Online Dimanapun Tanpa Takut Habis Kuota dengan Wifi ID Seamless

Cloteh Media

Lagi asik jalan-jalan sore di sekitar taman hijau Simpang Lima Gumul, tiba-tiba dapat notifikasi chat WhatsApp dari klien buat kirim draft artikel dan invoice. Langsung bergegas cek Google Drive dan siap-siap kirim.

Eh, sialnya masuk lagi notifikasi SMS “Paket internet Anda tersisa 0.0 MB”. Haduh, kenapa musti disaat seperti ini sih.

Kamu pernah di posisi ini gak?

Paket data mati gara-gara habis kuota di jam-jam genting. Terus gimana kalian mengatasi masalah seperti ini?

Sebagai orang yang sebagian transaksinya secara daring, maka akses internet adalah hal yang wajib bagi saya. Dimanapun sebisa mungkin untuk online entah sekedar cek orderan artikel hingga membuat dan mengirim report dan invoice.

Bahkan untuk sekedar hiburan seperti dengerin musik hingga menonton talkshow, saya lebih sering menggunakan aplikasi streaming online seperti YouTube Music, Joox atau juga Netflix.

Bisa dikatakan internet adalah dunia kedua untuk saya.. Sehingga kelancaran koneksi menjadi hal wajib yang harus selalu melekat pada gawai saya.

Kembali lagi ke permasalahan awal, bagaimana mengatasi masalah mati internet karena habis kuota saat berada di tempat publik seperti ini?

Anti Bingung Internet Mati di Tempat Umum dengan Wifi ID Seamless

Sudah lebih dari 5 tahun terakhir saya serahkan masalah konektivitas kepada ahlinya. Dengan jaringan terluas dan stabil, siapa lagi kalau bukan dari Telkom Grup.

Untuk penggunaan internet di hp saya awalnya gunakan Telkomsel, namun sejak 2019 saya percayakan kepada By.U. bisa dibilang ByU ini adik dari Telkomsel. Enaknya disini adalah saya bisa atur sendiri pembagian kuotanya sesuai kebutuhan. Sekian Giga untuk internet, sekian Giga untuk sosial media, sekian Giga untuk YouTube dan sejenisnya.

Sedangkan di rumah, internet untuk keluarga saya pasrahkan ke IndiHome. Selain harga yang terjangkau, di IndiHome saya juga mendapatkan tiga layanan sekaligus. Yakni internet, telepon, dan TV digital interaktif yang semakin membuat keluarga betah di rumah.

Nah bagaimana kalau tiba-tiba kuota habis saat ditempat umum?

Enaknya menggunakan kartu simcard digital seperti ByU dari Telkomsel ini adalah kita bisa melakukan pembelian dimanapun dan kapanpun melalui banyak metode pembayaran. Mulai dari e-wallet, bank virtual account, hingga bisa membayar di outlet minimarket.

Kalau selain ByU atau Telkomsel? Apakah harus keliling tempat mencari counter penjual pulsa dan paket data? Saya rasa bakal susah menemukannya kalau di taman seperti taman Simpang Lima Gumul ini.

Kabar baiknya adalah, di taman ini sudah tercover oleh jaringan hotspot dari IndiHome. Pasti sudah tidak asing ya dengan Wifi ID Seamless, bukan? Apa bedanya dengan Wifi ID saja tanpa Seamless?

WiFi ID sendiri adalah produk inovasi hotspot dari IndiHome. Biasanya akan tersedia sebuah tenda dengan warna merah berlabel Telkom Indonesia atau WiFi ID. Dimana di tempat-tempat ini kita bisa melakukan selancar internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps melalui perangkat kita.

Untuk dapat menikmati kecepatan 100 Mbps dedicated ini, kita bisa mendatangi pos tersebut dan membeli sebuah akun pada penjaga posnya. Harga mulai dari 5000 an saja untuk durasi 12 jam.

Nantinya kita bakal diberikan sebuah voucher berisi kode atau password. Selanjutnya tinggal hubungkan hp atau laptop ke jaringan sinyal WiFi dengan SSID “@Wifi.id”. Nantinya akan keluar sebuah halaman masuk (login page) di layar. Akan ada kolom password atau kode voucher, silahkan masukkan kode yang tertulis di voucher yang diberikan petugas. Dan selamat menikmati internet dengan kecepatan tinggi hingga 100 Mbps secara dedicated.

Lalu, Apa Itu Wifi.id Seamless?

Saat berada dalam jangkauan pos WiFi.id, kita akan menemukan 2 SSID yang mirip. Yakni @wifi.id dan seamless@wifi.id. Apa bedanya dan apa kelebihannya?

Perbedaan @Wifi.id dan @Wifi.id Seamless

WiFi.id Seamless adalah bagian dari layanan Wifi.id yang akan terkoneksi dengan hp atau laptop secara otomatis (auto connect). Dengan layanan ini kita bisa terkoneksi secara langsung ke jaringan wifi.id tanpa harus login dengan email, kata sandi, ataupun kode voucher.

Apakah berbayar? Tentu, layanan ini adalah prabayar dan termasuk dalam add-on IndiHome. Yang artinya kita musti sudah berlangganan IndiHome terlebih dahulu.

Biaya yang ditawarkan adalah Rp 50.000 an untuk durasi langganan satu bulan. Untuk satu username (nama pengguna) bisa dihubungkan hingga 5 perangkat. Bisa patungan sama teman juga deh kalau demikian. Jadi seandainya 5 orang iuran langganan Seamless WiFi id selama sebulan seharga 50.000 rupiah, maka per orang (per perangkat) dikenakan biaya hanya 10.000 an saja perbulan. Jauh lebih murah dan hemat ya.

Seperti saya bilang sebelumnya bahwa saya sudah berlangganan IndiHome sebagai internet untuk keluarga sejak beberapa tahun lalu, maka untuk berlangganan WiFi ID seamless ini sangatlah mudah.

Saya hanya tinggal masuk ke halaman wifi.id Seamless dan klik tombol berlangganan. Lalu isikan data (pastikan data sama dengan yang terdaftar aplikasi my IndiHome). Masukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui sms, masukkan nama perangkat yang akan dihubungkan, dan sayapun sudah berlangganan seamless@wifi.id.

Saya juga telah mendapatkan username dan juga password pada aplikasi My IndiHome. Maka selanjutnya tinggal sambungkan ke hotspot dengan nama seamless@wifi.id di jaringan WiFi.id Corner, atau di WiFi.jd terdekat. Tidak jarang dalam satu wilayah tercover secara penuh seperti di Taman Hijau ini.

Setelahnya tinggal masukkan username dan password nya. Dan fitur serta layanan WiFi id Seamless sudah bisa saya nikmati.

Lah, katanya tidak perlu username dan password? Memasukkan username dan password hanya dilakukan sekali saat awal terhubung. Sedangkan untuk selanjutnya tinggal sambung ke SSID Seamless dimanapun dan langsung bisa digunakan untuk internetan.

Dengan adanya layanan ini, saya tidak lagi khawatir habis kuota di tempat umum atau dimanapun saya berada. Enak, bukan?

Inovasi IndiHome Demi Pemerataan Digitalisasi di Indonesia

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, IndiHome terus melakukan gebrakan dalam setiap inovasinya. Kini ISP yang terkenal karena layanan internet untuk keluarga ini telah mengembangkan sayapnya ke berbagai lini kehidupan.

IndiHome membangun sebuah ekosistem digital yang kompleks dan terintegrasi.

Ekosistem digital ini sendiri terdiri dari banyak bidang mulai dari pengadaan layanan rumah pintar berbasis IoT, hiburan musik dan bioskop, hingga edukasi.

Secara total, ekosistem digital yang dibangun oleh Telkom Grup ini mencapai 8 bidang. Dan Wifi.id Seamless adalah satu dari sekian layanan yang disediakan IndiHome.

Bukan hanya membangun ekosistem digital saja, IndiHome juga secara aktif mendukung akselerasi di Indonesia. Bukan hanya sekedar konektivitas saja melainkan juga kepada pemberdayaan sumber daya manusia dalam berbagai bidang. Misalnya seni, sosial, pendidikan, dan lainnya.

Misalnya pada bidang seni, IndiHome bersama dengan iKonser, Metranet, dan TReg 5 mendukung terselenggaranya acara musik rock bertajuk JogjaROCKarta 2020.

Sedangkan pada bidang olahraga, talenta binaan dari IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) terus menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Dibidang literasi, IndiHome juga telah melaksanakan Blog Competition untuk para narablog dengan hadiah total Rp 170 juta.

Serta aksi nyata lainnya yang dilakukan demi tercapainya tujuan utama yakni menjadikan Telkom sebagai digital telco pilihan pertama masyarakat Indonesia.

Setidaknya ada 3 misi IndiHome dalam mencapai visi ini, yakni mempercepat pembangunan platform dan infrastruktur digital yang berkelanjutan dan dapat diakses seluruh kalangan, mengembangkan talenta digital, serta memimpin pembentukan ekosistem digital.

hasilnya cukup terasa pada keluarga kecil saya. Dimana bertahun-tahun lalu, orang tua saya adalah orang yang cukup gaptek dan acuh terhadap perkembangan teknologi. Namun sejak terpasang IndiHome sebagai internet untuk keluarga, kini mereka mulai mengikuti perkembangan teknologi.

Bapak yang awalnya selalu melakukan jual beli unggas secara langsung ke pasar, kini telah lihai menggaet pembeli melalui sosial media.

Ibu yang asing soal smart TV kini juga sudah terbiasa mengoperasikan banyak fitur dengan bantuan Voice Asisten pada Set Top Box Usee TV versi 5.

Adik yang masih 5 tahun juga dengan mudah menemukan tontonan kesukaannya dengan bantuan Voice Asisten pada remote STB.

Memang tidak ada salahnya memilih IndiHome sebagai internet untuk keluarga. Selain harga yang terjangkau, fitur dan add-on service yang ditawarkan sangat membantu dan bermanfaat bagi keluarga dan saya pribadi. Apalagi ditambah dengan layanan IndiHome Smart yang menjadikan rumah sederhana saya menjadi rumah pintar (smart home).

Menarik Dibaca

Bagikan:

Cloteh Media

Media berbagi seputar Tips, Tutorial, Teknologi, Bisnis, Keuangan, dan lainnya yang dikemas informatif dan edukatif