya adalah dengan cara menghapus data WhatsApp atau menginstal ulang. Hal ini karena WA belum memiliki fitur pemulihan (restore) atau impor data.

Setelah WhatsApp sudah terinstall ulang, selanjutnya ialah masuk ke akun kita dengan memasukkan nomor ponsel yang terdaftar sebelumnya. Silahkan masukkan kode OTP dan lanjutkan hingga proses Restore.

Pada langkah ini silahkan pilih Pulihkan Chat dan pilih akun Google yang tadi digunakan untuk menyimpan file backupnya.

Cara Mengembalikan pesan WA yang Terhapus

WhatsApp akan mendeteksi secara otomatis file backup tadi. Jika sudah ditemukan maka sistemn WA akan memulihkan chat dengan sendirinya. Dengan demikian maka semua chat yang tadinya terhapus bisa kembali lagi.

Namun kelemahan dari cara ini adalah, chat-chat yang baru akan hilang dan tergantikan dengan chat yang lama. Karena memang kita memulihkan  chat yang dari tanggal sebelumnya.

Cara Mengembalikan Pesan WA di iOS

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan di perangkat iOS untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terlanjur terhapus. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk memulihkannya.

Cara yang tersebut di atas juga bekerja di perangkat iOS besutan Apple. Yakni dengan cara memulihkan ulang chat WA melalui file backup.

Pada intinya, cara untuk melakukan backup pada sistem operasi iOS ialah dengan cara memilik menu setalan WhatsApp dan pilih opsi Chat. Pada bagian bawah pilih Cadangkan pesan.

Selanjutnya tinggal pilih apakah ingin menggunakan Google Drive atau bisa juga menggunakan iCloud. Tinggal menunggu proses selesai dan file backup tersimpan secara cloud.

Untuk menemukan file pencadangan ii bisa dengan membuka folder penyimpanan WhatsApp > Backup (jika tidak ada pilih folder Database). Disini akan menemukan file-file backup-an yang telah secara otomatis tersimpan setiap jam 02.00 dini hari.

Untuk memulihkannya atau melakukan Restore ialah dengan cara menghapus data atau menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Setelah itu masuk kembali dengan nomor yang terdaftar sebelumnya.

Pada saat proses pemulihan, silahkan pilih akun yag digunakan untuk menyimpan file tadi. Bisa Google Drive atau bisa juga menggunakan iCloud. TUnggu proses pemulihan selesai dan chat akan kembali seperti semula.

Harap diingat bahwa chat akan kembali seperti semua sesuai tanggal file backupnya. Jadi pastikan file yang kalian pilih terdapat pesan yang hilang tersebut. Dengan demikian pesan yang kalian cari akan kembali terlihat.

Sebaliknya, jika kalian memilih backup file yang salah, maka pesan yang kalian cari bisa saja tetap tidak ada. Ini terjadi karena file bacup yang terpilih adalah cadangan dari pesan setelah chat tersebut terhapus. Sehingga setelah dipulihkan akan tetap terhapus.

Komentar

Lebih baru Lebih lama