Aplikasi Undangan Digital Gratis untuk Android Terbaik 2021

Written By Cloteh Media

cloteh.com – Apa yang akan kamu lakukan ketika akan mengadakan suatu acara besar seperti pesta pernikahan atau ulang tahun? Persiapan atribut, makanan, dan dekorasi pasti akan diutamakan. Namun ada satu hal yang juga harus disiapkan, yakni undangan. Mengirimkan sebuah surat undangan kepada para calon tamu merupakan ide yang bagus. Tapi terkadang akan menghabiskan biaya yang besar jika tamu yang hadir dalam jumlah banyak.

Jangan lupa bahwa ini zaman sudah semakin canggih. Semua hal yang dirasa rumit bisa dipermudah dengan teknologi terkini. Termasuk dalam hal undang-mengundang. Saat ini ada yang namanya undangan digital yang mungkin bisa kamu pilih untuk menyebarkan berita acara pestamu ke calon tamu.

Kalau mau sewa jasa untuk membuatkan sebuah invitation bisa saja mencarinya di berbagai marketplace online. Harga yang mereka patok sekitar 50.000 hingga 150.000 rupiah untuk satu desain undangan digital. Walau cuma satu hasil, kamu bisa membagikan ke semua calon tamu seberapapun banyaknya tanpa menambah biaya lagi.

Namun jika dirasa biaya terlalu mahal, kamu bisa kok membuatnya sendiri. Seperti saya katakan di awal bahwa saat in sesuatu yang ribet bisa dipermudah dengan teknologi. Maka undangan digital yang mungkin kemahalan buatmu bisa didapatkan secara gratis dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone saja.

Advertisement

Berikut ini CLOTEH berikan kumpulan aplikasi untuk membuat undangan digital untuk HP Android secara gratis.

APLIKASI UNDANGAN DIGITAL GRATIS ANDROID

Rekomendasi Aplikasi Undangan Digital Android

1. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain grafis. Semisal logo blog, banner, postingan sosial media, dan lainnya. Salah satunya yang bisa dibuat dengan Canva ini adalah undangan digital.

Di Canva ini ada banyak sekali template yang bisa diedit sesuka hati. Kamu bisa mengubah warna, font, gambar, hingga animasi. Yang kemudian bisa diunduh menjadi file gambar dengan ekstensi PNG atau JPG. Atau juga bisa juga ditambahkan media lain seperti animasi dan musik sehingga bisa diunduh menjadi undangan digital video.

Cara Buat Undangan Digital Canva

Kamu bisa dapatkan aplikasi Canva di Playstore maupun via Web. Meski banyak elemen yang disediakan gratis, namun ada beberapa elemen seperti gambar, ilustrasi, atau icon yang dijadikan versi PRO alias Berbayar. Tenang saja kamu bisa dapatkan kredit gratis untuk mendapatkan versi premium ini dengan mendaftar melalui link di bawah.

DAPATKAN CANVA + KREDIT GRATIS

Advertisement

2. Pembuat Undangan 2.0

Aplikasi pembuat undangan digital selanjutnya adalah Pembuat Undangan 2.0. Aplikasi ini dideveloper oleh Z Mobile Apps yang memang dikhususkan untuk membuat undangan digital. Aplikasi ini juga menyediakan banyak template yang bisa diubah elemen-elemennya.

Beberapa template yang tersedia mulai dari undangan prenikahan, undangan ulang tahun, undangan Babby Shower,Tunangan, hingga undangan pesta kelulusan. Kamu bisa menyesuaikan template yang ada seperti text, gambar dekorasi, background, dan warnanya.

Yang kemudian bisa disimpan dan siap untuk dibagikan kepada para tamu yang direncanakan akan hadir. Aplikasi ini bisa didapatkan di playstore secara gratis.

Aplikasi Undangan Digital Gratis untuk Android Terbaik 2021

3. Invitation Card Maker (RSVP)

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat undangan digital bernama Invitation Card Maker (RSVP). Aplikasi ini sama seperti aplikasi sebelumnya, yakni memiliki banyak template yang bisa diedit dengan mudah.

Ada banyak sekali pilihan template yang diberikan. Dibandingkan aplikasi sebelumnya, menurutku aplikasi cukup keren desain undangannya. Karena desain terlihat simple namun elegan. Sangat cocok untuk undangan pernikahan.

Aplikasi Undangan Digital Gratis untuk Android

4. Undangan Card Maker by Photoshop Mobile Apps

Aplikasi ini saya rekomendasikan juga dalam deretan aplikasi pembuat undangan digital. Selain gratis dan tersedia banyak template, kustomisasi desain dari aplikasi ini cukup mudah.

Hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukannya. Kamu hanya perlumasukkan beberpa data seperti nama acara, waktu pelaksanaan, tempat pesata, dan sejenisnya. Maka setelah itu akan muncul hasil yang bisa kamu simpan ke memori internal smartphone kamu.

Aplikasi Undangan Digital Gratis untuk Android  2021

5. Video Invitation Maker

Aplikasi ini juga dibuat oleh developer yang sama dengan aplikasi undangan diinstal sebelumnya, yakni Photoshop Mobile Apps. Memiliki cara kerja yang sama juga. Yaitu kamu tinggal pilih tema acara dan templatenya terus masukkan data yang diperlukan pada kartu, dan jadilah.

Perbedaan dengan sebelumnya adalah pada hasilnya. Pada aplikasi poin ke empat tadi hasil yang akan didapat berupa gambar atau foto. Sedangkan pada aplikasi ini sesuai dengan namanya yakni undangan digital video.

Semua aplikasi di atas bisa ditemukan di Google Play Store yang terdapat pada masing-masing HP Android kamu. Kecuali pada Canva yang bisa juga kamu jalankan melalui browser pada smartphone maupun desktop.

Itulah 5 aplikasi undangan digital yang bisa kamu gunakan untuk membuat invitation card dan bisa langsung disebarkan melalui sosial media ke calon tamu undangan. Dengan demikian kamu tidak perlu membuat undangan cetak yang biayanya lebih mahal atau menyewa jasa desain undangan digital. Karena hanya dengan sebatang ponsel sudah bisa membuat undangan digital yang keren secara mandiri.

Advertisement