Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank | Update 2021

cloteh.com - Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank sangat bisa untuk dilakukan. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mendaftar iBanking. Tenang saja, untuk prosesnya sangat mudah dan tidak akan merepotkanmu. Ini sangat cocok buat kamu yang malas keluar rumah atau mungkin tidak ada waktu.

Dengan memiliki internet banking, semua aktifitas perbankan dan transaksi bisa dengan mudah dilakukan. Tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk ke ATM atau kantor cabang hanya untuk transfer beberapa lembar rupiah ke orang lain. Untuk bayar-membayar juga sangat gampang dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selama mendukung teknologi Cashless (non-tunai).

Namun sebelumnya, kita kenalan dulu dengan salah satu bank BUMN ini. Juga keuntungan dari menggunakan aplikasi iBanking maupun mBanking yang ditawarkan.

Mengenal Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang dimiliki oleh pemerintah alias BUMN. Bank ini merupakan salah satu dari beberapa bank yang dikelola oleh negara, dan merupakan bank plat merah terbesar di Indonesia.

Awalnya bank ini bukan bernama Bank Rakyat Indonesia. Pada awal pembukaannya memiliki nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau jika diterjemahkan berarti "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto". Sesuai namanya, bank ini didirikan di kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Bank ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1895, jauh sebelum Indonesia merdeka. Dan pada tanggal tersebut dijadikan hari lahir Bank BRI.

Pada tahun 1946, melalui peraturan pemerintah no. 1 tahun 1946, disebutkan bahwa Bank Rakyat Indonesia merupakan bank pemerintah pertama di Republik Indonesia. Lalu pada tahun 1992, tepatnya 1 Agustus 1992, melalui Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992, dinyatakan bahwa BRI berubah status menjadi Perseroan Terbatas dan kepemilikannya 100% dipegang oleh pemerintah Indonesia.

Namun pada 2003, pemerintah Republik Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham Bank BRI. Dengan demikian BRI kini menjadi perusahaan publik dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. [reff:Wikipedia]

Mengenal Internet Banking BRI dan Keuntungannya

Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank

Internet Banking merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan nasabah untuk melakukan aktifitas perbankan melalui jaringan internet. Aktifitas ini bisa berupa transaksi (transfer), cek mutasi, cek saldo, dan sejenisnya. Intinya internet banking ini adalah layanan yang memungkinkan nasabah melakukan aktifitas perbankan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk medianya.

Setidaknya ada 2 jenis aktifitas yang bisa dilakukan dengan media internet. Yang pertama adalah internet banking (iBanking) dan mobile banking (mBanking).

iBanking sendiri biasanya berbasiskan website. Dimana semua nasabah yang memiliki akun bisa mengaksesnya menggunakan perangkat apapun, dimanapun dan kapanpun. Sedangkan untuk mBanking, biasanya menggunakan aplikasi smartphone yang sudah dibuat oleh pihak bank sendiri.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking BRI

Ada banyak keuntungan yang bisa dilakukan dengan mengunakan internet banking. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut ini :

  • Transfer kapan saja, dimana saja,
  • Cek saldo dan mutasi tanpa perlu pergi ke ATM,
  • Bayar tagihan apapun hanya melalui ponsel,
  • Isi pulsa handphone ataupun paket internet tanpa ke konter,
  • Isi token listrik bisa langsung pakai HP,
  • Mengetahui informasi kartu rekening yang dimiliki,
  • mengetahui kurs Rupiah
  • tarik tunai tanpa kartu di ATM (Cardless)

 Lalu tunggu apa lagi? Yuk daftar internet banking BRI tanpa harus ke kantor kok.

Baca Juga : Mengatasi Internet Banking BRI yang Terblokir

Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Kantor Bank

Sebelumnya siapkan dahulu beberapa berkas yang akan diperlukan dalam proses pendaftaran agar tidak bingung nantinya. Beberapa berkas yang diperlukan :

  1. Buku Rekening
  2. Identitas Diri (KTP dan KK)
  3. Nomor HP dan email aktif
Jika sudah silahkan ikuti beberapa proses Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank berikut ini :

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah mendaftar melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hal ini karena BRI belum menyediakan menu atau fitur pendaftaran pada websitenya, jadi untuk registrasi harus dilakukan melalui ATM.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mendaftar internet banking di ATM BRI :

  1. Masukkan kartu ATM
  2. Masukkan PIN kamu
  3. Pilih Menu Lainnya
  4. Pada menu yang muncul, pilih Registrasi
  5. Lalu pilih Internet Banking
  6. Lalu nantinya akan disuruh memasukkan nomor pin sebanyak 2 kali,
  7. Selanjutnya akan muncul User ID dari Internet Banking,
  8. Struk akan keluar sebagai bukti registrasi, Simpan struk ini untuk proses aktifasi akun.

Dari sini proses pendaftaran internet banking BRI sudah selesai. Namun, akun yang kamu buat belum dapat digunakan karena belum diaktifasi. Untuk melakukan aktifasi akun internet banking harus melalui customer service. Untuk tahapnya bisa dilihat di bawah ini.

Cara Aktifasi Akun Internet Banking BRI

Agar dapat digunakan untuk transaksi melalui internet, akun harus diaktifasi terlebih dahulu. Proses aktifasi bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat dan menuju ke antrian Customer Service.

Namun sebelumnya pastikan untuk menyiapkan beberapa hal. Beberapa diantaranya :

  • Nomor HP. Ini berguna untuk mendapatkan m-token yang digunakan dalam transaksi maupun aktifasi. Saat mengganti password juga akan dibutuhkan m-token yang dikirim ke nomor ini. Pastikan menggunakan operator yang bekerja sama dengan BRI, antara lain : Telkomsel, Indosat, Tri, Axis, dan XL)
  • Buku Tabungan
  • Email Aktif. ini sangat penting yang nantinya akan digunakan untuk mengirimkan laporan transaksi, perubahan informasi, atau informasi lainnya.
  • Identitas Asli. beberapa identitas yang dimaksud adalah KTP atau SIM. Bisa juga memakai Paspor.
Jika sudah disiapkan, silahkan datang ke kantor Bank BRI untuk melakukan aktifasi akun. Untuk tahap pelaksanaan bisa diikuti cara berikut ini :
  1. Datang ke kantor BRI terdekat,
  2. Silahkan mengantri di bagian Customer Service,
  3. Jika sudah dipanggil, silahkan katakan untuk melakukan aktifasi akun iBanking, berikan bukti registrasi yang tadi dikeluarkan ATM ke CS,
  4. Isi formulir yang diberikan,
  5. Silahkan ikuti prosedur yang diberikan oleh pihak Bank.

Tips Aman Menggunakan Internet Banking BRI

Dalam dunia digital, berbagai kemungkinan bisa terjadi. Termasuk kejahatan keamanan. Untuk itu selalu berhati-hati dalam mengunakan layanan internet banking. Karena dengan kemudahan akses dan banyaknya fitur membuat tidak sedikit orang untuk mencoba mencuri akun internet banking.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap merasa aman dan nyaman menggunakan iBanking maupun Mobile Banking.

  • Buat kata sandi atau password secara unik. Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter unik lainnya.
  • Jangan bagikan kata sandi dan pin banking kepada siapapun, termasuk petugas BRI.
  • Ganti password secara berkala, dan pastikan selalu unik,
  • Selalu logout dari aplikasi maupun web ib.bri.co.id, jika lupa tidak terlogout, akun akan dikunci sementara selama 10 menit. Kamu baru bisa masuk setelah 10 menit tersebut.
  • Jangan login atau masuk dari perangkat yang belum kamu kenal, misal warnet, atau komputer umum.

Penutup

Jadi pada dasarnya, untuk mendaftar akun internet banking bri tidak perlu ke bank. KArena bisa dilakukan melalui mesin ATM yang terdekat. Namun untuk proses aktifasi kamu harus tetap melalui customer service. Untuk itu sangat disarankan agar kamu langsung membuatnya di kantor bank terdekat dari tempatmu sekarang.

9 Komentar

  1. Saya kira kalau daftar di ATM nggak perlu lagi ke bank tapi ternyata untuk proses aktivasinya tetap harus ngantri dan berhubungan dengan customer servicenya ya. Oke sip. Thanks informasinya

    BalasHapus
  2. Nanti saya sampaikan ke anak saya. Dia disurih kampusnya bayar uang kuliah via BRI.

    BalasHapus
  3. Memang lebih praktis yaa jika transaksi dengan menggunakan internet banking ini yaa, jadi gak perlu cape2 keluar untuk mengirim uang bahkan daftarnya pun sekarang bisa dari rumah. Mantap.

    BalasHapus
  4. Sebaiknya langsung lewat teller mas. Biar bisa menggunakan seluruh fitur Internet banking secara lebih maksimal

    BalasHapus
  5. Karena saya tinggal dekat salah satu kancab BRI, setengah kilometer aja, saya pilih langsung ke kantornya sajalah.

    BalasHapus
  6. Di Jagakarsa banyak unit BRI dan ATM-nya. Pernah punya rekening di BRI tapi sudah lama ditutup hehehe. Ternyata praktis banget cara daftar internet banking kayak gini. Langkah2nya jelas... dituntun satu per satu di tulisan ini. TFS 😊😊

    BalasHapus
  7. Makasih infonya lengkap banget. Belum kepikiran mau nyobain BRI masih nyaman dengan BCA sejauh ini hehhee

    BalasHapus
  8. Hari gini , hampir semua transaksi keuangan pasti butuh yang cepat dan praktis
    Internet banking wajib banget tuh punya. Dan ternyata daftar internet bankingnya BRI praktis banget gini ya cara daftarnya. Apakah ini berlaku untuk semua tipe rekening tabungan?

    BalasHapus
  9. Aku pake BRI.. Dan baru tahu kl daftar internet banking g perlu k bank..
    Telat tahunya.. Dulu k bank.. Heheh.. Mksh sharingnya kak.. Ntar kalau ada yg tanya aku bisa saranin tips ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama