Sinopsis Dibawah Lindungan Ka’bah: Kisah Cinta Terlarang dalam Bingkai Agama

Cloteh Media

Novel

Dibawah Lindungan Ka’bah: Kisah Cinta Terlarang dalam Bingkai Agama

"Dibawah Lindungan Ka’bah" adalah sebuah novel yang ditulis oleh novelis Indonesia, Hamka. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1938 dan menjadi salah satu karya sastra terpopuler di Indonesia. Novel ini mengisahkan tentang cinta terlarang antara seorang pemuda bernama Zainuddin dengan seorang wanita bernama Hamidah. Kehidupan mereka dilatarbelakangi kehidupan masyarakat Minangkabau pada tahun 1900-an dalam pergulatan antara adat dan cinta.

Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang indah dan puitis, serta kaya akan nilai-nilai moral dan agama. Hamka berhasil menggambarkan kehidupan masyarakat Minangkabau secara detail dan akurat, sehingga pembaca seolah-olah ikut masuk ke dalam dunia yang diciptakannya.

Tokoh-tokoh dalam Novel "Dibawah Lindungan Ka’bah"

  1. Zainuddin: Seorang pemuda miskin yang cerdas dan pekerja keras. Ia jatuh cinta dengan Hamidah, seorang wanita cantik dan solehah.
  2. Hamidah: Seorang wanita cantik dan solehah yang juga cemerlang dalam bidang akademik. Ia adalah putri dari seorang ulama terpandang di Minangkabau.
  3. Pak Haji Rasid: Ayah Hamidah yang merupakan seorang ulama terpandang di Minangkabau. Ia sangat menentang hubungan antara Zainuddin dan Hamidah karena perbedaan status sosial mereka.
  4. Siti Mariah: Ibu Hamidah yang merupakan seorang wanita yang bijaksana dan penyayang. Ia berusaha untuk meyakinkan Pak Haji Rasid agar menerima hubungan antara Zainuddin dan Hamidah.
  5. Ibu Zainab: Ibu Zainuddin yang merupakan seorang wanita yang keras kepala dan ambisius. Ia sangat menginginkan Zainuddin untuk menikah dengan seorang wanita yang kaya dan terpandang.

Sinopsis Novel "Dibawah Lindungan Ka’bah"

Zainuddin dan Hamidah adalah dua sejoli yang saling mencintai. Namun, cinta mereka terhalang oleh perbedaan status sosial. Zainuddin adalah seorang pemuda miskin, sedangkan Hamidah adalah putri dari seorang ulama terpandang di Minangkabau.

Ayah Hamidah, Pak Haji Rasid, sangat menentang hubungan antara Zainuddin dan Hamidah. Ia menganggap Zainuddin tidak pantas untuk menjadi suami Hamidah karena perbedaan status sosial mereka. Pak Haji Rasid ingin Hamidah menikah dengan seorang pemuda yang kaya dan terpandang.

Ibu Hamidah, Siti Mariah, berusaha untuk meyakinkan Pak Haji Rasid agar menerima hubungan antara Zainuddin dan Hamidah. Namun, Pak Haji Rasid tetap pada pendiriannya. Ia bahkan mengancam akan mengusir Hamidah dari rumah jika ia tetap menjalin hubungan dengan Zainuddin.

Zainuddin dan Hamidah berusaha untuk memperjuangkan cinta mereka. Mereka bahkan nekat kawin lari dan menikah tanpa restu dari Pak Haji Rasid. Namun, pernikahan mereka tidak berlangsung lama. Pak Haji Rasid berhasil menemukan keberadaan Zainuddin dan Hamidah, dan ia memaksa Hamidah untuk menceraikan Zainuddin.

Hamidah terpaksa menceraikan Zainuddin demi ayahnya. Namun, ia tidak bisa melupakan cintanya kepada Zainuddin. Ia terus-menerus memikirkan Zainuddin, dan ia berharap suatu saat nanti mereka bisa bersatu kembali.

Review Penonton/Pembaca Novel "Dibawah Lindungan Ka’bah"

Novel "Dibawah Lindungan Ka’bah" mendapat sambutan yang baik dari para penonton/pembaca. Novel ini dianggap sebagai salah satu karya sastra Indonesia terbaik. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, dan telah diadaptasi menjadi film dan sinetron.

Novel ini mendapat pujian dari para kritikus karena gaya bahasanya yang indah dan puitis, serta kaya akan nilai-nilai moral dan agama. Hamka berhasil menggambarkan kehidupan masyarakat Minangkabau secara detail dan akurat, sehingga pembaca seolah-olah ikut masuk ke dalam dunia yang diciptakannya.

Novel ini juga mendapat pujian dari para pembaca karena ceritanya yang menarik dan mengharukan. Kisah cinta antara Zainuddin dan Hamidah yang terhalang oleh perbedaan status sosial membuat pembaca ikut bersimpati dan berharap mereka bisa bersatu kembali.

Menarik Dibaca

Bagikan:

Cloteh Media

Media berbagi seputar Tips, Tutorial, Teknologi, Bisnis, Keuangan, dan lainnya yang dikemas informatif dan edukatif

Tags