Semarak Kemerdekaan, Warga di Kediri Gelar Pawai Kreasi

Cloteh Media

Cloteh Media, Kediri – Agustus menjadi bulan yang sakral bagi masyarakat Indonesia. Karena pada bulan ini Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia yang menjadi tanda berakhirnya masa kolonialisme di negara ini.

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang melawan penjajah dan menanamkan serta mengembangkan rasa cinta tanah air, masyarat Indonesia pada umumnya akan menggelar berbagai perayaan. Mulai dari Upacara bendera, Doa dan dzikir bersama, serta berbagai acara meriah lainnya.

Salah satunya di Dusun Dander, Kelurahan Ketami, Kota Kediri, yang merayakan peringatan kemerdekaan ke-78 tahun Republik Indonesia dengan berbagai agenda.

Semarak Kemerdekaan, Warga di Kediri Gelar Pawai Kreasi | Cloteh Media
Jalan kreasi lingkungan Dander, minggu (27/08) (dok. Cloteh Media)

Agenda dilaksanakan sejak tanggal 20 Agustus 2023. Berbagai lomba seperti balap kelereng, memasukkan paku dalam botol, dan lainnya sukses dilaksanakan.

Acara terus berlanjut selama seminggu. Dan puncaknya digelar pada hari ini (27/08). Masyarakat Lingkungan Dander menggelar jalan kreasi yang berpusat di pertigaan Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami.

Jalan kreasi hari ini diawali dengan senam jasmani. Kemudian dilanjutkan dengan karnaval yang diikuti 11 peserta dari dua RW di lingkungan Dander.

Pada agenda ini para peserta mengenakan berbagai kostum adat serta terlihat beberapa kelompok membawa patung (ogoh-ogoh). Seperti peserta dari RT 02 yang membawa ogoh-ogoh Hanoman, RT 03 dengan ogoh-ogoh Buto (Buta Raksasa), hingga kelompok petani budidaya Karya Mina Maju Mandiri dengan patung ikan koi.

Acara berlangsung meriah yang diakhiri dengan pembacaan undian dari peserta. Berbagai hadiah dan doorprize dibagikan pada hari yang sama dengan hadiah utama Sepeda dan Mesin Cuci.

Menarik Dibaca

Bagikan:

Cloteh Media

Media berbagi seputar Tips, Tutorial, Teknologi, Bisnis, Keuangan, dan lainnya yang dikemas informatif dan edukatif