HAL PENTING YANG PERLU DIKETAHUI DALAM MEMILIH POPOK BAYI

Tips Memilih Popok Bayi Yang Benar

cloteh.com - Sebagai orang tua tentu akan memberikan anak yang terbaik bahkan dimulai dengan menggunakan popok bayi terbaik dimana dengan menggunakan popok bayi kualitas terbaik akan membuat anak menjadi nyaman.

Mampu Menyerap Cairan dengan Baik

Popok yang ideal adalah popok yang memiliki daya serap tinggi, sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan terhindar dari timbulnya ruam. Jika Mom ingin menggunakan popok kain, pilihlah yang menggunakan bahan absorben dari katun agar bisa menjaga ventilasi kulit bayi.

Mampu Menjaga Kestabilan pH

Selain daya serap popok, IDAI juga menyebutkan bahwa popok bayi yang ideal semestinya mampu menjaga kestabilan pH kulit. Selain rekomendasi IDAI, Badan Standardisasi Nasional juga tengah merancang Standar Nasional Indonesia untuk popok bayi sekali pakai di mana salah satu syaratnya adalah kadar pH antara 4,0  8,7. Hal ini karena pH kulit bayi yang tertutup popok memang kemungkinan meningkat karena terpapar air seni dan kotoran. 

Kemampuan popok menjaga kestabilan pH terkait dengan daya dan kecepatan serap. Dengan memilih popok yang dilengkapi gel, contohnya Maxi Gel, yang bisa menyerap banyak dan cepat, maka kulit bayi tidak akan terlalu lama terkena paparan urin, dan si kecil akan terhindar dari ancaman ruam. Perhatikan Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir


Bahan Luar Berpori

Selain itu, IDAI juga menyebut lapisan luar popok sekali pakai umumnya bersifat kedap air, tetapi ada juga yang dibuat dari bahan berpori. Jika diberi dua pilihan ini, Bunda sebaiknya menggunakan popok bayi dengan lapisan luar berpori. Dengan adanya lapisan luar berpori pada popok, maka kulit jadi bisa bernapas.


Pilih Ukuran Yang Sesuai

Gunakan popok yang sesuai ukuran berat badan bayi, bukan usianya. Biasanya, produsen popok sudah mencantumkan ukuran badan bayi pada kemasan. Namun, terkadang bayi dengan berat badan sama dapat menggunakan ukuran popok berbeda, tergantung tinggi badan, lingkar paha, dan lingkar pinggang. Bunda bisa mengenali tanda jika si kecil harus ganti popok ke ukuran yang lebih besar jika melihat bekas merah di bagian perut, bokong tak tertutup sempurna, dan popok terlihat terlalu pendek. 


Hindari Bahan Pembuat Popok yang Bikin Alergi

Alergi pada kulit bayi bisa disebabkan karena bahan pembuat popok. Salah satu contohnya adalah zat yang terkandung dalam pewangi popok. Namun, beberapa bayi mungkin memiliki kulit yang sangat sensitif. Jadi, jika Bunda ingin popok yang dipakai bayi benar-benar aman, sebaiknya hindari popok yang mengandung pewangi.

Jika kita salah dalam memilih popok akibatnya akan fatal, dapat menimbulkan ruam pada area intim, tentu dengan hal tersebut sangat tidak diinginkan bukan. Pastikan anda juga menggunakan popok untuk kulit sensitif dengan daya serap tinggi seperti Popok Merries.

7 Komentar

  1. Ow memang kalau ada yang mengandung pewangi sebaiknya dihindari ya. Seingat saya waktu anak2 saya bayi, popoknya tak ada yang berpewangi, sekarang ada ya.

    BalasHapus
  2. Karena memang kulit bayi super duper sensitif, maka dari itu dibutuhkan kepiawaian ortu untuk memilih brand diapers/ popok bayi yg kredibel, tepercaya dan jaminan mutu ya.
    Thanks much utk info dan rekomendasinya.

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau harus menghindari popok yang wangi, aku kira biar saat pup atau pip, tetap wangi atau segar gitu, ternyata bisa bikin iritasi

    BalasHapus
  4. bener banget nih, popok ini cocok cocokan ya. Kadang yg mahal pun tetap bikin alergi kalau nggak cocok mh. Kalau udah alergi, mamak repot bgt soalnya.

    BalasHapus
  5. Yang sering dilupakan itu ya memilih popok yang bisa menjaga PH kulit ya Kak. Apalagi untuk kulit bayi yang masih sensitif.

    Popok Marries termasuk salah satu merek yang sering dipake ponakan-ponakanku yang masih bayi :D

    BalasHapus
  6. Demi anak harus pilih produk terbaik dan terpercaya ya, Popok Merries ini juga populer keliatannya di kalangan ibu-ibu.

    BalasHapus
  7. Iya pilih popok bayi jangan asal harga murah ya tapi juga yang nyaman dipakai anak dan tidak menimbulkan iritasi atau alergi..

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama